Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

UGM Terima 740 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Kategori :

Sebanyak 740 orang akan diterima sebagai calon mahasiswa baru UGM melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2009. Pengumuman akan dilaksanakan pada Sabtu (1/8) besok. Jumlah ini mengalami peningkatan lebih dari 100 seratus persen dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya menerima 300 mahasiswa lewat jalur yang sama.

“Tahun lalu UGM hanya menerima sekitar 300 calon mahasiswa, maka tahun ini menjadi 740 orang atau naik 100%,” kata Ketua Panitia Lokal SNMPTN DIY, Dr. Budi Prasetyo Widyobroto, D.E.A., D.E.S.S., yang ditemui di sela-sela peresmian Rekadaya Boga Plaza Humaniora Mandiri UGM, Jumat (31/7).

Menurut Direktur Administrasi Akademik UGM ini, jumlah total calon mahasiswa yang mendaftar khusus di UGM juga mengalami peningkatan daripada tahun lalu, yakni dari 13 ribu menjadi 16 ribu pendaftar. “Untuk jurusan yang masih menjadi prioritas dan diminati calon mahasiswa masih tetap sama dibanding tahun sebelumnya, yakni seperti di Fakultas Kedokteran,” jelasnya.

Ditambahkan Budi, seiring dengan kenaikan jumlah pendaftar, daya tampung calon mahasiswa yang akan diterima di masing-masing fakultas juga naik. Saat ditanya tentang jumlah calon mahasiswa yang akan diterima di 3 PTN pelaksana SNMPTN di DIY, yaitu UGM, UIN Sunan Kalijaga, dan UNY, Budi memperkirakan seluruhnya mencapai 3.800 orang calon mahasiswa. “Kalau total di 3 PTN, ya ada 3.800 calon mahasiswa dan UNY masih yang terbanyak,” pungkasnya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)