Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Fakultas Filsafat UGM Gelar Bakti Sosial di Bantul

Kategori :

YOGYAKARTA-Dalam rangka Lustrum IX, Fakultas Filsafat UGM mengadakan bakti sosial di Dusun Koripan, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Minggu (17/6). Bakti sosial yang mengangkat tema 'Filsafat UGM, Goes Green' ini diwujudkan dalam kegiatan pemberian bantuan bibit ikan gurami dan nila sebanyak 9.000 ekor dan alat pompa air untuk mengaliri sembilan kolam pada Kelompok Tani Ikan Mino Lestari Sejahtera. Selain itu, dilakukan pula penanaman pohon perindang, yang terdiri atas 25 bibit pohon glodogan pecut, yang ditanam di sepanjang jalan lapangan Koripan.

Dekan Fakultas Filsafat, Dr. Mukhtasar Syamsuddin, mengatakan kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk lebih mendekatkan Fakultas Filsafat UGM dengan masyarakat, sekaligus mengajak untuk lebih peduli kepada lingkungan dengan basis kearifan lokal yang dimiliki. “Kita juga ingin lebih mempererat ikatan silaturahmi dan mempromosikan disiplin ilmu filsafat pada masyarakat serta menumbuhkembangkan kesadaran cinta lingkungan dengan didasari pengetahuan dan pemahaman akan etika lingkungan berbasis kearifan lokal masyarakat,” tutur Mukhtasar.

Lebih lanjut, Mukhtasar mengatakan pada 18 Agustus 2012 mendatang Fakultas Filsafat genap berusia 45 tahun. Sebagai fakultas di lingkungan UGM, Filsafat memiliki visi menjadi center of exellence pendidikan tinggi yang mewadahi pengembangan filsafat dan menjadikan filsafat dan filsafat Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu dengan mengutamakan religiusitas, humanitas, intelektualitas, serta profesionalitas demi kesejahteraan dan kebahagiaan umat manusia pada umumnya, juga bangsa Indonesia pada khususnya. “Inilah posisi penting Fakultas Filsafat UGM untuk mewujudkan cita-cita UGM sebagai kampus kerakyatan dan universitas riset berskala internasional, sekaligus fakultas yang terpercaya dalam pengkajian dan pengembangan filsafat dan nilai-nilai kearifan lokal yang dijiwai Pancasila,” tambahnya.

Sementara itu, Drs. Susamto selaku Ketua Kelompok Tani Ikan Mino Lestari Sejahtera mengungkapkan rasa terima kasih karena Fakultas Filsafat UGM telah memilih wilayahnya untuk dijadikan lokasi kegiatan bakti sosial dan berharap agar apa yang dilakukan dapat diikuti oleh masyarakat kampus lainnnya. “Kami mengucapkan terima kasih dengan bakti sosial yang diadakan ini sebagai bentuk nyata peran sosial dan pelestarian lingkungan hidup oleh perguruan tinggi di tengah masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” kata Susamto.

Syarif Hidayatullah, ketua pelaksana bakti sosial, menuturkan kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta yang terdiri atas dekanat, anggota senat fakultas, guru besar, dosen, staf kependidikan, mahasiswa/alumni, Kelompok Tani Ikan Mino Lestari Sejahtera, Kadus Koripan, unsur LMD, serta sejumlah masyarakat Koripan. Syarif juga menjelaskan rangkaian Lustrum IX Fakultas Filsafat telah dimulai dengan kegiatan Reuni Akbar 18-19 Mei yang lalu. Selain itu, pada 4 Juli 2012 juga akan diselenggarakan semiloka dengan judul Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Bangsa yang akan mengundang para dosen dan guru Pancasila dan kewarganegaraan di Yogyakarta dan sekitarnya. (Humas UGM/Satria AN)