Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

UGM Tuan Rumah Olimpiade Sains Terapan Nasional SMK

YOGYAKARTA – Sebanyak 160 siswa SMK yang merupakan perwakilan dari 33 provinsi di Indonesia turut ambil bagian dalam Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) 2011, 25-28 Oktober di kampus UGM. Rencananya, selama empat hari seluruh peserta akan berkompetisi dalam empat bidang ilmu, yakni matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Ketua Panitia OSTN SMK 2011,Teguh Widodo, melaporkan kegiatan OSTN SMK kali ini merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di kampus ITB Bandung, ITS Surabaya, dan UNDIP Semarang. “Kali ini kita kerja sama dengan Ditjen Pembinaan SMK Kemendikbud dan UGM,” kata Teguh dalam pembukaan OSTN di University Club, Selasa malam (25/10).

Teguh menambahkan tujuan kompetisi OSTN adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK dalam penguasaan teknologi terapan dan mempromosikan SMK sebagai tempat pendidikan yang berkualitas. “Kita ingin meningkatkan citra SMK bidang sains terapan, makanya kita mengangkat tema menciptakan generasi muda cerdas, kreatif, dan adaptif,” katanya.

Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., dalam pidatonya menyambut baik terselenggaranya kompetisi olimpiade ini. Menurutnya, kegiatan kompetisi kali ini merupakan ajang untuk menghargai dan mengapresiasi bidang sains terapan serta menciptakan generasi muda Indonesia yang cerdas, kreatif, dan adaptif dalam penguasaan teknologi. “UGM merasa terhormat mendapat kepercayaan dari Kemendikbud untuk menyelenggarakan OSTN 2011,” katanya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)