Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

UGM Resmikan Plaza Agro Gadjah Mada

Kategori :

Rektor UGM Prof. Ir. Sudjarwadi., M.Eng., Ph.D., meresmikan Plaza Agro Gadjah Mada, Jum’at (30/3). Peresmian ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita oleh Rektor. Pembukaan Plaza Agro Gadjah Mada juga ditandai dengan pelepasan balon oleh Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Tri Yuwanta, S.U., DEA.

Plaza Agro Gadjah Mada berlokasi di Jl. Agro, Karangmalang, Depok, Sleman, tepatnya di pintu masuk Timur Fakultas Peternakan UGM. Merupakan mini market yang menyuplai produk hasil pertanian, peternakan, maupun produk umum. Setidaknya terdapat 25 supplier baik dari kalangan mahasiswa, dosen, dan unit usaha dari sejumlah fakultas yang memasok produk hasil pertanian dan peternakan di mini market ini.

Pengelola Plaza Agro Gadjah Mada, Ir. Edi Suryanto, M.Sc., Ph.D., mengatakan bahwa Plaza Agro Gadjah Mada merupakan bentuk pengembangan usaha yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan UGM bekerjasama dengan PT. Gama Multi Usaha Mandiri (GMUM). Dalam beberapa tahun terakhir Fakultas Peternakan telah melakukan berbagai upaya mendayagunakan sumberdaya dan aset yang dimiliki untuk mengembangkan unit-unit usaha yang dapat memberi keuntungan tidak hanya bagi Fakultas Peternakan, tetapi untuk UGM dan masyarakat luas. Adapun tujuan pengembangan berbagai unit usaha tersebut adalah selain menjadi tempat pembelajaran (lab produksi) juga melatih kewirausahaan bagi mahasiswa serta mempercepat proses inovasi produk yang teruji dan laku di pasaran.

“ Disamping menyediakan produk-produk kebutuhan sehari-hari, Plaza Agro Gadjah Mada juga bisa menjadi wahana pelatihan berwirausaha bagi mahasiswa dalam mengembangkan produk-produk inovatif. Sejumlah produk mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) juga kami berikan tempat disini,” kata Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengembangan Usaha Fakultas Peternakan ini.

Selain Plaza Agro Gadjah Mada, beberapa unit usaha lain yang telah dikembangkan Fakultas Peternakan adalah Gama Abatoir (rumah potong ternak), Gama Myosin (memproduksi bakso), Gama Es Krim, UPT ternak Perah, serta Gama Foto Copy.

Edi menyebutkan, untuk pengembangan kedepan akan dibuat sistem delivery di lingkungan UGM, pelayanan dan kerjasama dengan sistim potong gaji untuk karyawan, kartu member, reard untuk pelanggan, serta promo untuk produktertentu yang mendukung inovasi. “Dengan mengusung moto ‘Pelayanan Hebat dengan harga Hemat’ usaha ini diharapkan bis abermanfaat langsung bagi sivitas akademika UGM pada khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya,” harapnya.

Dekan Fakultas Peternakan Prof. Dr. Ir. Tri Yuwanta, S.U., DEA., menyampaikan bahwa Plaza Agro Gadjah Mada ini merupakan jawaban terhadap image building Fakultas Peternakan UGM pada khsusnya, dan UGM pada umumnya sebagai wujud dari keberhasilan pendidikan. “ Plaza Agro Gadjah Mada ini merupakan wujud integrasi daripendidikan, peternakan, dan kewirausahaan serta menjadi muara dari berbagai unit usaha di fakultas ,” ujarnya.

Tri Yuwanta menjelaskan mini market ini menyediakan berbagai produk peternakan dan pertanian yang bersih dan bernilai gizi. Dengan begitu diharapkan juga mampu ikut menyehatkan warga UGM dan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Rektor UGM Prof. Ir. Sudjarwadi., M.Eng Ph.D., turut mengapresiasi dibukanya Plaza Agro Gadjah Mada. Ia berharap unit usaha ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak. Disamping bisamemberikan keuntungan secara finansial bagi Fakultas juga menjadi pusat pelatihan bagi mahasiswa untuk membangun wawasan dan mengumpulkan pengalaman dalam mengelola suatu usaha.

“ Harapannya bisa muncul inovasi-inovasi dan inspirasi yang berakar dengan keahlian di bidang masing-masing. Hal itulah yang dibutuhkan untuk memajukan bangsa ini,” imbuhnya. (Humas UGM/Ika)