Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

107 Mahasiswa UGM Terima Beasiswa RZIS UGM

Kategori :

Sebanyak 107 mahasiswa program sarjana dan diploma menerima beasiswa dari Rumah Zakat Infaq Shodaqoh (RZIS) UGM. Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Rektor UGM, Prof. Ir Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., dan Wakil Direktur RZIS UGM, Drs. Dumairy, M.A., kepada dua orang perwakilan mahasiswa, Rabu (23/3), di Balairung UGM. Dalam kesempatan tersebut, turut diserahkan beasiswa kepada 15 orang pelajar SMA di wilayah Yogyakarta.

RZIS UGM memberikan beasiswa kepada setiap mahasiswa sebesar Rp250.000,00 per bulan. Beasiswa diberikan selama masa pendidikan di UGM dengan evaluasi per semester. Sementara untuk siswa SMA, diberikan beasiswa masing-masing Rp125.000,00 per bulan selama masa pendidikan di SMA dengan evaluasi per semester.

Keseratus tujuh penerima beasiswa adalah 2 mahasiswa Fakultas Biologi, 1 mahasiswa Fakultas Farmasi, 17 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, 14 mahasiswa Fakultas Isipol, dan 4 mahasiswa Fakultas Geografi. Berikutnya, 7 mahasiswa Fakultas Hukum, 7 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, 7 mahasiswa Fakultas Kehutanan, 8 mahasiswa Fakultas MIPA, 2 mahasiswa Fakultas Pertanian, dan 3 mahasiswa Fakultas Peternakan. Selanjutnya, 2 mahasiswa Fakultas Psikologi, 8 mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, 14 mahasiswa Fakultas Teknik, dan 13 mahasiswa Sekolah Vokasi.

Wakil Direktur RZIS UGM, Drs. Dumairy, M.A., mengatakan RZIS UGM selama dua tahun terakhir telah memberikan 152 beasiswa kepada mahasiswa UGM, 45 beasiswa pada 2010 dan 107 pada tahun ini. Selain itu, RZIS juga memberikan beasiswa kepada 15 pelajar SMA, juga santunan bagi siswa SD dan SMP.

Dumairy menyebutkan hingga saat ini RSIZ telah memiliki dana sekitar 270 juta rupiah yang terkumpul dari dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf di lingkungan UGM. Alokasi terbesar diberikan untuk beasiswa UGM. “Namun begitu, kami juga secara rutin memberikan santunan kepada 5 panti asuhan di sekitar Yogyakarta, kaum dhuafa serta para musafir,” terangnya.

Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada warga UGM yang telah menyalurkan zakat melalui RZIS sehingga dapat mewujudkan beasiswa untuk mahasiswa UGM. “Semoga beasiswa ini benar-benar menjadi barokah dan bisa diberikan secara berkelanjutan,” harapnya. Rektor juga berharap beasiswa tersebut mampu mendorong mahasiswa untuk lebih berprestasi dan meningkatkan nilai akademisnya.

Ditambahkan oleh Direktur Operasional RZIS UGM, Taufikur Rahman, S.E., M.B.A., usai acara, keberadaan RZIS UGM merupakan pengejawantahan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. RZIS berupaya mengoptimalkan peran UGM di masyarakat, khususnya dalam bidang sosial kemanusiaan.

Sementara itu, Nurul Amalia Rusli, salah satu penerima beasiswa dari Fakultas Biologi, menuturkan beasiswa yang diterima nantinya akan digunakan secara optimal untuk meningkatkan prestasi akademisnya. “Saya akan menggunakan beasiswa ini dengan sebaik mungkin. Harapannya nantinya saya bisa menjadi muzaki (pembayar zakat), bukan lagi menjadi mustahiq (penerima zakat),” ujar Nurul.

RZIS UGM merupakan lembaga amil zakat UGM yyang diresmikan secara langsung oleh Rektor UGM pada 22 September 2008. (Humas UGM/Ika)