Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English
Under:

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) merupakan salah satu Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia, dimulai sejak 5 Maret 1946. Pada tahun akademik 1992/1993 http://fk.ugm.ac.id FK UGM mulai menerapkan kurikulum baru pendidikan dokter berdasar Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia (KIPDI), dengan strategi PBL (Problem Based Learning = Pembelajaran berdasar masalah).

Mulai tahun akademik 2007/2008, kurikulum terintegrasi tersusun dalam blok-blok dengan Strategi PBL. Dengan sistem ini, waktu pendidikan dokter adalah 5 tahun, satu tahun tambahan untuk internship di rumah sakit untuk mendapatkan lisensi praktek.

Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan Kedokteran di Indonesia ialah mendidik mahasiswa melalui suatu proses belajar yang terencana, terstruktur, dan sistematik dengan menyelesaikan suatu kurikulum, sehingga mempunyai cukup pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk:

  • Melakukan profesi kedokteran dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai dengan kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila, mencakup:
    • Mengenal, merumuskan dan menyusun prioritas masalah kesehatan masyarakat sekarang dan yang akan datang, serta berusaha menyelesaikan masalah-masalah tersebut melalui perencanaan, implementasi dan evaluasi program-program yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.
    • Memecahkah masalah kesehatan penderita dengan menggunakan pengetahuan, ketrampilan klinik dan laboratorium serta observasi dan pencatatan yang baik untuk mengidentifikasi, mendiagnosis, melakukan tindakan medik, melakukan usaha pencegahan, meminta konsultasi, mengerjakan usaha rehabilitasi masalah kesehatan penderita dengan berlandaskan etika kedokteran dan mengingat aspek jasmani, rohani dan sosial-budaya.
    • Memanfaatkan sebaik-baiknya sumber dan tenaga lainnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.
    • Bekerja selaku unsur pimpinan dalam suatu tim kesehatan.
    • Menyadari bahwa sistem pelayanan kesehatan yang baik merupakan faktor penting dalam ekosistem yang dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.
    • Mendidik dan mengikutsertakan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatannya
  • Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam ilmu kedokteran sesuai dengan perannya sebagai pembelajar sepanjang hayat.
  • Menilai kegiatan profesi secara berkala, menyadari keperluan untuk meningkatkan pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, serta menilai kemajuan yang telah tercapai secara kritis.
  • Mengembangkan ilmu kesehatan, khususnya ilmu kedokteran dengan ikut serta dalam pendi-dikan dan penelitian, serta mencari penyelesaian masalah kesehatan penderita, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan/asuhan medis.
  • Memelihara dan mengembangkan kepribadian dan sikap yang diperlukan untuk kelangsungan profesi seperti integritas, rasa tanggung jawab, dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan terhadap sesama manusia, sesuai dengan etika kedokteran.
  • Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, bersikap terbuka, dapat menerima perubahan, berorientasi ke masa depan, mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama.

Jurusan/program studi

Program S1 : - Gizi Kesehatan, -Ilmu Keperawatan , -Pendidikan Dokter
Program S2 : -Ilmu Kedokteran Dasar Dan Biomedis ,-Ilmu Kedokteran Klinik ,-Ilmu Kedokteran Tropis ,-Ilmu Kesehatan Kerja ,-Ilmu Pendidikan Kedokteran ,-Magister Keperawatan
Program S3 :Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Jl. Farmako Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telpon : +62 274 560 300
Faks : + 62 274 581 876, +62 274 548 846
Website : http://fk.ugm.ac.id/
Email : humas.fku [at] ugm.ac.id