Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

PSP Studi Banding EfSD di Korea

Kategori :

Dalam rangka bertukar pengalaman tentang kegiatan RCE dan pengembangan penelitian antar dua negara, Hastangka staf peneliti Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan Kota Tongyeong, Korea. Saat berkunjung, ia diterima dengan Park Young-Jun, chairperson Komite Sekolah Kota Tongyeong dan Gong Dong-Ho, superitendent Dinas Pendidikan Kota Tongyeong.

Dalam pertemuan yang diikuti para siswa dan guru membahas persoalan program Education for Sustainable Development (EfSD). Saat pertemuan, peserta dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok SMA, kelompok SMP, dan Taman Kanak-kanak (TK). Mereka Ketiga kelompok tersebut diberi kesempatan untuk bermusyawarah, guna menentukan siapa koordinator kegiatan EfSD dalam hal mengembangkan kurikulum dan pelatihan bagi Guru.

Kata Hastangka, Regional Centers Expertise on Education for Sustainable Development (EfSD) Tongyeong sangat familiar ditengah masyarakat Korea, sebab lembaga ini digerakkan oleh kaum muda. "Harapan ke depan dari RCE Tongyeong adalah keberlanjutan penanaman nilai-nilai pendidikan untuk pembangunan," ujarnya dalam rilis.

Hastangka berada di Korea sejak tanggal 30 Maret 2012. Ia akan menetap selama tiga bulan di Korea untuk belajar EfSD. "Kunjungan ini sebagai rangkaian Program Sejahtera Fellowship yang disponsori oleh Regional Centre of Expertise (RCE)Tongyeong, Korea Selatan," paparnya. (Humas UGM/ Agung)