Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Farmasi UGM-PT.Deltomed Kerjasama Pengembangan Produk Herbal

Kategori :

YOGYAKARTA-Untuk memperluas dan meningkatkan pangsa pasar dari produk-produk yang dihasilkan PT. Deltomed Laboratories bekerjasama dengan Fakultas Farmasi UGM. Kerjasama difokuskan pada pengembangan produk dan solusi teknologi produk herbal. Bentuk kerjasama diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Dekan Fakultas Farmasi UGM, Prof.Dr.Subagus Wahyuono M.Sc, Apt dengan Direktur Utama PT. Deltomed Laboratories Nyoto Wardoyo di R.Sidang Atas Fakultas Farmasi, Senin (10/12).

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Farmasi UGM, Subagus Wahyuono mengatakan kerjasama dengan PT. Deltomed telah lama terjalin khususnya mengenai penelitian produk-produk herbal. Menurut Subagus produk herbal di Indonesia terus berkembang sebagai produk unggulan yang memberikan banyak kontribusi bagi negara.

“ SDM Fakultas Farmasi siap membantu sehingga ke depan akan terwujud kemandirian bahan baku herbal di tanah air,”tegas Subagus.

Sementara itu Direktur Utama PT. Deltomed Laboratories, Nyoto Wardoyo menilai Fakultas Farmasi UGM merupakan salah satu mitra yang cocok untuk bekerjasama terutama bila melihat pasar produk herbal di Indonesia yang masih kecil. “Total pasar farmasi nasional saat ini masih kecil sekitar 25% saja,”kata Nyoto.

Ia menjelaskan kerjasama yang dijalin ini dilatarbelakangi lemahnya sinergi antara dunia perguruan tinggi, bisnis dan pemerintah. Sinergi tersebut menurut Nyoto merupakan skim yang tepat untuk memicu akselerasi pengembangan produk dari kalangan bisnis sehingga memacu perguruan tinggi/akademisi untuk menemukan teknologi tepat guna.

“Kerjasama tentang pengembangan produk baru, teknologi alternatif tepat guna dan optimalisasi peralatan ini diharapkan bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”terang Nyoto.

Sasaran kerjasama kedua belah pihak ini sekaligus dalam rangka mendukung rencana pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan obat tradisional dalam pelayanan kesehatan formal.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Dr. Hilda Ismail, Apt., M.Si, (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Dr. Ratna Asmah Susidarti, MS., Apt, (Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia), serta Prof. Agung Endro Nugroho, MSi., PhD., Apt, (Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerja Sama dan Alumni) (Humas UGM/Satria AN)