Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

UGM Terima Mahasiswa Baru Jalur SNM-PTN: Pendaftaran 16-27 Juni 2008

Kategori :

Sebanyak 57 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia siap menggelar Seleksi Nasional Mahasiswa PTN (SNM-PTN) 2008. Pola seleksi sama dengan program SPMB selama ini dengan beberapa perbaikan.

Menurut Direktur Administrasi Akademik UGM, Dr. Ir. Budi Prasetyo W., DEA., DESS, penyelenggaraan SNM-PTN didorong oleh adanya semangat kebersamaan. Selain itu, dengan SNM-PTN diharapkan akan membuka akses cukup luas kepada calon mahasiswa dari seluruh penjuru nusantara.

“Dalam kerangka otonomi perguruan tinggi, masing-masing PTN telah menyelenggarakan seleksi masuk mahasiswa baru secara mandiri. Dengan demikian SNM-PTN adalah salah satu program seleksi untuk masuk menjadi mahasiswa baru bagi PT yang bersangkutan,” ujar Budi, Kamis (15/5) di ruang sidang Majelis Guru Besar UGM.

Dijelaskannya, Dirjen Dikti memang telah memberikan wewenang untuk setiap Pergruan Tinggi untuk melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru secara tersendiri. Sehingga saat ditetapkan SNM-PTN sebagai salah satu model seleksi, maka angka penerimaan bervariasi.

“Tapi tidak ada yang 100%, karena PT-PT sudah melakukan seleksi tersendiri. Namun ada yang 10%, 20%, 40% 60%, 5%,” ujarnya lagi.

Melalui SNM-PTN, tegas Budi, UGM akan menerima 5% dari sekitar 6000 total mahasiswa baru yang akan diterima. Padahal, sejak awal UGM telah menetapkan sekitar 18% penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPMB.

“Mungkin ada pertanyaan yang 13% lantas lari kemana?. Ya jumlah itu kita tambahkan untuk penerimaan melalui jalur Ujian Tulis UM UGM,” terangnya.

Oleh karena itu, dengan kebijakan baru diatas maka dilakukan langkah penyesuaian dalam hal proporsi mahasiswa baru UGM tahun akademik 2008/2009, yaitu 30% untuk Penjaringan Bibit Unggul (PBU), 65% Ujian Tulis (Utul), dan 5% untuk SNM-PTN.

Data terakhir menunjukkan, sebanyak 319 mahasiswa baru berkemampuan ekonomis dinyatakan diterima melalui jalur PBU. “Sebanyak 154 orang akan dibiayai penuh oleh UGM selama 8 semester, dan 165 orang lainnya dibiayai pemerintah/instansi daerah melalui pola sponsorship,” jelas Budi.

Untuk pelaksanaan SNM-PTN Lokasi Yogyakarta, Budi Prasetyo lebih lanjut menjelaskan, pendaftaran dibuka tanggal 16 s.d 27 Juni 2008 di UGM, UNY dan UIN. Biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000 untuk kelompok IPA/IPS dan kelompok IPC sebesar Rp 175.000.

“Ujian SNM-PTN akan dilaksanakan serentak tanggal 2 dan 3 Juli 2008, sementara hasilnya akan diumumkan tanggal 1 Agustus 2008,” tukasnya. (Humas UGM).