Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

UGM-Pemkot Tarakan Kerja Sama Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi

Kategori :

JOGJA (KU) – Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Pemerintah Kota Tarakan, Kalimantan Timur, Senin (7/6), melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di daerah. Penandatanganan piagam kerja sama dilakukan oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., dan Walikota Tarakan, Udin Hianggio, B.Sc.

Rektor UGM, Sudjarwadi, mengatakan penandatanganan kerja sama dengan Pemkot Tarakan ini sebagai salah satu bentuk realisasi visi UGM untuk mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa melalui kemitraan dengan pemerintah daerah. "Kerja sama ini sekaligus membantu UGM melaksanakan visinya dan menyebarkan nilai-nilai ke-UGM-an di daerah-daerah seluruh Indonesia," tuturnya.

Sudjarwadi menambahkan nota kesepahaman bersama ini juga memberikan kesempatan kepada masing-masing pihak untuk saling bersinergi dalam memajukan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang lebih efektif. "Cadangan SDA yang besar ini harus dimanfaatkan secara visioner melalui pengetahuan yang dimiliki. Selain mampu meningkatkan nilai ekonomi Tarakan, UGM juga akan mendukung sistem pemerintahan dan berorganisasi yang lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, Walikota Tarakan, Udin Hianggio, B.Sc., menuturkan hubungan kerja sama yang dijalin dengan UGM bertujuan untuk mendukung penerapan good governance di lingkungan pemerintahan Tarakan. Di samping itu, bidang keilmuan yang dimiliki UGM diharapkan ikut andil dalam membantu pemanfaatan sumber daya alam Tarakan. "Daerah kami memiliki 120 juta ton cadangan minyak bumi dan batu bara. Kami belum mengelola potensi secara maksimal demi kepentingan anak cucu," ujarnya. Pemanfaatan SDA yang melimpah ini memang diperuntukkan bagi kemakmuran masyarakat. Namun, keterbatasan sumber daya manusia menjadi kendala dalam mengelola potensi SDA tersebut. (Humas UGM/Gusti Grehenson)