Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

SMAN 1 Kebumen Mendominasi Juara Olgenas 2011

Kategori :

YOGYAKARTA – Tim SMAN 1 Kebumen berhasil mendominasi kejuaraan Olimpiade Geografi Nasional (Olgenas) 2011 yang diselenggarakan di Fakultas Geografi UGM, 5-6 Februari, dan diikuti oleh 86 SMA. Empat orang siswa SMAN 1 Kebumen berhasil menyabet tiga gelar sekaligus, yakni juara pertama, ketiga, dan peserta terbaik untuk the best point kategori ujian tulis. Sementara itu, juara kedua diraih oleh SMAN 1 Banjarnegara. "Yang pasti, senang dan Alhamdulillah, nggak nyangka bisa juara," kata Ahmad Kamal Mubarok peserta dari SMAN 1 Kebumen saat ditemui usai dinobatkan sebagai peraih juara pertama, Minggu (6/2).

Dalam olimpiade kali ini, setiap sekolah berhak mengirimkan dua tim. Beruntung, semua tim yang dikirim sekolah Kamal berhasil menjadi juara. Ketika ditanya tentang rahasia kemenangan sekolahnya, anak pertama dari dua bersaudara ini menjawab, "Persiapan kita sama dengan yang (peserta) lain, buat esai, poster. Sekitar satu minggu sebelumnya kita sudah siap."

Selama perlombaan, Kamal bersama dengan para peserta lainnya mengikuti lima tahap proses seleksi, yakni penulisan esai, pembuatan poster, dua kali ujian tulis, dan presentasi. "Untuk presentasi, kita menyampaikan makalah tentang ‘Payung Indonesia sebagai Persiapan Dini untuk Meminimalisasi Dampak Elnino dan Lanina'," kata Kamal yang mengaku kelahiran Kebumen tahun 1994 ini.

Pemenang kategori esai terbaik dalam kompetisi kali ini adalah SMAN 1 Temanggung, sedangkan penulisan poster terbaik diraih MAN 1 Yogyakarta. Selanjutnya, peraih skor ujian tulis terbaik adalah peserta dari SMAN 1 Kebumen dan presentasi terbaik oleh SMAN 1 Banjarnegara. Sementara itu, untuk pemakalah guru dimenangkan oleh Hendirikus B. Hertanto dari SMA MTA Surakarta.

Untuk pemenang Olgenas tingkat SMP, juara I diraih oleh SMPN 1 Temanggung dan diikuti SMPN 1 Ponjong serta SMPN 8 Yogyakarta sebagai juara kedua dan ketiga. Seluruh pemenang mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan. (Humas UGM/Gusti Grehenson)