Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English
Under:

Program Pendidikan

Tujuan umum program akademik adalan menyiapkan peserta didik (mahasiswa) menjadi warga Negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.

Program pendidikan akademik yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Sarjana dan program Pasca Sarjana.

  1. Program Sarjana merupakan jenjang pertama program akademik, mempunyai beban studi 144 - 160 sks dijadwalkan sekurang-kurangnya 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama-lamanya 14 semester setelah pendidikan menengah. Program sarjana ini dapat ditempuh sebagai program regular dan program multi entry (program swadaya).
  2. Program Pasca Sarjana terdiri atas Program Magister dan Program Doktor. Program Magister merupakan jenjang kedua program akademik, mempunyai beban studi komulatif 36 - 50 sks, dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 - 10 semester setelah Program Sarjana. Program Doktor merupakan jenjang ketiga program akademik, mempunyai beban studi komulatif sekurang-kurangnya 40 sks, dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 - 10 semester setelah Program Magister.


  • PENDIDIKAN PROFESIONAL

Tujuan umum program pendidikan profesional adalah menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya, serta memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu.
Program pendidikan profesional yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Diploma 1, Program Diiploma III, Program Diploma IV, Program Profesi, dan Program Spesialis I :

  1. Program Diploma I mempunyai beban studi komulatif 40 - 50 sks, dijadikan untuk 2 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 2 - 4 semester. Program ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik yaitu Program Studi Survei Pengukuran dan Pemetaan.
  2. Program Diploma III mempunyai beban studi komulatif 110 - 120 sks, dijadwalkan untuk 6 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 6 - 20 semester.
  3. Program Diploma IV mempunyai beban studi komulatif 144 - 160 sks, dijadwalkan untuk 8 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 8 - 14 semester.
  4. Program Pendidikan Profesi mempunyai beban studi komulatif 20 - 40 sks, dijadwalkan untuk 2 - 6 semester setelah Program Sarjana. Program Profesi diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan dan Psikologi.
  5. Program Spesialis I yang mempunyai beban studi 36 - 50 sks, dijadwalkan untuk 4 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 4 - 10 semester setelah Program Sarjana/ Profesi. Program Spesialis I diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Hukum.

 

JENJANG PROGRAM PENDIDIKAN

Menurut jenjangnya, saat ini terdapat 5 jenjang program pendidikan di UGM.

  • Program Diploma

Program D-I
Program D-III
Program D-IV

  • Program Sarjana

(18 fakultas), terdiri atas 68 program studi
Program Swadaya/ Full Payment

 

  • Program Profesi

Apoteker di Fakultas Farmasi
Dokter di Falkutas Kedokteran
Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi
Dokter Hewan di Falkutas Kedokteran Hewan
Akuntan di Fakultas Ekonomi

 

  • Program Magister dan Program Spesialis I

Program Magister
Program Pasca Sarjana Monodisiplin : yang terdiri dari 88 Program Studi dan langsung dikelola oleh Fakultas terkait.
Program Pasca Sarjana Multidisiplin : terdiri dari 14 Program Studi dan Magister yang dikelola oleh sekolah Pasca Sarjana.
Program Spesialis I
 

  • Program Doktor