Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

FK UGM ‘Bekali’ Calon Dokter

Kategori :

YOGYAKARTA - Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada membekali para calon dokter tentang pengetahuan terkini perkembangan penyakit infeksi dengan menggelar seminar nasional clinical update 2013 pada sabtu dan Minggu, 9-10 februari lalu di ruang auditorium FK UGM. Mengambil tema “Current Management in Infectious Disease”, seminar memaparkan hasil riset mutakhir tentang infectious disease terkini, mencakup pengembangan-terbaru dari penanganan penyakit tropis yang sudah ada sebelumnya maupun metode-metode terbaru yang sedang bermunculan di dunia medis.

Panitia seminar, Ayunda Dewi Jayanti mengatakan beberapa pembicara dihadirkan dalam seminar selama dua hari. Beberapa diantaranya memaparkan penyakit diare pada anak dan peran vaksin serta antibiotik. “Dibahas juga secara khusus terkait imunisasi pada anak sebagai upaya pencegahan penyakit infeksi pada anak,” kata dewi dalam rilisnya yang dikirim Selasa (12/2).

Dewi menambahkan, seminar yang diikuti para mahasiswa yang akan dilantik calon dokter membahas juga tentang perkembangan penyakit malaria dan demam berdarah yang kini menjadi perhatian para dokter. Seminar yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini bertujuan menambah pengetahuan para calon dokter yang diharapkan terus mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pelayanannya saat bekerja berdasarkan pedoman dan bukti-bukti terkini dalam bidang kesehatan khususnya penyakit infeksi. “Terselenggaranya seminar ini dapat meningkatkan pengetahuan para dokter sehingga dapat lebih optimal dalam memberikan pelayanan bagi pasien,” ujarnya.

Kegiatan seminar dibuka oleh perwakilan WHO dr. Nirmal Kandel,MD.,MBA., MPH.,MA yang memaparakan current burden and policy on infectious diseases in Asean region, dilanjutkan dengan kuliah tentang penyakit infeksi yang sering dihadapi di Indonesia, diantaranya HIV dan Tuberkulosis. (Humas UGM/Gusti Grehenson)