Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

UGM Kembali Gelar DREaM Summer Program

Kategori :

YOGYAKARTA- Sukses dengan International Students Summer Program yang bertajuk DREaM pada tahun 2009, 2010, dan 2011, UGM kembali menyelenggarakan DREaM yang keempat di tahun 2012 ini. DREaM tahun ini akan mengangkat tema “Alternative Education”. Menurut Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UGM, Dra. Rio Rini Diah Moehkardi, M.A., tema yang diangkat tersebut sesuai dengan semangat pengabdian masyarakat yang menjadi visi dari UGM.

“Praktik-praktik alternative education telah banyak dilakukan di Indonesia dan negara lain yang bertujuan untuk melengkapi kekurangan sistem pendidikan konvensional yang biasanya didasarkan pada partisipasi komunitas dan kesadaran terhadap lingkungan,”kata Rio, Senin (19/3).

Rio menjelaskan bahwa rangkaian program DREaM akan mencoba untuk mendiskusikan tema alternative education dan memberikan kesempatan bagi peserta untuk menjadi bagian dari sebuah praktik alternative education. Menurut rencana DREaM 2012 akan digelar selama dua minggu dari 1-14 Juli mendatang.

“Selama dua minggu peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan seperti lectures, tutorials, short internship, dan community services,”imbuh Rio.

Pada salah satu rangkaian acara tersebut, imbuh Rio, seniman sekaligus pendiri sekolah alam Kandank Jurank Doank, Dik Doank, juga akan menjadi pembicara.

Dalam kesempatan itu Rio menegaskan bahwa peserta DREaM juga akan diajak untuk belajar di lapangan dengan melakukan short internships ke beberapa institusi dan organisasi di Yogyakarta seperti SDKE Mangunan, SD Tumbuh, Madrasah Mualimin, Yakkum, Komunitas Sukunan Bersemi, Komunitas Cemara, dan Yayasan Kampung Halaman.

Selain itu, peserta juga akan diberikan kesempatan untuk mengenal lebih dekat masyarakat lokal dengan mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Wukirsari yang terletak di Imogiri, Bantul. Agar lebih mengenal budaya dan pariwisata di Yogyakarta, DREaM 2012 juga akan mengajak peserta mengunjungi objek pariwisata dan workshop budaya seperti membuat bakpia dan batik.

Program DREaM dapat diikuti oleh mahasiswa baik lokal maupun international tingkat S1. Pendaftaran untuk program ini akan ditutup pada tanggal 15 April 2012. Persyaratan untuk mendaftar menjadi peserta DREaM dapat dilihat pada dream.ugm.ac.id atau http://oia.ugm.ac.id/dream. Pertanyaan mengenai program ini dapat menghubungi panitia di ugm.dream@gmail.com (Humas UGM/Satria AN)