Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Rayakan Dies Natalis, Fakultas Biologi Siap Wujudkan Pendidikan Biologi Tropika Unggul

Kategori :

YOGYAKARTA-Tanggal 19 September 2011 Fakultas Biologi UGM memperingati hari jadinya ke-56. Di usianya yang semakin dewasa ini diharapkan Fakultas Biologi UGM dapat menyumbangkan tenaga, pemikiran, dan lulusan/ahli-ahli biologi melalui perbaikan sistem pendidikan dan pengelolaan yang prima. Impian untuk mengukir nama institusi di kancah nasional maupun internasional menjadi komitmen melalui kerja keras seluruh civitas akademika.

“Hal ini sudah menjadi komitmen Fakultas Biologi untuk untuk terus mengukir nama institusi di kancah nasional maupun internasional,”terang Dekan Fakultas Biologi Dr.Retno Peni Sancayaningsih, M.Sc, ketika menyampaikan laporan tahunan dekan, dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-56, di R.Sidang Bawah Fakultas Biologi, Selasa (20/9).

Peringatan Dies Natalis ke-56 Fakultas Biologi tersebut mengambil tema Peran Ahli Biologi dalam Perlindungan dan Pengelolaan Biodiversitas Secara Berkelanjutan. Tema ini, kata Peni, sejalan dengan visi dan misi Fakultas untuk mewujudkan pendidikan biologi tropika yang unggul secara nasional dan dikenal secara internasional.

Dalam laporannya Dekan Fakultas Biologi menilai meskipun terdapat perubahan sistem penjaringan mahasiswa baru, profil mahasiswa Fakultas Biologi secara umum tidak mengalami perubahan signifikan. Menurut Peni pada tahun 2011 ini jumlah mahasiswa baru yang diterima di Fakultas Biologi UGM meningkat dibandingkan tahun 2010. Dari 196 mahasiswa meningkat menjadi 207 mahasiswa baru.

“Di satu sisi ini kabar gembira, tetapi di sisi lain ini merupakan tantangan bagi kita untuk menyediakan pendidikan, sarana dan prasarana yang bermutu bagi para mahasiswa tersebut,”imbuhnya.

Untuk jumlah mahasiswa Pasca Sarjana, baik Prodi S2 maupun Prodi S3, Fakultas Biologi pada tahun 2011 mengalami peningkatan, dengan menerima sebanyak 57 mahasiswa, dengan rincian 50 orang mahasiswa S2 dan 7 orang mahasiswa S3. Hal ini terjadi karena 2 tahun terakhir diadakan kegiatan promosi ke beberapa instansi pemerintah, baik propinsi maupun kabupaten. Sedangkan program studi S3 Ilmu Biologi, baru-baru ini mendapatkan sertifikat akreditasi BAN-PT dengan nilai B.

“Sertifikat ini diperoleh berkat kerja keras para pengelola mengingat pengelolaan program studi S3 ini belum lama dilaksanakan di fakultas, karena sebelumnya masuk dalam pengelolaan Sekolah Pasca Sarjana UGM,”kata Peni

Khusus tentang penelitian, di tahun 2011 penelitian dosen dan mahasiswa Fakultas Biologi diarahkan selain untuk pengembangan ilmu Biologi, juga untuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Selama tahun ini, tercatat 60 judul penelitian yang didanai dengan berbagai sumber. Penelitian dengan kerjasama luar negeri di tahun 2011 melibatkan 2 dosen peneliti, yaitu: Dr.Endang Semiarti dan Dr.rer.nat.Ari Indrianto dan 2 dosen mendapatkan dana post doc, Dr.Kumala Dewi, M.Sc melalui hibah Fullbright dan Dr.Yekti Asih Purwestri, dari NAIST-Jepang, serta hibah PAR bagi Dr.Rina Kasiamdari, dan hibah Hitachi bagi Dr.Budi Setiadi Daryono.

Pada acara upacara Dies tersebut juga dilepas 9 orang purnakarya, yaitu: 5 orang dosen; dan 4 orang staf kependidikan Fakultas Biologi. Sementara itu upacara Dies juga disertai dengan pidato ilmiah oleh Wakil Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, Drs. Agus Rochiyardi, MM, yang merupakan alumnus Fakultas Biologi tahun 1987. Pidato ilmiah tersebut mengambil judul Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Berkelanjutan, Sebagai Wujud Kepedulian Pelaku Bisnis Terhadap Masyarakat: Studi Kasus CSR PT.Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Humas UGM/Satria AN)