Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

ECC FT UGM Gelar Career Days, 14-16 Agustus 2009

Kategori :

Yogya, KU

Engineering Career Center (ECC), Fakultas Teknik (FT) UGM, akan menggelar acara Career Days UGM pada 14-16 Agustus 2009 di Grha Sabha Pramana UGM. Event yang merupakan agenda rutin ECC UGM ini akan diselenggarakan untuk kelima kalinya dan direncanakan akan diikuti oleh tidak kurang 25 perusahaan, baik nasional maupun asing.

Kepada wartawan, Ketua ECC UGM, Nurhadi, S.T., mengatakan acara Career Days dikonsepkan sebagai acara jumpa member ECC yang kini berjumlah 8.000 orang, 60%-nya terdiri atas alumni UGM dan selebihnya dari luar UGM. “Diperkirakan lebih dari 6.000 orang yang merupakan member ECC akan mengikuti acara ini,” kata Nurhadi di UC Resto, Kamis (6/8).

Dikatakan Nurhadi, event ini hanya dikhususkan bagi member ECC dan tidak dipungut biaya. Selain membership full yang berdurasi enam bulan keanggotaan, pencari kerja lain dapat mendaftar membership berdurasi tiga bulan di stan registrasi yang akan disediakan di arena Career Days. “ECC sendiri tidak membatasi membernya untuk lulusan UGM saja dan membuka pintu lebar-lebar untuk para lulusan dari perguruan tinggi manapun dengan disiplin ilmu apapun,” ujarnya.

Untuk saat ini, kata Nurhadi, pihaknya tengah merencanakan sistem membership seumur hidup demi kemudahan member dan mengakomodasi kebutuhan perusahaan. “Jadi, ECC bukanlah penyalur tenaga kerja karena hanya menjadi fasilitator perusahaan untuk ketemu langsung dengan calon karyawannya,” terangnya.

Menurut Nurhadi, fasilitas-fasilitas lain yang diberikan untuk member ECC sama dengan Career Center di perguruan tinggi lain, yaitu melamar lowongan, konsultasi karier, dan konsultasi psikologi yang semuanya secara online di website ECC. Ditambah lagi, informasi lowongan via email dan sms untuk lowongan tertentu, seminar karir yang mendatangkan praktisi perusahaan setiap Jumat pada masa aktif kuliah, dan fasilitas khusus pada event-event offline ECC yang lain, seperti Career Workshop.

Dari 25 perusahaan yang terlibat dalam UGM Career Days, beberapa di antaranya adalah Bank BRI, Buma, dan PLN. Perusahaan-perusahaan lainnya adalah Telkomsel, Toshiba, PT H.M. Sampoerna Tbk., Kaltim Methanol Indonesia, Bank Mandiri, PT Indonesia Epson Industry, PT Wijaya Karya, Blue Bird, Femina Group, Sinarmas Pulp & Paper, PT Astra Agro Lestari, PT Nindya Karya, PT Adimix Precast Indonesia, Nusantara Sakti Group, Tudung Group, Pura Barutama Group, Soho Group, Andi Publisher, PT Solo Murni (produsen buku tulis Kiky), dan Kalbe Nutritional.

Kegiatan Career Days yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari ini akan dimanfaatkan sebagian besar perusahaan untuk mengadakan presentasi, tes tertulis, dan interview di area job fair. Dengan presentasi, perusahaan dapat melakukan edukasi mengenai perusahaannya kepada para jobseeker.

Pendaftaran member dapat dilakukan secara online di: www.ecc.ft.ugm.ac.id atau datang langsung ke Sekretariat Engineering Career Center (ECC FT-UGM), Plaza KPTU FT-UGM, Jalan Grafika 2, Yogyakarta 55281. (Humas UGM/Gusti Grehenson)