UGM DEKATI WORLD’S TOP 200 UNIVERSITIES

Kategori :

UGM semakin mengokohkan diri sebagai Perguruan Tinggi kelas dunia. Data Time Higher Education Survey tahun 2006 melalui publikasi majalah The Times, menunjuk UGM sebagai perguruan tinggi peringkat 47 dunia, kategori ilmu-ilmu social, peringkat 73 kategori ilmu-ilmu biomedicine dan peringkat 70 kategori ilmu-ilmu arts & humanities.

Survey dilakukan terhadap 11 ribu perguruan tinggi, dengan melakukan evaluasi menggunakan 6 kriteria: (i) reviu oleh kelompok bidang ilmu; (ii) reviu oleh pewawancara kerja; (iii) prosentase staf pengajar internasional; (iv) prosentase mahasiswa internasional; (v) rasio dosen/mahasiswa dan (vi) indeks sitasi dosen.

Atas keberhasilan yang membanggakan tersebut, Rektor UGM Prof Dr Sofian Effendi, menjelaskan bila prestasi yang telah diraih tidak lepas dari usaha keras memasukkan data lengkap bidang sosial dan biomedicine. “Ini sungguh-sungguh hadiah lebaran bagi Universitas Gadjah Mada. Kita masuk 47 dari 100 top worlds universities dalam bidang kategori ilmu-ilmu sosial. Kemudian bidang Biomedicine yang masuk baru tahun ini, kita berhasil menembus peringkat 73. Ketiga, bidang ilmu-ilmu arts & humanities, meski menjadi peringkat 70 dari peringkat 56 tahun lalu, saya kira masih tetap masuk 100 perguruan tinggi kelas dunia,” jelas Pak Rektor di Bulaksumur F-14, Selasa (30/10), saat syawalan dengan Fortakgama.

Kedepan, Pak Sofian berharap, segera menyusul dua bidang, yaitu bidang sience dan teknologi. Sehingga, dari kedua bidang tersebut, diharapkan meraih prestasi yang lebih baik dan akan mengokohkan UGM sebagai World’s Top 200 Universities.

“Mudah-mudahan dalam waktu setahun, dua tahun, hal ini akan tercapai. Tergantung dari teman-teman di science dan teknologi. Seberapa kuat mereka akan berusaha. Karena kawan-kawan dari sosial, arts & humanities dan biomedicine telah membuktikan,” tambah Pak Sofian.

Menanggapi prestasi yang pernah diraih dalam bidang Arts & Humanities, Dekan FIB UGM Prof Dr Syamsul Hadi, mengungkapkan, bahwa dampak yang dirasakan adalah munculnya motivasi dosen-dosen dalam mengajar, sekaligus rasa percaya diri yang besar.

Acara Syawalan yang dipandu Kepala HMK UGM Drs Suryo Baskoro MS, dihadiri pula para pimpinan universitas yang lain, diantaranya Wakil Rektor Senior Bidang Administrasi Prof Dr Marwan Asri MBA, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Chairil Anwar, Asisten Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Usaha Dr Bambang Purwono, Asisten Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Eddy OS Hiariej SH M Hum, Direktur SDM Dr Supra Wimbarti, Direktur Akademik Dr Budi Prasetyo Widyobroto DESS, Dekan FIB Prof Dr Syamsul Hadi, Dekan Fakultas Hukum Dr Marsudi Triatmodjo SH M Hum, Dekan Fakultas Psikologi Prof Dr Nurochman Hadjam dan Dekan Fakultas Kedokteran Prof Dr Hardyanto Soebono (Humas UGM).

Download : social science pdf file

Download : biomedicine pdf file