Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English
Under:

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada merupakan institusi pendidikan tinggi yang bertujuan menghasilkan dokter gigi yang berwawasan global dan berciri professional, beretika, beriman dan bertakwa, mandiri serta berjiwa kewirausahaan, humanis serta mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi.

Fakultas Kedokteran Gigi UGM memiliki alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air pada berbagai bidang profesi, baik sebagai pengajar maupun peneliti di berbagai perguruan tinggi atau lembaga penelitian, maupun sebagai staf di berbagai instansi pemerintah, industri milik pemerintah dan swasta dan jabatan penting lainnya. Hal tersebut membuktikan bahwa Fakultas Kedokteran Gigi telah menghasilkan sarjana kedokteran gigi maupun dokter gigi yang mampu berperan di masyarakat.

Keberhasilan tersebut tentu berkat kerja keras seluruh staf di fakultas ini. Sadar bahwa proses pendidikan merupakan proses yang dinamis maka Fakultas Kedokteran Gigi UGM senantiasa meningkatkan diri yang melibatkan berbagai unsur serta sarana, antara lain visi, misi, dan sarana pendidikan, kurikulum dan tenaga pengajar maupun fasilitas fisik (gedung dan fasilitasnya).

Pada saat ini Fakultas Kedokteran Gigi UGM telah mampu menempatkan diri sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi kedokteran gigi yang terbaik di Indonesia dan memperoleh akreditasi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). http://fkg.ugm.ac.id

Tujuan Pendidikan

Program Pendidikan Dokter Gigi di Indonesia bertujuan menghasilkan dokter gigi yang berkualitas sebagai berikut:

  • Memiliki pemikiran bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan
  • Menyelesaikan masalah kesehatan gigi dan mulut serta menyusun skala prioritas untuk tindakan promotif, preventif, kuratif serta rehabilitatif untuk perorangan maupun masyarakat dengan mengingat sistem rujukan.
  • Mengembangkan jiwa kerja sama secara tepat guna dan berdaya guna dalam satu tim dalam melaksanakan pelayanan kesehatan serta menyadari perlunya promosi kesehatan.
  • Menghayati etika kedokteran gigi dan lafal sumpah dokter gigi dalam melaksanakan profesinya dengan penuh rasa tanggung jawab.
  •  Berjiwa terbuka, peka terhadap perubahan dan perkembangan masyarakat serta lingkungannya demi peningkatan kesehatan masyarakat.
  • Berdedikasi untuk mengembangkan diri dalam pola pendidikan berkelanjutan untuk antisipasi era kesejagatan menuju kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Mengembangkan pola manajemen kesehatan dan pengetahuan mengenai kepemimpinan.
  • Mengembangkan penelitian dalam penyelesaian masalah kesehatan gigi dan mulut serta kesehatan pada umumnya.

program Studi /Jurusan

Program S1 : - Ilmu Keperawatan Gigi - Pendidikan Dokter Gigi

Program S2 : -Ilmu Kedokteran Gigi -Ilmu Kedokteran Gigi Klinik 

Program S3 : Ilmu Kedokteran Gigi

 

Jalan Denta, Sekip Utara Bulaksumur Yogyakarta, Indonesia
Kode Pos 55281
fkg@ugm.ac.id
+62 274 51530
+62 274 515307