Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

UGM GELAR RESEARCH WEEK 2006

Dalam Rencana Strategis, UGM telah mendeklarasikan diri sebagai universitas riset bertaraf internasional. Perubahan dari universitas pendidikan menjadi universitas riset, tentu tidak hanya memberikan tantangan dalam pengelolaan universitas. Namun, perubahan tersebut memberikan pula perubahan yang signifikan dalam internal universitas. Sebagaimana telah diidentifikasi oleh JICA-Dikti/Hi-Link tahun 2006, bahwa untuk menuju universitas riset UGM perlu hubungan yang lebih baik antara kegiatan di universitas dan dengan pihak industri.

Hal ini tentu membawa konsekuensi, kebijakan penelitian terfokus pada peningkatan mutu penelitian dan perluasan jaringan kerjasama dan kapasitas riset kolaboratif. Dalam kaitan ini, universitas telah mempromosikan program riset multidisipliner dengan memberikan dukungan bagi terbentuknya klaster-klaster riset (Sainstek, kesehatan kedokteran, agro dan sosial humaniora) dan memberikan insentif/bantuan dana bagi kegiatan penelitian multidisipliner.

Sebagaimana diungkap Ketua LPPM UGM Dr Danang Parikesit, dengan memiliki 2.283 dosen, terdiri 658 doktor atau 28,82% dari jumlah dosen yang ada (data 2005), universitas secara aktif mendorong penelitinya untuk lebih terlibat aktif dalam mempromosikan program-program riset bagi dosen, peneliti dan bagi para mitra, serta pengguna jasa/layanan atau donor. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, UGM kembali mengadakan kegiatan Research Week yang dirangkaikan dengan kegiatan/agenda Dies Natalis UGM yang ke- 57.

“Tujuan diselenggarakan research week ini untuk memberikan informasi terkini kepada peneliti di UGM mengenai kebijakan dan strategi dalam penciptaan pengetahuan (knowledge creation) melalui riset dan pengabdian kepada masyarakat. Sekaligus memberikan information sharing bagi hasil atau kemajuan penelitian multi disipliner dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh para peneliti dan staf pengajar di UGM,” ujar Asisten Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UGM.

Menurut Pak Danang research week yang berlangsung di Grha Sabha Pramana 27 November – 1 Desember 2006, bertujuan pula mendorong pemerintah, industri/dunia usaha dan masyarakat untuk lebih intensif dalam memanfaatkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dihasilkan UGM dalam pengambilan kebijakan baik pada tingkat pemerintah, korporasi, usaha maupun dalam kehidupan kemasyarakatan. Selain itu, kegiatan ini akan ditampung usulan dari para mitra UGM mengenai kebutuhan riset yang mampu meningkatkan daya saing dan memperbaiki tata kelola.

Disamping Research Week, akan digelar pula beberapa agenda kegiatan lain berupa : (i) Open Lecture on Knowledge Partnership, Balai Senat UGM, 27 November 2006. Ini merupakan kuliah umum tingkat nasional yang akan diselenggarakan dalam bentuk panel, didesain selama 2 jam dengan mendatangkan pakar ternama yang mewakili disiplin ilmu tersebut dan kemudian dilanjutkan bahasan dari para panelis. Seminar ini menurut rencana, akan dihadiri para guru besar, akademisi dan pengambil kebijakan. Rektor UGM akan memberikan kata sambutan dan duduk sebagai salah satu panelis. Pakar yang akan hadir antara lain : Prof. Dr. Bambang Hidayat (anggota AIPI) dengan panelis Prof. Dr. Umar Anggara Jenie, M.Sc., Apt. (Ketua LIPI).

(ii) Seminar Hasil Penelitian Lintas Klaster Ruang Sidang LPPM UGM, 28 November 2006. Seminar ini, akan menampilkan hasil-hasil penelitian multidisiplin dari para peneliti di UGM. Pembicara yang diundang adalah wakil-wakil peneliti dari masing-masing klaster riset di UGM, yaitu Sainstek, Kesehatan Kedokteran, Agro dan Sosial Humaniora. Bertindak selaku pembicara kunci Dr. Ir. Bambang Sapto Pratomosunu, M.Sc. (Deputi Menristek Bidang Perkembangan Ristek Kementrian Negara Riset dan Teknologi). Sementara, dalam sidang pleno, para pembicara antara lain Dr. Bambang Subiyanto (Peran Bio-nano Komposit pada Industri Masa Depan), Dr. Arief Budi Witarto (Pengembangan Material Nano Berbasis Protein dan Peptida), Ir. Umar Juoro, MAPE. (Relevansi Hasil Penelitian Universitas terhadap Kebutuhan Pasar) dan Dr. Yunita T. Wardani (Meningkatkan Mutu, Mencermati Isu: Potensi dan Tantangan Soial).

(iii) Lokakarya dan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Multidisipliner/Interdisipliner, Gedung Grha Sabha Pramana Lt. I, 29 November – 1 Desember 2006. Kegiatan ini merupakan Penyusunan proposal multidisplin. Kegiatan ini tentu bukan tugas yang mudah, karena mencakup pengertian dari berbagai perspektif disiplin ilmu. Para peneliti dalam lingkup ini harus mampu berintegrasi dan bersinergi dengan disiplin ilmu lain dalam suatu metode riset dan tim yang berbeda-beda. Ini merupakan kelanjutan keberhasilan dari Workshop tahap I, yang diselenggarakan LPPM UGM. Dalam training ini diberikan metode pendekatan yang memungkinkan para peneliti dari berbagai disiplin ilmu saling berinteraksi dan berdiskusi. Pengalaman menarik dari peserta yang pernah mengikuti training ini adalah kesempatan untuk bertukar ide dan gagasan multidisplin. Kegiatan ini akan dipandu oleh para pakar dan peneliti yang berpengalaman dari UGM dan terbuka bagi peneliti-peneliti dari perguruan tinggi lain. Untuk menjamin efektifitas, peserta dalam training dibatasi hanya 40 orang.

(iv) Open Campus – Pameran Hasil Penelitian UGM, Gedung Grha Sabha Pramana Lt. I, 27 November – 1 Desember 2006. Program Open Campus terdiri atas 4 kegiatan yaitu: Pameran Hasil Penelitian, Pameran Kegiatan KKN Tematik, Pameran Hasil Kegiatan Usaha Kecil dan Menengah, dan Pameran Program Pendidikan Sarjana dan Pascasarjana UGM. Pameran ini akan berlangsung selama 5 hari, dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu kegiatan B2B (Business to Business) yang memungkinkan interaksi antara partner untuk melakukan pertemuan bisnis antara mitra dengan peneliti atau unit peneliti di UGM. Dalam kegiatan ini akan dipresentasikan hasil-hasil penelitian UGM dan pertemuan bisnis di ruang sidang Grha Sabha Pramana sebagai salah satu bentuk kegiatan model bisnis pro-aktif dalam membangun kerjasama riset dan kegiatan pengabdian masyarakat di UGM. Disamping itu, akan diisi dengan pameran hasil penelitian bagi masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa. Dalam pameran untuk umum ini akan dilaksanakan Pameran Pendidikan Program Sarjana dan Pascasarjana, Direktorat Administrasi Akademik, Pusat-Pusat Studi di UGM. Pameran Usaha Kecil dan Menengah dilaksanakan atas kerjasama antara KADIN, Perbankan dan Kantor Menteri Usaha Kecil Menengah RI.

(iv) Launching Buku Riset di UGM 2003-2007 (dalam 2 versi; bedisi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) dan Website LPPM UGM, Gedung Grha Sabha Pramana Lt. I, 1 Desember 2006, dan (v) idGame, Gedung Grha Sabha Pramana Lt. 2, 30 November - 1 Desember 2006. Ini merupakan Game yang didesain untuk siswa/siswi SMA dan sederajat ini akan mensimulasikan satu siklus penuh proses pengembangan sebuah produk industri (industrial design). Tim peserta diposisikan sebagai tim desain yang akan berkompetisi dengan tim lain untuk menghasilkan prototype produk yang “terbaik”. Panitia sebagai klien akan menjelaskan rincian spesifikasi ‘produknya” sesaat sebelum game dimulai. Kata kunci dari produknya adalah “struktur”.

Selain itu, akan diselenggarakan pula UGM Research Award 2006, Balairung, Gedung Pusat UGM, 18 Desember 2006 (malam). (Humas UGM).