Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Jurusan Sastra Indonesia UGM Menangkan Hibah Bersaing Dikti

Kategori :

Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya UGM belum lama ini menjadi salah satu penerima hibah bersaing dari Dirjen Pendidikan Tinggi. Hibah SP4 (Sistim Perencanaan Penyusunan Program dan Penganggaran) tersebut, berupa dana senilai Rp 300 juta guna peningkatan mutu sumber daya manusia dan fasilitas pendukungnya, yaitu pengembangan jaringan sistim informasi.

Seperti dijelaskan Ketua Jurusan Sastra Indonesia FIB UGM Drs Heru Marwata M Hum, Jurusan Sastra Indonesia menjadi salah satu dari 8 program studi penerima hibah bersaing Dirjen Dikti tahun 2006. Program pengembangan yang diusulkan saat itu adalah “Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam Peningkatan Mutu Kuliah Unggulan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Upaya Pengembangan Institusi Ke Arah Market Akademis Internasional”.

Dari Program Pengembangan tersebut, kata Heru Marwata, Jurusan Sastra Indonesia UGM merinci dalam 4 bidang kegiatan, yaitu : (i) Perumusan dan aktualisasi proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang lebih kontekstual dan berbasis multicultural, (ii) Peningkatan Proses Pembelajaran, (iii) Peningkatan Kualitas Dosen dalam Penelitian, dan (iv) Pengembangan Sistim Informasi Manajemen Jurusan.

Sailal Arimi SS M Hum selaku Direktur SP4 menjelaskan, hibah yang diterima Jurusan Sastra Indonesia UGM telah diimplementasikan dalam beberapa kegiatan, diantaranya workshop penulisan drama oleh Wisran Hadi, teaching grant untuk mata kuliah unggulan, training tentang administrasi modern dan lokakarya kepemimpinan dan kemandirian untuk mahasiswa.

Selain itu, telah dilaksanakan pula Research Grant untuk dosen, kursus TOEFL lanjutan, pelatihan pembuatan proposal dalam bahasa Inggris, Pelatihan metodologi penelitian dan lokakarya system manajemen. “Sementara kegiatan yang masih berlangsung adalah pembuatan website Jurusan, Tracer Study untuk alumni dan stakeholders dan pembuatan database hasil penelitian dosen serta skripsi”, ujar Sailal Arimi.

Sedangkan beberapa kegiatan yang segera dilaksanakan di bulan Oktober dan November 2006, kata Sailal Arimi, berupa (i) succes skill praktek kebahasaan, (ii) training IT bagi dosen dan staf administrasi, (iii) pembuatan Standard Operating Prosedure) mata kuliah praktikum, dan (iv) peluncuran Website Jurusan Sastra Indonesia dan Perpustakaan Elektronik.

“Selain itu kita akan mengadakan lomba penulisan feature bertema Kearifan Lokal dalam Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, serta lomba penulisan skenario film dan sinetron di bulan Oktober 2006”, tandas Sailal Arimi. (Humas UGM).