Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Teliti Perilaku Merokok pada Remaja, Kamsih Astuti Raih Doktor

Kategori :

Kamsih Astuti, S.Psi., M.Si., staf pengajar Fakultas Psikologi, Universitas Mercubuana Yogyakarta, berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Psikologi UGM. Dalam ujian terbuka promosi doktor yang dilaksanakan di Fakultas Psikologi UGM, Selasa (11/5), ibu Nadya Prabaningtias ini berhasil mempertahankan disertasi yang berjudul “Model Kognitif Sosial Perilaku Merokok pada Remaja Awal”.

Dijelaskan oleh wanita yang tercatat sebagai doktor ke-1222 UGM ini, remaja yang memiliki efikasi diri yang rendah, ekspektasi terhadap efek merokok yang tinggi, mempunyai persepsi risiko merokok rendah serta memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk merokok dibandingkan dengan yang tidak merokok. Hal tersebut juga berpeluang terjadi pada remaja yang mempunyai teman dekat dan tinggal dengan keluarga yang merokok.

Menurut promovenda yang dipromotori oleh Prof.(emr) Dr. Bimo Walgito dan Prof. Drs. Koentjoro, M.B.Sc., Ph.D., serta ko-promotor Dr. Tina Afiatin, M.Si. ini, upaya mencegah remaja menjadi perokok merupakan agenda penting untuk meningkatkan derajat kesehatan sumber daya manusia di masa yang akan datang. Program pencegahan tersebut dapat dilakukan oleh pihak sekolah melalui pemberian informasi tentang merokok untuk membentuk ekspektasi efek dan persepsi merokok yang kuat diintegrasikan dalam mata pelajaran terkait, seperti pendidikan jasmani dan kesehatan serta biologi.(Humas UGM/Ika)