Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Chairil Anwar Luncurkan ‘MIPA Ngepit’

Kategori :

YOGYAKARTA – Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM, Dr. Chairil Anwar, meluncurkan program ‘MIPA Ngepit’ dalam rangka mendukung program 'UGM Ngepit’ yang telah diluncurkan Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., pada 14 Juli 2011. Peluncuran ditandai dengan penyerahan secara simbolis 28 sepeda kepada mahasiswa bersamaan dengan acara family gathering Dies Natalis ke-56 FMIPA UGM, Minggu (2/10).

Chairil menuturkan program ‘MIPA Ngepit’ merupakan terobosan untuk mendukung cita-cita UGM menjadi kampus educopolis, sekaligus mendukung program segosegawe (sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe) yang diprakarsai Pemkot Yogyakarta dan program Bike to Work yang dicanangkan pemerintah, dengan tujuan utama untuk mengurangi polusi dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Ia menambahkan penyediaan sepeda dipandang sangat penting untuk alat transportasi dalam kampus bagi mahasiswa dan dosen. “Tahun ini, mahasiswa baru dilarang membawa kendaraan ke dalam kampus. Universitas menyediakan beberapa stasiun sepeda yang bebas untuk dimanfaatkan. Penambahan sepeda ini bisa memperlancar kegiatan kuliah,” katanya.

Dari 28 sepeda yang disediakan di FMIPA, 20 di antaranya adalah sumbangan Persatuan Orang Tua Mahasiswa (Potma), sedangkan sisanya sebanyak 8 buah merupakan sumbangan staf MIPA UGM. (Humas UGM/Gusti Grehenson)