Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Jumlah Peminat FKH UGM Meningkat

Kategori :

YOGYAKARTA – Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak dapat dilepaskan dari peningkatan kualitas input mahasiswa baru. Fakultas Kedokteran Hewan UGM menyadari hal itu, sehingga fakultas memberi perhatian khusus sejak mulai perencanaan hingga proses penerimaan. Pada tahun 2011, mahasiswa baru yang mendaftar ke FKH dan undangan SNMPTN sebanyak 4.504 orang, sementara yang diterima hanya 213 orang dengan nilai rata-rata 85 dari 100 poin. “Jumlah capaian peminat masuk FKH dari 4 tahun terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan,” kata Dekan FKH UGM Prof. Dr. drh. Bambang Sumiarto, M.Sc dalam upacara peringatan Dies Natalis ke 65 FKH UGM, Selasa (20/9).

Bambang menyebutkan tahun 2008 jumlah peminat hanya 1.215 orang, kemudian meningkat menjadi 1502 di tahun 2009. “Tahun 2010 mencapai 2.031 orang,” katanya.

Diakui Bambang, peningkatan jumlah peminat ini mengindikasikan program image building yang dilakukan FKH selama ini berjalan cukup sukses melalui kegiatan proaktif sosialisasi program studi ke berbagai sekolah umum di wilayah DIY, Jateng dan luar jawa. Tidak hanya itu, kata Bambang, kenaikan peminat ini memungkinkan FKH UGM untuk memilih calon mahasiswa dengan kualitas input yang lebih baik. Bahkan, untuk passing grade dari calon mahasiswa juga bisa ditingkatkan dari tahun ke tahun. “Input yang baik pada tahun ini memungkinkan untuk meningkatkan kualitas lulusan di masa mendatang,” ujarnya.

Bambang mengemukakan, pendidikan di FKH UGM tidak hanya mengedepankan kemampuan intelektualitas namun juga proses pembelajaran yang menekankan pada aspek softskill. “Mahasiswa FKH dibekali kemampuan lebih untuk menyesuaikan diri dengan realitas kehidupan dan mudah menyesuaikan tuntutan masyarakat,” katanya.

Adapun peningkatan kualitas pendidikan di FKH diukur dari berbagai aspek seperti persaingan mahasiswa baru, rata-rata indeks prestasi kumulatif lulusan, masa studi, masa tunggu untuk memperoleh pekerjaan, jumlah dosen bergelar doktor, rasio dosen-mahasiswa, ketersediaan fasilitas perkuliahan, dan jumlah penelitian. Untuk mendukung kualitas pendidikan, di FKH UGM didukung oleh tanaga pendidik yang handal. Bambang menyebutkan, hingga sampai saat ini, tenaga pendidik FKH UGM yang bergelar doktor mencapai 53,8% . (Humas UGM/Gusti Grehenson)