Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

ALUMNI TEKNIK KIMIA, FT-UGM DIDIRIKAN PERUSAHAAN

Kategori :

Dalam rangka berperan aktif mendukung program UGM sebagai universitas dengan status BHMN, alumni Jurusan Teknik Kimia (JTK), FT-UGM baru-baru ini mendirikan sebuah perusahaan dengan nama PT Jogja Global Kom di Yogyakarta. Perusahaan yang dikelola secara profesional dengan brand name PT Joglo ini dimaksudkan juga sebagai jembatan antara perguruan tinggi dengan masyarakat, pemerintah dan industri. Sehingga diharapkan hasil pemikiran, hasil penelitian, dan produk teknologi informasi dari perguruan tinggi dapat diaplikasikan di luar perguruan tinggi. Demikian disampaikan oleh Dr. Ir. Bardi Murachman, SU, DEA, Ketua Alumni JTK, FT-UGM ( TEKA GAMA) pada jumpa pers.

Ditambahkan oleh mantan Direktur Pengembangan Pertamina ini bahwa dengan berbekal sinergi potensi, baik pengalaman kerja di lapangan, pengetahuan akademik, dan akses teknologi yang dimiliki para alumni dan network yang ada, maka perusahaan yang berbasis para praktisi dan akademisi ini ingin berperan aktif membantu menjadikan ancaman situasi era global dan sutuasi yang belum membaik akibat krisis ekonomi, menjadi sebua peluang.

Di tempat yang sama Dr. Ir. Arief Budiman, Direktur Utama PT Joglo menambahan bahwa perusahaan ini mempunyai misi ingin memberikan kontribusi aktif terhadap pertumbuhan industri kecil-menengah, industri kimia, petrokimia dan industri pengguna energi di Indonesia. Serta memberikan kontribusi terhadap perkembangan teknologi informasi, teknologi proses, process system engineering dan process safety. Sedangkan layanan yang diberikan oleh perusahaan ini berupa education dan training, engineering and environmental consultant serta IT services.

Perusahaan yang mendapat dukungan penuh dari civitas akademika JTK, FT UGM ini diharapkan mampu menjadi sarana komunikasi antara mahasiswa-alumni dan sesama alumni. Serta menjadi model perusahaan yang memajukan bangsa dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa meninggalkan nilai-nilai agama, moral dan budaya bangsa. Demikian disampaikan oleh Dr. Ir. Suryo Purwono, Kajur TK, FT-UGM pada persiapan launching perusahaan di Joglo Cafe, Jalan Pandega Karya 29, Ringroad Utara (Sebelah Selatan Caledia Computer) besok tanggal 1 Mei mendatang.

Ir. Mustofa, salah satu alumni JTK, FT-UGM yang juga Direktur Produksi PT Petrokimia Gersik, menyambut baik berdirinya PT Joglo ini. Dia berharap perusahaan ini dapat mendekatkan perguruan tinggi dengan industri, sehingga ada link and match antara ilmu yang dipelajari di perguruan tinggi dengan teknologi yang berkembang di luar terutama di industri kimia. “Bagaimanapun, dunia industri sangat memerlukan sentuhan tangan dari perguruan tinggi, agar program optimasi dan inovasi dibidang teknis maupun non teknis di industri dapat dilakukan,” tambahnya.

Dicontohkan dengan meledaknya tangki amonia di industri kimia beberapa waktu yang lalu sebenarnya tidak perlu terjadi, jika diantisipasi sebelumnya. Saat ini perusahaan yang dia pimpin telah bekerjasama dengan staf JTK, FT-UGM yang juga pakar di PT Joglo untuk membuat simulator agar meledaknya sebuah peralatan dapat diantisipasi sebelumnya.

Ditambahkan juga bahwa dalam waktu dekat akan mendatangkan pakar PT Joglo untuk menjadi instruktur training operator di PT Petrokimia Gresik. Training ini bertujuan untuk memberikan refreshing operator agar dalam menjalankan pabrik lebih efisien dan optimum, imbuhnya. (Humas UGM)