Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

FMIPA UGM Buka Jurusan Baru, Ilmu Komputer dan Elektronika

Kategori :

Di penghujung peringatan Dies ke-55 atau lustrum XI, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM meresmikan berdirinya jurusan baru bernama Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika. Jurusan ini merupakan penggabungan dua program studi S-1 dan satu program studi S-2/S-3, yakni Program Studi S-1 Ilmu Komputer dan S-2/S-3 Ilmu Komputer, yang semula berada di bawah Jurusan Matematika, dan Program Studi S-1 Elektronika dan Instrumentasi, yang semula berada di bawah Jurusan Fisika. "Terbentuknya jurusan baru ini melalui perjalanan cukup panjang, dimulai sejak pengajuan proposal pembentukan JIKE tahun 2006," ungkap Drs. Retantyo Wardoyo, M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM, Senin (4/10).

Alasan pembentukan jurusan ini, menurut Retantyo, sesungguhnya telah lama muncul di kalangan dosen dan mahasiswa Ilmu Komputer serta Elektronika dan Instrumentasi, baik jenjang diploma, S-1, S-2, maupun S-3. Meski secara formal para dosen berada di dua jurusan yang berbeda, yaitu Matematika dan Fisika, pada kenyataannya mereka telah menempuh jenjang pendidikan pada bidang yang sama ialah komputer dan elektronika. Di samping itu, mereka telah menjalin kerja sama dalam pengajaran dan penelitian. "Juga sebagai pengampu mata kuliah-mata kuliah di kedua program studi tersebut. Hal ini bisa dilihat saat penyusunan kurikulum, penentuan dosen pengampu mata kuliah maupun penentuan dosen pembimbing tugas akhir. Tugas-tugas itu selalu melibatkan para dosen di kedua program studi sehingga kerja sama sesungguhnya telah terbangun sejak lama," tambahnya.

Lebih lanjut, Retantyo menerangkan substansi ilmu yang diberikan di Program Ilmu Komputer serta Elektronika dan Intrumentasi masih dalam satu rumpun ilmu. Dengan menjadi jurusan baru, diharapkan semakin dikenal secara nasional dan internasional. "Sehingga kalaupun ada kerja sama, pendidikan ataupun penelitian serta kegiatan lainnya mungkin menjadi lebih mantap bila Jurusannya Ilmu Komputer dan Elektronika," lanjutnya.

Di samping untuk pengembangan ilmu pengetahuan, pembentukan jurusan baru ini sekaligus merespon kebutuhan masyarakat. Hal itu disebabkan tidak semua orang mengenal Program Studi Ilmu Komputer serta Program Studi Elektronika Instrumentasi, sementara di lain pihak jurusan-jurusan semacam ini sudah tidak asing di telinga. "Dengan jurusan baru ini, baik dosen maupun mahasiswa tentunya makin mantap, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat," harap Retantyo.

Dekan FMIPA UGM, Dr. Chairil Anwar, menyambut baik pembentukan jurusan baru di fakultasnya. Meski belum tahu apakah di tahun-tahun mendatang akan berdiri jurusan baru, ia tetap berkeyakinan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sangat luar biasa. "Tidak lagi jurusan yang menyesuaikan dengan perkembangan ilmu, tetapi ilmu yang akan mencari tempatnya sendiri. Dalam perkembangannya, kalau cocok ilmu akan tetap berdiam di jurusan. Namun, kalau tidak cocok, ilmu akan membuat rumah yang baru," kata Dekan saat memberikan sambutan pada peresmian Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika.

Peresmian ditandai dengan pemotongan dua tumpeng. Ketua Senat FMIPA UGM, Prof. Dr. Subanar, melakukan pemotongan tumpeng pertama dan disampaikan kepada Sekretaris Jurusan IKE, Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D., sedangkan Dekan melakukan pemotongan tumpeng kedua dan diserahkan kepada Ketua Jurusan IKE, Drs. Retantyo Wardoyo, M.Sc., Ph.D. (Humas UGM/ Agung)