Halaman Depan


Pencarian Berita


Berita Terbaru

         Nama Dokumen
Text Document Little impact on ASEAN from possible Brexit
Jakarta Post 24-06-2016 hal 3. Gadjah Mada University international relation expert Muhadi Sugiono said if britons opt to leave the EU (Brexit), there will be significant changes within the supranational EU body, but the changes will not be immense enough to cast shadows over other regional entities like ASEAN (304 kb)
Text Document Ingin Mengabdi di Daerah
Seputar Indonesia 24-06-2016 hal 9. Dyah Utami Nugraheni diterima kuliah di pendidikan dokter fakultas kedokteran UGM. Dyah juga mendapatkan beasiswa bidikmisi sehingga selama kuliah dibebaskan dari biaya pendidikan. tips nya belajar secara teratur disertai dengan doa (223 kb)
Text Document Penyadap Nira Otomatiis, Solusi Hindari Korban
Suara Merdeka 24-06-2016 hal 23. mahasiswa UGM menciptakan alat penyadap nira untuk mengurangi risiko kecelakaan penderes dan meningkatkan potensi gula jawa di Indonesia yang diberi nama "Alya". alat ini mampu memotong bunga kelapa atau manggar di pucuk pohon secara otomatis tanpa mengharuskan penderes naik ke pohon (274 kb)
Text Document Pemuda Diajak Gali Potensi Desa
Suara Merdeka 24-06-2016 hal 26. Direktur Yousure Fisipol UGM, Najib Asca mengatakan kegiatan pengembangan kepemudaan akan dilakukan dengan proyek percontohan karang taruna brosot, galur. dengan kegiatan itu diharapkan nantinya pemuda mampu menjadi subjek pembangunan (772 kb)
Text Document Teknologi Ubah Perilaku Remaja
Tribun Jogja 24-06-2016 hal 1. Sosiolog Kriminalitas UGM, Suprapto mencoba mengupas fenomena maraknya kasus-kasus kekerasan di jogja yang ternyata dilakukan oleh anak di bawah umur. menurutnya kontrol tak hanya harus dilakukan dari kepolisian dan pemerintah namun fungsi keluarga juga harus kembali dihidupkan untuk mengontrol perilaku dari anak (249 kb)
Text Document UGM Teliti Kualitas Kuda Kavaleri
Bernas Jogja 23-06-2016 hal 11. Tiga orang mahasiswa Fakultas Biologi UGM melakukan identifikasi karakteristik morfogenetik kuda sebagai dasar pembuatan buku registrasi kuda (BRK) di Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud) TNI AD, Bandung, Jawa Barat. nantinya akan digunakan sebagai identitas kuda militer seperti jenis kelamin, warna ras, ukuran tubuh, serta ciri khusus (180 kb)
Text Document RI"s outermost islands sinking under palm oil expansion
Jakarta Post 23-06-2016 hal 3. Gadjah Mada University swampland specialist azwar maas said the government should prioritize its restoration efforts in outer islands with peatlands as they were in danger of disappearing due to abrasions and subsidence (228 kb)
Text Document Upayakan Peningkatan Kesejahteraan Petani
Kedaulatan Rakyat 23-06-2016 hal 9. Dekan Faperta UGM Dr Jumhari mengatakan sumbangsih Faperta UGM telah dimulai sejak pencanangan koperasi unit desa yang merupakan tulang punggung pembangunan pertanian saat ini. dewasa ini dengan kemajuan teknologi informasi, faperta UGM terlibat langsung dalam pemanfaatan teknologi android dengan meluncurkan aplikasi "Petani" (204 kb)
Text Document Mahasiswa KKN di Wonosobo
Suara Merdeka 23-06-2016 hal 20. Sebanyak 133 mahasiswa dan lima dosen pembina dari UGM akan memulai KKN PPM di Wonosobo. Direktur LPPM UGM, Irham Widiono mengatakan, KKN PPM merupakan wahana belajar bagi semua pihak. kegiatan ini merupakan wahana belajar meningkatkan kemampuannya untuk menyatu bersama masyarakat (226 kb)
Text Document Tata Ruang Harus Terintegrasi
Suara Merdeka 23-06-2016 hal 26. Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati mengatakan pemetaan zona bahaya bencana disusun masing-masing daerah. pemetaan tersebut seharusnya diintegrasikan ke pemetaan tata ruang. jika masyarakat patuh dengan tata ruang dan rambu-rambu pada zona bahaya tersebut maka tidak akan terjadi korban jiwa (201 kb)
Text Document Peta Tata Ruang Harus Akomodasi Zona Bahaya
Tribun Jogja 23-06-2016 hal 3. Rektor UGM sekaligus pakar kebencanaan UGM, Prof Dwikorita Karnawati mengatakan tanda-tanda suatu daerah merupakan zona bahaya sudan ada di kulon progo, purworejo. dimana tanda tersebut layaknya tanda lalu lintas. zona bahaya semestinya tidak dikembangkan untuk budidaya atau permukuman, namun karena suatu hal akhirnya zona tersebut menjadi pemukiman (250 kb)
Text Document KKN-PPM UGM Terjun di 10 Kecamatan
Bernas Jogja 22-06-2016 hal 11. Sebanyak 327 mahasiswa kuliah kerja nyata pemberdayaan pembelajaran masyarakat (KKN-PPM) UGM melakukan kegiatan di 10 kecamatan yang ada di kabupaten sleman. peserta KKN terdiri dari empat bidang keilmuan yaitu sains dan teknologi, agronomi, kesehatan, serta sosial humaniora (566 kb)
Text Document Tata Ruang Harus Terintegrasi Zona Bahaya
Bernas Jogja 22-06-2016 hal 11. Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati mengatakan pemetaan zona bahaya bencana telah disusun oleh masing-masing daerah. pemetaan tersebut seharusnya kemudian diintegrasikan ke pemetaan tata ruang. zona bahaya misalnya bukan untuk lokasi budidaya tanaman atau permukiman (168 kb)
Text Document Pakar Bencana Ingatkan tentang Zona Bahaya
Harian Jogja 22-06-2016 hal 19. Rektor UGM mengatakan pemetaan zona bahaya bencana telah disusun oleh masing-masing daerah. pemetaan tersebut seharusnya diintegrasikan ke pemetaan tata ruang. zona bahaya, yang ditandai dengan zona orange atau zona merah seharusnya tidak digunakan menjadi wilayah budidaya seperti misalnya menjadi permukiman penduduk (965 kb)
Text Document Dengue Masih Menjadi Tantangan Indonesia
Kompas 22-06-2016 hal 7. EDP- yogya berencana melepas nyamuk ber-wolbachia di kota yogyakarta dan dilanjutkan dengan pemantauan kejadian kasus dengue. penelitian yang didanai yayasan tahija ini diharapkan menjadi bukti alternatif strategi baru pengendalian dengue (374 kb)
Text Document Semester II Dituntut Tinggi
Kompas 22-06-2016 hal 20. Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM A Tony Prasetiantono mengatakan tidak habis pikir dengan defisit anggaran dalam RAPBN-P 2016 yang malah dipangkas menjadi 2,35 persen. padahal mestinya bisa direlaksasi menjadi 2,7 persen. dengan defisit 2,35 persen pertumbuhan ekonomi bisa menjadi dibawah 5 persen karena kehilangan mesin pertumbuhan (537 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Menunjukkan Produk Gamatop
Kedaulatan Rakyat 22-06-2016 hal 1. tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi menciptakan pasta gigi multifungsi yang bisa digunakan untuk gigi asli maupun gigi tiruan, bernama "Gamatop". ada tiga bahan yang digunakan yaitu daun teh hijau, daun salam dan kulit jeruk nipis (219 kb)
Text Document Kontur Tanah Labil, Rawan Longsor Berulang
Radar Jogja 22-06-2016 hal 1. Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati mengungkapkan mitigasi bisa diawali dengan pemetaan zona bahaya. selanjutnya adalah melakukan integrasi hasil pemetaan dengan penetaan ruang. tujuannya menjauhkan atau menghindari wilayah hunian di zona berbahaya (433 kb)
Text Document Mesin Mi Tipe Hidrolis Lebih Efisien dan Efektif
Suara Merdeka 22-06-2016 hal 23. Lima mahasiswa UGM berinovasi membuat mesin pencetak Mi Des UKM Srioca. mesin ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi kerja dan higienitas produk. alat inipun memiliki cetakan khusus yang dapat diganti sesuai dengan bentuk mi yang diinginkan (738 kb)
Text Document Ganjar Minta Pemda Inventarisasi Kerusakan
Suara Merdeka 22-06-2016 hal 26. Gubernur jateng Ganjar Pranowo di sela-sela pelepasan mahasiswa UGM yang akan melaksanakan KKN mengatakan pemerintah daerah diminta menginventarisasi semua kerusakan baik rumah, jalan, jembatan, lahan pertanian maupun kerusakan lain. (218 kb)
Text Document Salat Malam Antarkan Dyah Jadi Calon Dokter
Tribun Jogja 22-06-2016 hal 1. Dyah Utami Nugraheni diterima sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM angkatan 2016. dyah mengungkapkan ibunya selalu menyemangati untuk terus belajar dan tidak pernah lelah untuk menggapai mimpi. (403 kb)
Text Document 5.813 Mahasiswa Ikut KKN-PPM di 33 Provinsi
Tribun Jogja 22-06-2016 hal 5. UGM memberangkatkan 5.813 mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN-PPM 2016 di 33 provinsi, 108 kabupaten, 179 kecamatan dan 276 desa diseluruh indonesia. tujuan dari KKN-PPM ini adalah menghasilkan lulusan UGM yang mempunyai empati dan peduli terhadap permasalah bangsa. sehingga diharapkan mahasiswa akan mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada di masyarakat dan mencari penyelesaiannya sesuai dengan sumber daya yang dimiliki (153 kb)
Text Document Ibu Menyusui Disarankan Tak Berpuasa, Jika
Tribun Jogja 22-06-2016 hal 10. Dokter Spesialis Anak RS UGM dr Fita Wirastuti MSc SpA menuturkan ada beberapa indikasi pada bayi yang mengharuskan si ibu menyusui menghentikan puasanya. diantaranya jika berat badan bayi menurun, juga kuantitas kencing si bayi menurun (328 kb)
Text Document Ajari Perempuan Agresif, Tapi Tidak Murahan
Lain-lain 21-06-2016 hal 9. Yosi alumnus bahasa arab UGM, mengurus klinik nikah sudah 2 tahun. dia mengatakan banyak perempuan yang didominasi kaum perempuan. jika dibandingkan dengan laki-laki, 70 persen banding 30 persen (418 kb)
Text Document Masa Depan Perguruan Tinggi
Kompas 21-06-2016 hal 6. secara khusus, kehadiran doktor-doktor muda merupakan angin segar bagi dunia perguruan tinggi di indonesia. meski tak semua dari mereka akan / telah berstatus dosen, penambahan secara signifikan jumlah doktor akan meningkatkan daya kompetitif PT sebagai salah satu pilihan lapangan pekerjaan (642 kb)
Text Document Tanah Perbukitan Menoreh Mudah Bergeser
Radar Jogja 21-06-2016 hal 1. Rektor UGM, Prof Ir Dwikorita Karnawati mengatakan pemetaan idealnya dilakukan lima tahun dan paling lama setiap 10 tahun sekali untuk melihat pergeseran zona bahaya. pemetaan zona seyogyanya ditindaklanjuti dengan penataan ruang. termasuk mengevaluasi wilayah hunian yang termasuk rawan bencana (715 kb)
Text Document 85 Diwisuda, Satu Tak Lulus, 16 Siswa Ditunda
Radar Jogja 21-06-2016 hal 2. Homeschooling Primagama mewisuda 85 siswa di gedung university club UGM. dari 85, satu dinyatakan tidak lulus karena tingkat kehadiran dan nilai sikap yang tidak memenuhi kriteria kelulusan (236 kb)
Text Document Bawa 13.490 Buku untuk Dibagikan Gratis
Radar Jogja 21-06-2016 hal 2. tahun ini 5.813 mahasiswa UGM mengikuti KKN PPM 2016. seluruhnya akan melaksanakan program di berbagai daerah di indonesia. tepatnya di 33 provinsi, 108 kabupaten, 179 kecamatan dan 276 desa di seluruh indonesia. rektor UGM mengatakan tujuan KKN PPM ini adalah menghasilkan pemimpin sejati (490 kb)
Text Document Universities build reputation through research, publication
Jakarta Post 21-06-2016 hal 3. increasing research activities and writing in international journals has become a commitment among state and private universities so as to strengthen the image of their respective campuses among the global academic community. a survey conducted by education rating institution QS : UI was ranked 67th, ITB was ranked 86th, UGM was ranked 105th (328 kb)
Text Document Bukit Berbatu, Longsor Menoreh Lebih Mematikan
Kedaulatan Rakyat 21-06-2016 hal 21. Pakar Geologi yang juga Rektor UGM Prof Dwikorita Karnawati mengatakan daerah yang menjadi lokasi longsor di jawa tengah saat ini termasuk zona merah. karena berdasarkan ilmu geologi termasuk dalam batuan vulkanik yang telah mengalami pelapukan. dan semakin rapuh karena terpotong-potong bidang patahan dan sesar (460 kb)
Text Document Puan Minta Awasi Program Dana Desa
Kedaulatan Rakyat 21-06-2016 hal 8. sebanyak 5.813 mahasiswa UGM disebar di 33 provinsi di indonesia melalui program KKN-PPM. Puan meminta kepada seluruh mahasiswa KKN-PPM UGM 2016 untuk ikut mengawasi pelaksanaan dana desa. apakah dimanfaatkan dengan baik atau tidak (396 kb)
Text Document Manfaat Serangga Untuk Autopsi Jenazah
Kedaulatan Rakyat 21-06-2016 hal 10. sejumlah mahasiswa UGM berhasil memanfaatkan serangga untuk mengidentifikasi autopsi jenazah. serangga necrofag mampu menunjukkan perihal teknis pembunuhan yang dilakukan baik lokasi maupun waktu dilakukannya pembunuhan (245 kb)
Text Document Pakar : Banjir Akibat Penyempitan dan Pendangkalan Sungai
Koran Tempo 21-06-2016 hal 23. Pakar banjir UGM, Agus Mulyono mengatakan banjir di sebagian wilayah jawa tengah terjadi akibat semakin sempitnya lahan terbuka resapan air. pembangunan terus mengurangi luas lahan terbuka. (409 kb)
Text Document Diberlakukan Kredit Transfer untuk Udinus - UGM
Suara Merdeka 21-06-2016 hal 22. Guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang lebih baik, Udinus melaksanakan kerja sama dengan PT ternama di Indonesia. melalui Fakultas ilmu komputer, kampus tersebut menandatangani kesepakatan dengan FMIPA UGM (257 kb)
Text Document UGM Ciptakan Alat Penderes Nira Berbasis Android
Harian Jogja 21-06-2016 hal 19. empat mahasiswa UGM menciptakan alat penderes nila otomatis yang dapat dioperasikan dengan menggunakan smartphone yang berbasis android. alat ini diharapkan dapat mengurangi jumlah kecelakaan kerja yang disebabkan karena jatuhnya para penderes dari pohon nila (187 kb)
Text Document Kontribusi Bangun Negeri dengan KKN-PPM UGM
Seputar Indonesia 21-06-2016 hal 1. tahun ini UGM memberangkatkan 5.813 mahasiswa KKN-PPM 2016. tujuannya untuk melaksanakan kegiatan yang mampu melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. selain itu juga untuk menghasilkan pemimpin sejati (382 kb)
Text Document PLN Gelontorkan Bantuan Biaya Kuliah Rp 40 Miliar
Seputar Indonesia 21-06-2016 hal 5. sebanyak 2000 orang mahasiswa dari 40 PTN dan PTS mendapat bantuan beasiswa dari PT PLN Persero. bantuan tersebut menggunakan sumber dana dari zakat karyawan PLN yang berhasil dikumpulkan dalam satu periode. (852 kb)
Text Document Dyah, Anak Penjual Gorengan Kuliah Kedokteran
Seputar Indonesia 21-06-2016 hal 13. Dyah Utami Nugraheni diterima kuliah di fakultas Kedokteran UGM lewat jalur beasiswa bidikmisi. ketertarikannya menjadi dokter berawal dari kenyataan masih minimnya jumlah dokter di kampungnya yang melayani masyarakat (528 kb)
Text Document Menko PMK Beri Beasiswa Kepada 200 Mahasiswa Miskin
Suara Merdeka 21-06-2016 hal 23. menko PMK bersama lazis PLN menyalurkan bantuan pendidikan beasiswa cahaya pintar sebesar Rp 40 miliar untuk 2000 mahasiswa dari berbagai program studi pada 40 perguruan tinggi negeri dan swasta di berbagai penjuru indonesia. tujuannya untuk meningkatkan harapan bagi mahasiswa kurang mampu agar dapat mengeyam pendidikan yang lebih tinggi (412 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Banjir
Suara Merdeka 21-06-2016 hal 23. Mahasiswa UGM mengembangkan sistem berbasis internet of things yang dapat digunakan untuk membantu mitigasi bencana banjir dengan memberikan informasi teraktual melalui smartphone yang digunakan oleh banyak orang. (501 kb)
Text Document Aplikasi Ini Bisa Ajak Warga Melarikan Diri
Tribun Jogja 21-06-2016 hal 1. Mahasiswa fakultas teknik UGM membuat inovasi teknologi berupa alat peringatan dini banjir bersifat interaktif. alat ini diberi nama iFlee. harapannya ketika banjir terjadi warga segera sadar untuk berpindah dari lokasi sehingga dapat meminimalisasi korban banjir (463 kb)
Text Document Ini Manfaat Berpuasa Untuk Anak
Tribun Jogja 21-06-2016 hal 10. dr Vetria sekar damayanti, dokter spesialis anak RS UGM mengatakan beberapa manfaat bagi kesehatan anak ketika ia latih berpuasa diantaranya menyehatkan saluran pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, melatih kesehatan mental anak, membentuk pola makan yang baik, dan membentuk kedisiplinan (182 kb)
Text Document Geo-Min, Permudah Belajar Geosains
Bernas Jogja 20-06-2016 hal 11. Lima mahasiswa UGM menciptakan peraga dan miniatur 3D untuk pembelajaran ilmu kebumian (Geomin). Geomin saat ini memiliki tiga model yakni model struktur geologi, miniatur sucker rod pump atau pompa angguk minyak bumi, dan model mikrofosil (332 kb)
Text Document iFlee Bisa Mendeteksi Banjir lewat Android
Harian Jogja 20-06-2016 hal 19. Lima mahasiswa Fakultas Teknik UGM menciptakan aplikasi pendeteksi dini bencana banjir berbasis android yang dinamakan iFlee. sistem ini merupakan peringatan dini yang menghubungkan antara perangkat pendeteksi ketinggian air dengan aplikasi yang ada pada smartphone (258 kb)
Text Document Bantu Mahasiswa Berkarier di Dunia Perbankan
Harian Jogja 20-06-2016 hal 24. PT BPR UGM atau bank UGM sudah hadir melayani nasabah sejak 1996. selain membantu mengembangkan UMKM, bank UGM juga membantu mahasiswa berkarier di dunia perbankan. bank ini secara khusus menyediakan ruangan laboratorium perbankan bernama mini bank dengan tujuan dapat digunakan untuk mahasiswa yang ingin belajar perbankan (421 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Kembangkan Pesawat Pencari Api
Suara Merdeka 20-06-2016 hal 26. Mahasiswa UGM membuat alat yang dapat membantu petugas penanggulangan bencana kebakaran hutan memantau titik api sumber kebakaran. alat berupa moda pesawat tanpa awak bernama "Papi". pesawat juga dilengkapi dengan misi monitoring metode live streaming video (310 kb)
Text Document Rojak Memberi Kehangatan dan Pijatan
Harian Jogja 19-06-2016 hal 1. Rojak adalah sebuah hasil inovasi lima mahasiswa UGM berupa jaket yang dilengkapi dengan perangkat elektronik tertentu. jaket ini dilengkapi dengan sistem pemijat otomatis (567 kb)
Text Document Pemerintah Fokus pada Stok Pangan Murah
Kompas 19-06-2016 hal 1. Pemerintah fokus pada penyediaan bahan pangan murah untuk menstabilkan harga. upaya jangka pendek untuk memenuhinya adalah dengan membuka keran impor dan mendistribusikan ke konsumen melalui operasi pasar umum hingga khusus. upaya jangka panjangnya adalah membenahi stok, distribusi, dan memperkuat peran bulog (511 kb)
Text Document "Gama Ayam", Daging Kenyal dan Manis
Kedaulatan Rakyat 19-06-2016 hal 19. Mahasiswa UGM berhasil menemukan ayam unggul. mereka melakukan usaha perbaikan mutu genetik ayam lokal melalui metode seleksi dan menyilangkan ayam pelung dengan peranakan ayam layer. dari hasil persilangan tersebut didapatkan gama ayam yang memiliki keunggulan berupa daya adaptif pada kondisi iklim tropis, dapat dipanen hanya dalam waktu 7 minggu dengan bobot 900-1100 gram, dan memiliki tekstur daging yang kenyal dan manis (696 kb)
Text Document Potong Manggar Otomatis, Penderes Tak Perlu Naik Pohon
Radar Jogja 19-06-2016 hal 1. 4 mahasiswa UGM menciptakan alat penyadap nira. alat ini tak hanya menyadap, tapi juga mengurangi risiko kecelakaan penderes. bahkan dengan alat ini dapat meningkatkan produksi bahan baku gula jawa. penderas cukup mengatur tinggi dan memposisikan lengan sesuai dengan posisi nira (432 kb)
Text Document UGM, Practice What You Teach
Jakarta Post 18-06-2016 hal 1. Margaretta Sagala, Alumnus of school of social and political studies UGM said she is always proud of UGM. the university has taught her to side with the weak and oppressed, to value the difference of perspectives and to uphold human rights. in respect for the values UGM has taught her, she call on the university leaders to practice what they teach (196 kb)
Text Document Solusi Perawatan Mulut dan Gigi
Minggu Pagi 17-06-2016 hal 4. lima mahasiswa UGM menciptakan portable dental suction yang dinamai "ordentio". ordentio diharapkan dapat memudahkan perawatan gigi oleh tenaga kesehatan. hal itu sebagai solusi ketidakefektifan saat tindakan cabut gigi dan hanya menggunakan kapas sebagai penyerap darah dan ludah pasien (269 kb)
Text Document Robot Pelindung Itu Joko, Mirna, dan Budi
Republika 17-06-2016 hal 28. Hasil kreasi 4 pelajar SMAN 10 Yogyakarta membuat aplikasi game yang dinamai "sewidak" dinobatkan sebagai juara satu kompetisi game dalam program microsoft youthspark. acara tersebut digelar di kampus UGM. (549 kb)
Text Document Efektif Pantau Posisi Jemaah Haji
Tribun Jogja 17-06-2016 hal 1. Purwa rupa smart-tech Bracelet kreasi lima mahasiswa UGM bisa dilacak menggunakan drone. gelang pintar berbasis GPS ini bisa dipakai untuk kelengkapan jemaah haji atau umroh dan penumpang pesawat. (409 kb)
Text Document Puasa Tak Pengaruhi Produksi ASI
Tribun Jogja 17-06-2016 hal 4. Dokter Spesialis Anak RS UGM dr Fita Wirastuti mengatakan berpuasa tak mempengaruhi kualitas ASI seorang wanita yang menyusui. puasa hanya tentang memindahkan jam makan seseorang. meski begitu wanita menyusui harus tetap mengkonsumsi asupan gizi seimbang seperti hari biasanya (186 kb)
Text Document Gambar : EDP
Tribun Jogja 17-06-2016 hal 10. Dua bocah mengamati proses pengembangbiakan nyamuk aedes aegypti yang mengandung bakteri wolbachia dalam rangkaian acara memperingati asean dengue day (ADD) 2016 di gedung pusat antar universitas (PAU) UGM. acara ini digagas oleh tim EDP guna memperkenalkan nyamuk aedes aegypti berwolbachia kepada masyarakat (943 kb)
Text Document MADS Deteksi Merkuri Kosmetik
Bernas Jogja 17-06-2016 hal 5. sekelompok mahasiswa UGM mengembangkan alat mercury auto detection system (MADS). alat ini mampu mendeteksi kandungan merkuri dalam produk-produk kosmetik maupun makanan dalam bentuk yang lebih praktis dan bisa dibawa kemana saja (149 kb)
Text Document Simon Templar Si Pengenal Arus Mematikan
Harian Jogja 17-06-2016 hal 19. Empat mahasiswa UGM memaksimalkan teknologi kamera yang diterbangkan dengan layang-layang untuk membangun peringatan dini arus balik mematikan di pantai parangritis. sistem yang mereka kembangkan melalui teknik kite aerial photography tersebut kemudian dinamakan sistem monitoring pantai secara multitemporal (simon templar) (363 kb)
Text Document Khasiatnya Bisa Membantu Meredakan Stess
Seputar Indonesia 17-06-2016 hal 9. mahasiswa fakultas kedokteran UGM melakukan riset tentang khasiat buah jamblang. hasilnya buah tersebut dapat digunakan untuk mencegah stes. (360 kb)
Text Document Teliti Kebijakan Pendiri Amerika, Didik Raih Gelar Doktor
Suara Merdeka 17-06-2016 hal 22. Didik murwinanto meraih gelar doktor dari fakultas ilmu budaya UGM dengan disertasinya yang berjudul "the tea party movement of 2009 and conservative tradition in american politics" (581 kb)
Text Document Microsoft Gelar Youth Spark Ilmu Komputer
Suara Merdeka 17-06-2016 hal 24. Microsoft dan yayasan cinta anak bangsa foundation menggelar microsoft youth spark ilmu komputer di pusat kebudayaan koesnadi hardjasoemantri UGM. Tim dari SMA 10 Yogyakarta terpilih menjadi pemenang aplikasi permainan terbaik (224 kb)
Text Document Komunitas Drone UGM Bantu Petakan Sungai
Suara Merdeka 17-06-2016 hal 22. Pakar drone UGM, Dr Gesang Nugroho mendampingi dan menjelaskan cara kerja drone karya mahasiswanya. ali, teknik mesin UGM angkatan 2011 mengklaim dronenya mampu memetakan seluruh pulau jawa, sayang pesawat itu hanya mampu terbang selama 30 menit sesuai kapasitas baterai (765 kb)
Text Document Mewaspadai Isu Kebangkitan PKI
Bernas Jogja 16-06-2016 hal 4. Muhammad Khusni, S.Ps.I Mahasiswa program sarjana jurusan ketahanan nasional UGM berpendapat terkait dengan munculnya isu bangkitnya PKI kiranya perlu dijadikan kita, pemerintah dan rakyak indonesia waspada. meskipun adanya kebangkitan PKI ini masih dalam tataran isu. karena bisa jadi isu yang dihembuskan untuk mengukur penerimaan masyarakat terhadap PKI (490 kb)
Text Document SMAN 10 Menangi Kompetisi Aplikasi
Harian Jogja 16-06-2016 hal 19. SMAN 10 jogja menjadi pemenang dalam kompetisi aplikasi permainan terbaik rangkaian microsoft youthspark ilmu komputer. kegiatan ini merupakan kerja sama CAB Foundation dan microsoft indonesia yang menggandeng microsoft innovation center dan fakultas ilmu sosial dan politik UGM serta Pemda DIY (382 kb)
Text Document Aedes Aegypti Berwolbachia Siap Dilepas
Harian Jogja 16-06-2016 hal 19. Eliminate Dengue Project (EDP) jogja siap melepaskan telur nyamuk aedes aegypti yang mengandung bakteri wolbachia ke sejumlah rumah warga kota jogja pada agustus 2016 mendatang. langkah ini diharapkan dapat mengurangi jumlah kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang cukup tinggi di wilayah tersebut (178 kb)
Text Document Aedes Aegypti Berwolbachia Siap Dilepas
Harian Jogja 16-06-2016 hal 19. Eliminate Dengue Project (EDP) jogja siap melepaskan telur nyamuk aedes aegypti yang mengandung bakteri wolbachia ke sejumlah rumah warga kota jogja pada agustus 2016 mendatang. langkah ini diharapkan dapat mengurangi jumlah kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang cukup tinggi di wilayah tersebut (311 kb)
Text Document Ibu Menyusui Diperbolehkan Berpuasa
Radar Jogja 16-06-2016 hal 7. dokter spesialis anak RS UGM Dr Fita Wirastuti berpendapat anggapan bahwa ibu menyusui tidak puasa tidaklah benar. ini karena anggapan bisa mengurangi asupan gizi. padahal kenyataannya puasa sama sekali tidak mengganggu. ini karena hanya memindah jam makan menjadi saat sahur dan berbuka saja (493 kb)
Text Document Pemda Dukung Microsoft YouthSpark Berlanjut
Republika 16-06-2016 hal 23. Program Microsoft YouthSpark merupakan hasil kerja sama Microsoft Indonesia dan YCAB dengan menggandeng sejumlah pihak termasuk UGM dan Pemerintah DIY. program ini dirancang untuk memberikan kesempatan edukasi dibidang teknologi bagi kaum muda. peserta terpilih yang mengikuti program ini mendapatkan pembelajaran tentang coding untuk kemudian menciptakan aplikasi permainan (213 kb)
Text Document Puasa Pendaki Mapagama Tetap Latihan
Harian Jogja 15-06-2016 hal 19. Sebanyak empat pendaki gunung dari mahasiswa pecinta alam UGM yang tergabung dalam tim UGM international expedition III Peak of the ancestors tetap menempuh latihan persiapan pendakian gunung stok kangri, india, meski menjalani ibadah puasa (242 kb)
Text Document Publick Lack faith in court system turn to social media to protest
Jakarta Post 15-06-2016 hal 2. sunyoto usman, a sociologist from UGM said the organizers of the crowdfunding campaign did not set a specific target, but instead were only trying to bring members of the public together to voice their protest regarding the measures taken by law enforcement officers (277 kb)
Text Document Cegah DBD, Sebar Nyamuk Wolbachia
Kedaulatan Rakyat 15-06-2016 hal 2. mengurangi penularan virus demam berdarah dengue, peneliti dari eliminate dengue project UGM menggunakan bakteri wolbachia. para peneliti dari UGM ini menggunakan nyamuk aedes aegypti yang sudah mengandung bakteri wolbachia untuk menghambat perkembangan replikasi virus dengue pada nyamuk tersebut (197 kb)
Text Document EDS UGM Juara Debat Se-Asia
Kedaulatan Rakyat 15-06-2016 hal 10. Tim English Debating Society (EDS) UGM kembali menorehkan prestasi di tingkat dunia. kali ini, EDS UGM berhasil meraih juara 1 kategori english as foreign languange dalam kompetisi UADC di thailand 30 mei - 6 juni lalu (182 kb)
Text Document Resep Kearifan Lokal, Solusi Menjaga Kesehatan Tubuh
Radar Jogja 15-06-2016 hal 1. Cincau hijau tidak hanya dikenal memiliki rasa yang segar, berdasarkan penelitian, cincau hijau memiliki manfaat kesehatan terutama dalam meningkatkan kekebalan tubuh. lima mahasiswa Fakultas biologi UGM membuktikan hal itu melalui penelitiannya (796 kb)
Text Document MR BIN, Solusi Mengatasi Sampah
Bernas Jogja 15-06-2016 hal 11. 4 mahasiswa UGM menawarkan tempat sampah pemilah otomatis sebagai alternatif yang diberi nama MR BIN (smart recycle bin). MR BIN ini bertujuan untuk dapat memudahkan petugas melakukan pendauran ulang sampah. MR BIN merupakan perpaduan antara tempat sampah dan teknologi. teknologi yang diterapkan mampu memilah sampah organik yaitu sampah logam dan non logam secara otomatis (387 kb)
Text Document Tim UGM Siap Mendaki Himalaya
Bernas Jogja 15-06-2016 hal 11. empat mahasiswi UGM yang tergabung dalam tim UGM Internasional Expedition III "Peak of the Ancestor" telah melewati try out ke duanya. try out tersebut yaitu melakukan pendakian 4 gunung (sumbing - sindoro - merbabu - merapi) sekaligus dalam waktu yang sudah ditentukan guna mencapai target secara fisik yang dibutuhkan untuk mendaki salah satu atap himalaya (386 kb)
Text Document Mahasiswa Kembangkan Wisata Astronomis
Bernas Jogja 15-06-2016 hal 11. empat mahasiswa UGM melakukan penelitian untuk menentukan lokasi-lokasi potensial pengembangan wisata astronomis. diharapkan penelitian ini dapat membantu pemerintah, komunitas-komunitas dan masyarakat dalam mengembangkan wisata astronomis. temuan ini nantinya dapat dijadikan perintis dalam meningkatkan kualitas bidang astronomi di indonesia (230 kb)
Text Document Rela Bengkak Demi Telurkan Nyamuk
Harian Jogja 15-06-2016 hal 1. devriana dan iva merukan volunter yang bertugas di insektarium EDP, Pusat Kedokteran Tropis UGM. syarat untuk memberi makan nyamuk yaitu kelelahan, nyeri kepala terutama dibelakang bola mata, sakit sekujur tubuh, nyeri otot, pengelupasan kulit wajah, ruam, mual, pendarahan hidung, rasa pahit di mulut dan lainnya. semuanya harus negatif agar boleh memberi makan nyamuk tersebut (777 kb)
Text Document Asakan Niat, Berpuasa Akan Lancar
Seputar Indonesia 15-06-2016 hal 9. Iva Ariani, Kepala Humas dan Protokol UGM mengatakan ibadah di bulan ramadan jika sudah niat, akan lancar-lancar saja. agar tubuh tak lemah perlu diberikan doping yaitu satu sendok madu serta vitamin pada saat sahur (175 kb)
Text Document Wi-MoLS, Penghemat Energi dari UGM
Seputar Indonesia 15-06-2016 hal 13. lima mahasiswa UGM berhasil mengembangkan model pengaturan intensitas cahaya lampu otomatis berbasis sensor cahaya alami. sensor otomatis yang diberi nama wireless modern light sensor (Wi-MoLS) tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat menghemat penggunaan energi listrik (869 kb)
Text Document 4 Mahasiswi UGM Siap Taklukkan Gunung Stok Kangri India
Tribun Jogja 15-06-2016 hal 1. Tim UGM International Expedition III "Peak of The Ancestors" pada 5-22 agustus mendatang akan hadapi gunung stok kangri india, satu puncak tertinggi dalam gugusan pegunungan himalaya. untuk latihan mereka harus mendaki empat gunung (sumbing - sindoro - merbabu - merapi) sekaligus dalam waktu yang sudah ditentukan guna mencapai target capaian fisik yang dibutuhkan (101 kb)
Text Document Bisa Hangatkan Tubuh Sekaligus Penunjuk Arah
Tribun Jogja 15-06-2016 hal 9. lima mahasiswa UGM membuat Rojak (Robot Jaket). dijelaskan fungsi rojak pertama dapat memberikan pijatan di punggung, kedua dapat menghangatkan tubuh dengan adanya sensor di titik meredian tubuh. untuk kedepannya masih akan dilakukan penelitian lagi supaya pengguna lebih nyaman (374 kb)
Text Document Dikembangkan, UAV Pencari Api Kebakaran Hutan
Bernas Jogja 14-06-2016 hal 5. sejumlah mahasiswa UGM membuat alat yang dapat membantu petugas penanggulangan bencana kebakaran hutan untuk memantau titik api sumber kebakaran. alat ini berupa moda pesawat tanpa awak (UAV) yang diberi nama "PAPI" (220 kb)
Text Document UGM Komit Jaga Panggung Keilmuan Beretika
Bernas Jogja 14-06-2016 hal 11. Rektor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D menegaskan bahwa UGM menjunjung tinggi kebebasan akademik seluruh civitas akademika UGM serta menjaganya agar selalu dalam koridor norma, susila dan etika (168 kb)
Text Document Pelestarian Gumuk Pasir dengan Model 3D
Bernas Jogja 14-06-2016 hal 5. lima mahasiswa FT UGM melakukan penelitian guna menunjang kegiatan pelestarian menunjang kegiatan pelestarian gumuk pasir secara berkelanjutan. mereka berusaha membuat pemodelan 3D yang disertai dengan data spasial yang lengkap (495 kb)
Text Document Pemerintah Perlu Impor Bibit Sapi
Bernas Jogja 14-06-2016 hal 11. Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof Ali Agus mengatakan selama pemerintah hanya mengandalkan kebijakan impor daging beku atau bakalan hidup untuk menekan harga daging sapi di pasaran dan tidak melakukan kebijakan untuk menambah jumlah populasi sapi betina produktif maka harga daging sapi akan terus meninggi (223 kb)
Text Document Pekerja Anak Masih Memprihatinkan
Bernas Jogja 14-06-2016 hal 11. Peneliti Pusat studi Kependudukandan kebijakan UGM, Novi Widyaningrum mengatakan pemerintah sejatinya sudah menyusun sekian kebijakan serta strategi terkait penghapusan pekerja anak, misalnya melalui peta jalan pencapaian penghapusan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak (BPTA) tahun 2016 maupun rencana aksi nasional (RAN) penghapusan BPTA (483 kb)
Text Document K-Netra, Kacamata cerdas untuk Tunanetra
Bernas Jogja 14-06-2016 hal 11. lima mahasiwa fakultas teknik UGM membuat sebuah kacamata cerdas untuk memudahkan penyandang tunanetra mengetahui objek yang berada di depannya dengan. kacamata tersebut diberi nama "K-Netra". K-Netra merupakan salah satu teknologi kacamata cerdas berbasis sensor ultrasonik dan TPA 81 (1067 kb)
Text Document Peluang Usaha Sekaligus untuk Sosialisasi
Harian Jogja 14-06-2016 hal 19. mahasiswa UGM berinovasi dengan membuat boneka association of southeast asian nation. boneka ini bersifat edukatif, mengenalkan kepada anak-anak sejumlah negara yang tergabung dalam keanggotaan ASEAN (829 kb)
Text Document Mudik Jangan Gunakan Motor
Kedaulatan Rakyat 14-06-2016 hal 2. Dewan Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik UGM, Arif Wismadi mengatakan sepeda motor sangat rentan terhadap kecelakaan. kelelahan akibat perjalanan jarak jauh merupakan faktor utama penyebab kecelakaan. untuk itu masyarakat yang ingin mudik sebaiknya lebih berhati-hati (360 kb)
Text Document Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kedaulatan Rakyat 14-06-2016 hal 9. mahasiswa UGM meneliti kandungan senyawa daun cincau hijau. hasilnya, ekstrak daun cincau hijau memiliki berbagai senyawa metabolit sekunder yang berfungsi sebagai imunomodulator dan antioksidan alami (201 kb)
Text Document Pembahasan Perda Hari Jadi Terancam Deadlock
Radar Jogja 14-06-2016 hal 7. ahli hukum tata negara dari FH UGM Dian Agung Wicaksono mengatakan tidak ada ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengamanatkan pembentukan hari jadi sebuah daerah. opsi pengaturannya bisa melalui perda atau peraturan kepala daerah (722 kb)
Text Document Daun Cincau Hijau Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Republika 14-06-2016 hal 6. lima mahasiswa fakultas biologi UGM meneliti lebih dalam khasiat daun cincau dari kandungan senyawa di dalamnya, termasuk efek ekstrak daun cincau terhadap sel imun. dalam penelitiannya mereka membuat tiga macam ekstrak daun cincau hijau yakni ekstrak kloroform, etil asetat, dan etanol (395 kb)
Text Document Pasca - Bencana Gelombang Pasang
Seputar Indonesia 14-06-2016 hal 1. Guru Besar Fakultas Geografi Prof Dr Rernat Muh Aris Marfai, MSC mengatakan diperlukan antisipasi dan manajemen bencana yang lebih komprehensif guna menekan risiko akibat bencana yang serupa dikemudian hari. beberapa langkahnya pertama, meningkatkan kapasitas berupa pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat terhadap adanya ancaman gelombang pasang, kedua pelaksanaan aturan perlu terus ditingkatkan, dan ketiga pengelolaan kawasan pesisir perlu dilaksanakan di semua daerah yang mempunyai kawasan pesisir (859 kb)
Text Document Mediskop, Alat Perekam Deteksi Jantung
Seputar Indonesia 14-06-2016 hal 9. Lima mahasiswa UGM berhasil mengembangkan stetoskop elektronik yang dilengkapi dengan alat perekam suara. alat yang diberi nama medical electronic stetoskop (mediskop) ini berguna untuk membantu mendeteksi suara abnormal dari detak jantung dan paru-paru (688 kb)
Text Document Papua Punya Potensi Besar Kembangkan Sapi
Seputar Indonesia 14-06-2016 hal 13. Dekan fakultas peternakan UGM, Prof Dr Ir Ali Agus mengatakan daerah papua memiliki potensi dalam pengembangan peternakan sapi karena memiliki lahan padang rumput yang luas. sehingga dalam pengembangbiakan sapi biayanya relatif murah dibandingkan sistem perkandangan (276 kb)
Text Document Olah Cabai Jadi Makanan
Suara Merdeka 14-06-2016 hal 26. Mahasiswa UGM melakukan program pemberdayaan kepada kolompok masyarakat penyandang disabilitas di desa sidomulyo. program pemberdayaan dalam usaha bisnis pengembangan produk dari cabai berupa manisan dan abon cabai yang dinamai "Macamu" (343 kb)
Text Document Meraih Fitrah Potensi Diri Tertinggi
Tribun Jogja 14-06-2016 hal 10. Psikolog RS UGM, Melina Dian Kusumadewi menuturkan dalam teori stuktur kepribadian dari psikoanalisa, kepribadian manusia terdiri Id, Ego, dan Superego. ketiga dimensi itu ada dalam diri manusia dengan kadar berbeda-beda (206 kb)
Text Document Pesawat Tanpa Awak Pencari Titik Api Kebakaran Hutan
Suara Merdeka 13-06-2016 hal 26. Sejumlah mahasiswa UGM membuat alat yang dapat membantu petugas pemadam kebakaran hutan memantau titik api. alat berupa pesawat tanpa awak ini dinamai "Papi". alat ini memiliki keunggulan dibandingkan pencari titik api lain yaitu antena dapat memancarkan sinyal lebih kuat dibandingkan antena buatan pabrik (470 kb)
Text Document Berburu Makanan Buka Puasa di Lembah UGM
Bernas Jogja 13-06-2016 hal 9. bagi "pemburu" makanan dan minuman untuk berbuka puasa, wilayah seputaran UGM tak boleh dilewatkan. ratusan pedagang terutama aneka makanan dan minuman setiap sore meramaikan pasar ramadan di kampus UGM jogja (602 kb)
Text Document Tak Ada Data Valid Pekerja Anak
Bernas Jogja 13-06-2016 hal 10. Peneliti Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) UGM Novi Widyaningrum mengatakan menarik anak dari pekerjaan khususnya di sektor-sektor yang eksploitatif idealnya dilakukan oleh masyarakat dengan pemahaman dan kesadaran penuh (455 kb)