Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Jurusan Perikanan UGM Gelar Workshop Bioprospekting Senyawa Bioaktif dari Biota Laut

Kategori :

YOGYAKARTA-Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian UGM menggelar workshop Bioprospekting Senyawa Bioaktif dari Biota Laut tanggal 1-3 Maret 2012. Menurut Sekretaris Jurusan Perikanan UGM, Suadi, Ph.D, bioprospekting laut adalah kegiatan eksplorasi dan eksploitasi biodiversitas biota laut untuk memperoleh bahan obat, makanan, kosmetik, agrokimia dan aplikasi industri lainnya.

“Isolasi, purifikasi dan determinasi senyawa bioaktif merupakan pekerjaan rutin dalam bioprospekting,”terang Suadi, Senin (5/3).

Suadi menegaskan kembali bahwa wilayah lautan meliputi 70% permukaan bumi dan menyimpan biodiversitas yang kaya dan beragam, terutama di wilayah tropis seperti Indonesia. Biota laut seperti spons, koral, rumput laut, hewan lunak merupakan sumber yang kaya akan senyawa bioaktif dengan aktivitas sebagai anti kanker, anti tumor, antidepressan, antiinflamatori, immunomodulator dan antibiotik. Sementara itu wilayah Indonesia dengan garis pantai terpanjang nomor dua di dunia dan negara kepulauan terbesar di dunia menyimpan potensi kekayaan sumber daya kelautan yang besar.

“Pengelolaan kekayaan dan potensi sumber daya kelautan memerlukan sumber daya manusia dengan ketrampilan, keahlian dan pengalaman yang memadai termasuk Bioprospekting itu,”katanya.

Workshop yang diikuti 27 dosen, masyarakat umum serta peneliti dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan, penyegaran dan ketrampilan kepada peserta dalam melakukan pekerjaan rutin skrining, isolasi dan pemurnian bahan alam kelautan. Setelah mengikuti workshop, imbuh Suadi, peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan hand on experiences dalam skrining, teknik isolasi, purifikasi dan dereplikasi senyawa bioaktif yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan bioprospekting bahan alam kelautan.

Untuk materi workshop meliputi pengetahuan dan hand on experience kromatografi planar, ekstraksi pelarut, ekstraksi fase padat, kromatografi kolom, skrining senyawa bioaktif, bioassay guided isolation dengan MTT-bioautografi satu dan dua dimensi esai dengan menghadirkan instruktur Noer Kasanah., Apt., M.Si., Ph.D. dan Dr. Ir. Alim Isnansetyo, M.Sc, selaku dosen Jurusan Perikanan UGM (Humas UGM/Satria AN)