Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Fisipol UGM Segera Luncurkan Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Online

Kategori :

YOGYAKARTA-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM akan segera meluncurkan Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik online. Dalam rangka pra-peluncuran edisi online ini, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) Fisipol UGM membuka akses seluruh artikel elektronik (PDF) yang telah terunggah. Menurut Wakil Dekan Bidang Penelitian, Kerja Sama, dan Pengabdian kepada Masyarakat Fisipol UGM, Dr. Gabriel Lele, akses gratis ini terbuka bagi semua pengunjung situs JSP-online (open access) sampai dengan 30 April 2012. "Artikel elektronik akan terus di-update hingga seluruh volume JSP sejak edisi pertama tahun 1997 terunggah ke website JSP http://jurnalsospol.fisipol.ugm.ac.id,” kata Gabriel, Jumat (13/4).

Gabriel menjelaskan JSP merupakan jurnal ilmiah di bidang sosial dan politik yang diterbitkan oleh Fisipol UGM. Tujuan utama penerbitan JSP adalah untuk memfasilitasi interaksi, diskusi, advokasi, dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan sosial dan politik. “Tidak hanya itu, JSP juga bertujuan menyuguhkan kekayaan wawasan dan interpretasi atas berbagai fenomena sosial politik, baik yang terjadi di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu, diharapkan akan dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran bagi studi Indonesia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gabriel menyebutkan JSP telah terbit sejak Juli 1997 dan terbit secara berkala sebanyak tiga kali dalam setahun, yakni setiap Maret, Juli, dan November. Para penulis yang tampil dalam setiap volume adalah para akademisi yang menaruh perhatian terutama pada isu sosial dan politik. Meskipun demikian, JSP tetap tidak membatasi diri dengan hanya menyajikan naskah dari pada akademisi di lingkungan Fisipol UGM. “JSP membuka lebar peluang publikasi bagi naskah-naskah hasil karya akademisi dari seluruh Indonesia maupun mancanegara dengan berbagai latar belakang dan perspektif,” pungkasnya. (Humas UGM/Satria AN)