Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

UGM Masih Terima 1.532 Mahasiswa Baru Jalur SPMB

Kategori :

Sebanyak 4.205 orang resmi diterima sebagai mahasiswa baru Univiersitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melalui jalur Ujian Masuk (UM). Dengan demikian, universitas negeri tertua ini tinggal menyisakan 1.532 kursi mahasiswa baru yang akan diperebutkan melalaui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

Mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Ujian Tulis UM UGM ini telah diumumkan pada hari Senin (4/5). Dengan demikian, dari total kursi mahasiswa baru UGM sekitar 7000 kursi, tinggal 1.532 yang belum terisi. Sementara, 1.368 kursi yang lain telah terisi melalui jalur Penulusuran Bibit Unggul (PBU).

“Tes Utul UM UGM diikuti sektiar 32.700 peserta digelar di sembilan kota pada 8 April 2007 lalu. Rata-rata tingkat penerimaan di sembilan kota itu antara 10-15%, kecuali Makassar yang hanya 5% yang diterima,” kata Direktur Akademik UGM, Dr Ir Budi Prasetyo Widyobroto DESS DEA, kemarin di ruang Fortakgama UGM.

Kata Pak Budi, UGM menetapkan kebijakan total kursi mahasiswa baru 30% diisi melalui PBU, 52% melalui Ujian Tulis UM dan sisanya 18% melalui SMPB. Dari 69 program studi di 18 fakultas di UGM, seluruhnya masih menyisakan kursi melalui jalur SPMB.

“Jadi tidak benar fakultas yang favorit seperti kedokteran misalnya sudah terisi penuh. Kita tetap menyisakan untuk SPMB,” katanya.

Pendaftaran SPMB sendiri, rencananya akan dilaksanakan 19-29 Juni dan tes akan dilakukan 4-5 Juni. “Pesan saja bagi adik-adik yang akan mengikuti SPMB, jika dua pintu PBU dan Utul belum lolos mohon untuk betul-betul mempertimbangkan pilihan. Ini kesempatan terakhir. Kalau kemarin PBU ambil Prodi Pendidikan Dokter, Utul juga Kedokteran, besok ya jangan Kedokteran lagi. Mohon diturunkan Gizi Keshatan atau Keperawatan,” tandas Pak Budi. (Humas UGM)