Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

SV UGM-Pemkot Yogyakarta Kerjasama Pengelolaan Arsip

Kategori :

YOGYAKARTA- Untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang bertata kelola baik, berkelanjutan dan mudah diakses oleh masyarakat, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggandeng UGM khususnya Sekolah Vokasi. Bentuk kerjasama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Direktur Sekolah Vokasi UGM, Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T dan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Dra. Sri Adiyanti.

Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Vokasi UGM Hotma Prawoto mengatakan kerjasama ini merupakan pengembangan bidang pendidikan, penelitian dan khususnya pada kegiatan nyata pengelolaan dan pelayanan kearsipan yang mudah di akses oleh masyarakat.

“Hal ini juga seiring dengan predikat kota Yogyakarta sebagai kota budaya yang mempunyai banyak heritage bangsa yang harus dilestarikan dan dikembangkan sehingga perlu dukungan pengarsipan yang handal,”ujar Hotma, Rabu (12/12).

Hotma menambahkan penataan di bidang pengarsipan Indonesia jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lain, misalnya Belanda. Di sana, kata Hotma, dapat dengan mudah diperoleh informasi terkait dekade perjalanan dari waktu ke waktu, termasuk arsip Indonesia yang disimpan disana.

“Nantinya, ini tidak boleh terjadi lagi. Apalagi di era teknologi informasi seharusnya pengarsipan Indonesia harus lebih baik dan lebih mudah diakses,”tegasnya.

Pada kesempatan itu Hotma juga mengingatkan pentingnya mengembangkan keterpaduan antara bidang kearsipan dengan bidang teknologi informasi. Arsip-arsip yang konvensional harus dikembangkan kearah teknologi informasi dan ini menjadi tantangan ke depan bagi sekolah vokasi UGM.

Sementara itu Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Dra. Sri Adiyanti mengungkapkan salah satu tugas kantor arsip adalah melayani pengelolaan arsip yang mempunyai tata kelola dan wujud yang baik dalam mendukung pemerintah Kota Yogyakarta sebagai kota budaya nasional. Maka, untuk mewujudkan tujuan tersebut perlu menggandeng perguruan tinggi seperti Sekolah Vokasi UGM.

“Dengan kerjasama ini kami akan didampingi oleh Sekolah Vokasi UGM khususnya Prodi Kearsipan SV UGM untuk lebih meningkatkan tata kelola dan pengembangan model-model arsip ke depannya,”tegas Adiyanti.

Hadir menyaksikan acara penandatanganan ini, yaitu Wakil Direktur SV UGM Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Wikan Sakarinto, ST., M. Sc., Ph.D., Wakil Direktur Bidang Aset, SDM dan Keuangan, Wiryanta, ST., MT., Wakil Direktur Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjsama, Ma’un Budiyanto, ST., MT., serta Kaprodi Kearsipan Waluyo, M. Hum (Humas UGM/Satria AN)