Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

SKK UGM Gelar Pelatihan Penanggulangan dan Penanganan Bahaya Kebakaran

Kategori :

Sebanyak 80 petugas Satuan Keamanan Kampus (SKK) UGM mengikuti pelatihan penanggulangan dan penanganan bahaya kebakaran. Pelatihan digelar selama empat hari, 6-9 April 2010, di Kantor SKK UGM.

Kepala SKK, Drs. Noorhadi Rahardjo, M.Sc., mengatakan pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan karena kampus UGM rawan akan bahaya kebakaran, khususnya di ruang-ruang laboratorium yang banyak terdapat zat-zat yang mudah memicu bahaya kebakaran. Anggota SKK, lanjutnya, setidaknya harus menguasai cara penanganan dan penanggulangan bencana meskipun dalam tahap dasar, terutama dalam memanfaatkan alat kebakaran sederhana.

Di samping pelatihan penanggulangan dan penanganan bahaya kebakaran, para anggota SKK juga diberikan beberapa pelatihan lain, yakni cara penanganan korban kebakaran, bimbingan etika profesi SKK, cara pembuatan laporan kejadian peristiwa bencana, dan penanganan pedagang kaki lima.

Dalam pelaksanaan pelatihan, SKK bekerja sama dengan Kantor Penanggulangan Kebakaran, Bencana, dan Perlindungan Masyarakat Pemerintah Kota Yogyakarta, Biro Binamitra Polda DIY, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman, dan Fakultas Psikologi UGM. (Humas UGM/Ika)