Halaman Depan


Pencarian Berita


Berita Terbaru

         Nama Dokumen
Text Document DBD-Chikungunya Lebih Mematikan dari Zika
Harian Jogja 05-02-2016 hal 14. Peneliti Utama Eliminate Dengue Project (EDP) Fakultas Kedokteran UGM Riris Andono Ahmad mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kasus virus zika, pasalnya virus yang menjadi perhatian global tersebut sampai saa ini belum jelas identifikasinya di Indonesia (190 kb)
Text Document Perempuan Paling Berperan di Industri Rokok
Harian Jogja 05-02-2016 hal 19. Pengajar di Universitas Leiden, Ratna Saptari mengatakan industri rokok banyak menyerap tenaga kerja low-skilled yang dipekerjakan sebagai buruh pabrik. dimana sebagian besar dari buruh ini adalah perempuan (179 kb)
Text Document Pendanaan PTN Tanggung Jawab Negara
Kompas 05-02-2016 hal 1. Gagasan menghapus batas atas biaya kuliah di perguruan tinggi negeri mendapat penolakan. penghapusan batas atas biaya kuliah dinilai sebagai upaya negara melepaskan tanggung jawab pada pendidikan tinggi karena mendorong perguruan tinggi negeri mencari dana dari mahasiswa (433 kb)
Text Document UGM Menuju Swakelola Sampah
Kedaulatan Rakyat 05-02-2016 hal 11. Kepala PIAT UGM, Dr Ir Bambang Suhartanto mengatakan UGM ingin menjadi yang pertama melaksanakan swakelola sampah. PIAT UGM mempunyai laboratorium daur ulang sampah, bisa digunakan untuk media latihan. (224 kb)
Text Document UGM Pelopori Pengelolaan Sampah
Media Indonesia 05-02-2016 hal 11. UGM bertekad menjadi pelopor dalam pengelolaan sampah. itu dilakukan dengan mengelola sampah organik dan anorganik yang berasal dari lingkungan UGM menjadi kompos. pengolahan sampah anorganik diantaranya memisahkan sampah plastik dengan sampah lain. sampah anorganik setelah diolah bisa menghasilkan bahan bakar. (108 kb)
Text Document Makna Ceria Wayang Kulit
Minggu Pagi 05-02-2016 hal 4. Kepala Bagian Humas dan Protokoler UGM, Dr Iva Ariani MHum mengatakan Banyak ajaran yang bisa diambil dari seni wayang kulit. kejujuran, sopan santun, kepemimpinan, saling menghormati dan kasih sayang adalah beberapa nilai yang selalu ada dalam setiap pertunjukan wayang. cerita yang ada pun sangat dalam, sarat unsur pendidikan dan budi pekerti (339 kb)
Text Document Waspadai Virus Zika
Minggu Pagi 05-02-2016 hal 4. dr Tri Wibawa kepala departemen mikrobiologi fakultas kedokteran UGM menjelaskan gejala penyakit yang ditimbulkan akibat virus zika mirip demam berdarah, maka potensi terjadi di indonesia juga cukup tinggi, hal itu mengingat kondisi di amerika latin hampir sama dengan indonesia. (456 kb)
Text Document Eks Gafatar Hadapi Masalah Administrasi
Bernas Jogja 04-02-2016 hal 11. Peneliti Senior Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, Prof. Dr. Muhadjir Darwin, MPA mengatakan pemulangan mantan anggota kelompok Gafatar menimbulkan sejumlah persoalan baru. salah satunya mereka harus menghadapi permasalahan administrasi kependudukan. (317 kb)
Text Document Merokok Perbesar Risiko Kanker Prostat
Harian Jogja 04-02-2016 hal 19. dalam ujian terbuka Nendyah di Fakultas Kedokteran UGM menilai hubungan merokok dengan kanker prostat dapat dijelaskan secara hormonal. Pria yang memiliki kebiasaan merokok memiliki kadar androsteron dan testoteron lebih tinggi yang dapat meningkatkan terjadinya kanker prostat (157 kb)
Text Document Biaya Kuliah Dievaluasi
Kompas 04-02-2016 hal 12. Batas atas biaya kuliah di perguruan tinggi negeri diusulkan untuk tidak dibatasi. dengan cara ini, mahasiswa dari keluarga kaya dimungkinkan untuk membayar lebih tinggi sehingga diharapkan terjadi subsidi silang untuk membantu mahasiswa dari keluarga tak mampu (400 kb)
Text Document Terbukti Curang Langsung Dicoret
Kedaulatan Rakyat 04-02-2016 hal 10. Ketua umum SNMPTN 2016, Rochmat Wahab mengatakan status akreditasi sekolah memang menjadi pertimbangan penentuan kelulusan peserta, selain UN dan Prestasi akademik. jadi penilaiannya itu skor akumulatif, tidak hanya mempertimbangkan satu item saja (448 kb)
Text Document Polisi Tak Bisa Lagi Usut Novel
Koran Tempo 04-02-2016 hal 2. Direktur Pukat UGM, Oce Madril mengatakan polisi tidak bisa mengusut perkara penyidik komisi pemberantasan korupsi, novel baswedan, jika kasusnya sudah dihentikan oleh kejaksaan agung. dan tidak perlu lagi membuka kasus itu. (257 kb)
Text Document Lembaga Keuangan Danai Energi Terbarukan
Koran Tempo 04-02-2016 hal 12. Guna meningkatkan pengembangan energi baru terbarukan serta upaya konservasi energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Otoritas Jasa Keuangan meneken nota kesepahaman. Menteri Energi Sudirman Said mengatakan butuh Rp 1.600 Trilium untuk membangun sektor energi terbarukan hingga 2019. (305 kb)
Text Document Aman untuk Manusia, Sukses Tekan DB
Suara Merdeka 04-02-2016 hal 1. Ancaman serangan demam berdarah dengue yang bisa menyebabkan kematian, sudah sangat mengkhawatirkan. UGM mengembangkan nyamuk berbakteri Wolbachia untuk memerangi penyakit yang juga disebarkan oleh nyamuk itu. Hasil, Sukses besar mulai terlihat (925 kb)
Text Document Pertunjukan Barongsai Simbol Kebebasan
Suara Merdeka 04-02-2016 hal 24. Dalam sidang terbuka program doktor di sekolah pascasarjana UGM, Moch Choirul Arif mengatakan barongsai sekarang menjadi komoditas yang digunakan untuk memperoleh keuntungan pegiatnya. bahkan geliat pertunjukan barongsai mampu menarik para pemilik modal, pemkot surabaya, pemegang otoritas budaya tionghoa dan pemilik sasana barongsai untuk menjadikannya objek wisata (210 kb)
Text Document Tak Perlu Khawatirkan Virus Zika
Suara Merdeka 04-02-2016 hal 27. Ketua Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran UGM, dr Tri Wibawa PhD SpMk mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap virus zika. virus zika yang menyerang masyarakat amerika latin belum jelas identifikasinya di Indonesia (202 kb)
Text Document Hungaria Tingkatkan Kerjasama Perdagangan
Bernas Jogja 03-02-2016 hal 11. Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati MSc PhD mengungkapkan hungaria mengalami persoalan di bidang energi dan sumber daya manusia sebaliknya indonesia tengah mengalami persoalan di bidang pangan, energim dan kesehatan. karena itu riset yang dilakukan peneliti UGM tidak hanya untuk keperluan publikasi, namun sebisa mungkin bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, pemerintah dan industri (657 kb)
Text Document UGM Kirim 5 Delegasi Ikuti AUYS 2016
Harian Jogja 03-02-2016 hal 19. lima mahasiswa UGM berpartisipasi dalam ajang ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016. kegiatan yang digelar 24-28 Januari 2016 lalu di Universitas Teknologi Sumbawa mengangkat tema social entrepreneurship as a main character of future ASEAN generation (125 kb)
Text Document Masyarakat Tak Perlu Risau Virus Zika
Harian Jogja 03-02-2016 hal 19. Ketua Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran UGM dr. Tri Wibawa mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir terhadap virus zika. virus zika yang menyerang masyarakat amerika latin belum jelas identifikasinya di Indonesia. Virus yang ditemukan di Indonesia bisa saja berbeda dengan yang ada di Amerika Latin, karenanya masyarakat tidak perlu khawatir terhadap virus ini (455 kb)
Text Document Menteri Hongaria Disambut Antusias
Harian Jogja 03-02-2016 hal 19. Kedatangan menteri ekonomi Hongaria, Mihaly Varga mengisi kuliah umum di UGM disambut antusias ratusan mahasiswa UGM. salah satu yang dibicarakan adalah peningkatan hubungan kerjasama di bidang ekonomi dengan pemerintah Indonesia. (385 kb)
Text Document Hongaria Tawarkan Sejumlah Kerja Sama
Kompas 03-02-2016 hal 8. Menteri Ekonomi Nasional Hongaria Mihaly Varga menyatakan Hongaria dan Indonesia bisa meningkatkan kerja sama di sejumlah bidang seperti pengembangan teknologi yang inovatif dan ramah lingkungan, teknologi informasi, farmasi, serta pengolahan makanan. kerja sama itu diharapkan bisa meningkatkan nilai perdagangan kedua negara yang mencapai 139 juta dollar AS pada tahun 2015. (92 kb)
Text Document Siapkan Bisnis Baru di Gambut
Kompas 03-02-2016 hal 14. Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Satyawan mengatakan keuntungan ekonomi dari budidaya tanaman lahan kering tak sepadan dengan kerugian dari risiko kebakaran. Bank Dunia mencatat kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan pada 2015 di Indonesia mencapai Rp 210 Triliun, belum termasuk dampak kesehatan dan lingkungan (172 kb)
Text Document Maksud Hati Menjual Gerhana, Mendongkrak Devisa
Kompas 03-02-2016 hal 25. Kepala program studi Magister dan Doktor kajian pariwisata UGM, M Baiquni mengatakan perhatian pemerintah menjadikan peristiwa gerhana sebagai agenda pariwisata sudah lebih baik. panjangnya jalur gerhana yang melintasi wilayah indonesia membuat pemerintah harus fokus pada daerah yang hendak dijadikan pusat pengamatan GMT nasional. (589 kb)
Text Document Eks Gafatar Hadapi Masalah Adminduk
Kedaulatan Rakyat 03-02-2016 hal 1. Peneliti Senior Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM Prof Dr Muhadjir Darwin MPA mengatakan terlepas dari persoalan ideologi atau kepercayaan, mobilitas warga eks Gafatar merupakan salah satu bentuk migrasi. kasus ini seperti menunjukkan kembali betapa kakunya sistem pencatatan KTP di Indonesia (447 kb)
Text Document Tingkatkan Hubungan Dagang dengan RI
Kedaulatan Rakyat 03-02-2016 hal 9. Menteri Ekonomi Hongaria Mihaly Varga mengatakan pemerintah hongaria akan terus memperkuat hubungan kerja sama dengan indonesia. hubungan diplomatik yang sudah terjalin lebih dari 60 tahun akan ditingkatkan terutama sektor perdagangan dengan melibatkan banyak pelaku usaha. (332 kb)
Text Document Gotong Royong Merawat Dokumen Kraton
Kedaulatan Rakyat 03-02-2016 hal 12. Pemerintah DIY perlu melakukan gotong royong atau kerja sama dengan berbagai pihak. gotong royong atau kerja sama dalam pelestarian naskah-naskah kuno bertujuan agar naskah-naskah kuno yang berhasil dikembalikan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh publik (717 kb)
Text Document Gotong Royong Merawat Dokumen Kraton
Kedaulatan Rakyat 03-02-2016 hal 12. Pemerintah DIY perlu melakukan gotong royong atau kerja sama dengan berbagai pihak. gotong royong atau kerja sama dalam pelestarian naskah-naskah kuno bertujuan agar naskah-naskah kuno yang berhasil dikembalikan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh publik (717 kb)
Text Document Seleksi Mandiri PTN Harus Ada Afirmasi
Media Indonesia 03-02-2016 hal 6. Ketua SNMPTN 2016, Rochmat Wahab mengatakan kebijakan afirmasi bagi PTN untuk jalur SM perlu diterapkan. afirmasi mesti diprioritaskan bagi calon mahasiswa kurang beruntung secara fisik, eknomi, geografis, dan kultural (307 kb)
Text Document Hubungan dengan 21 Psikolog Tanpa Batas Ruang dan Waktu
Radar Jogja 03-02-2016 hal 8. Mahasiswa UGM membuat situs pijarpsikologi.org. website ini bisa memhubungkan psikolog dan klien tanpa batas ruang dan waktu. klien dapat berkonsultasi tentang beragam masalah yang dihadapi. selain konseling ada juga psikoedukasi melalui artikel-artikel psikologi yang terus di up-date dan mudah diakses. (343 kb)
Text Document Hongaria Nilai Posisi Indonesia Strategis
Radar Jogja 03-02-2016 hal 10. Rektor UGM mengatakan pengalaman hongaria dalam menghadapi krisis ekonomi tahun 2008 bisa menjadi pengalaman bagi mahasiswa. bedanya indonesia sedang menghadapi krisis di bidang pangan, energi, dan kesehatan. kita bisa belajar dan meningkatkan penelitian agar hasilnya bisa dirasakan masyarakat luas (361 kb)
Text Document Untuk Antisipasi, Tetap Berantas Sarang Nyamuk
Radar Jogja 03-02-2016 hal 8. virus zika saat ini menjadi sorotan masyarakat dunia. namun indonesia dinilai tidak ada riwayat yang signifikan mengenai virus ini. karena itu pemerintah belum memberikan perhatian khusus mengenai dugaan virus ini, meski disebut muncul di jambi. (152 kb)
Text Document Hungaria Perkuat Hubungan Dagang Dengan Indonesia
Seputar Indonesia 03-02-2016 hal 9. Menteri Ekonomi Nasional Hingaria Mihaly Varga mengatakan salah satu kerja sama dengan Indonesia yang ingin ditingkatkan oleh pemerintah hungaria adalah di bidang perdagangan. hal tersebut sejalan dengan keinginan pemerintah hungaria untuk terus memperkuat hubungan kerja sama dengan Indonesia (633 kb)
Text Document Tingkatkan Pengisian PDSS Masih Rendah
Seputar Indonesia 03-02-2016 hal 10. Meski sudah memasuki Februari, keaktifan sekolah untuk mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) masih sangat rendah. tercatat baru 830 sekolah yang mengisi PDSS. Pokja Humas SNMPTN-SBMPTN Bambang Hermanto mengatakan lebih dari 11.500 sekolah belum melakukan pengisian PDSS (306 kb)
Text Document Tidak Perlu Khawatirkan Zika
Tribun Jogja 03-02-2016 hal 1. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan virus zika yang beberapa akhir ini menjadi perbincangan. zika belum dianggap berbahaya sehingga pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit dalam tahap pemulihannya (220 kb)
Text Document Gejala Zika Menyerupai Demam Berdarah
Tribun Jogja 03-02-2016 hal 1. dr Eggi Arguni, MSc, PhD, SpA selaku KSM kesehatan Anak RSUP Dr sardjito mengatan virus zika sudah lama teridentifikasi namum belum semua aware sehingga tidak ada yang memeriksakan lebih lanjut karena gejala yang timbul pada penderita tidak berat misalnya sakit kepala, demam, ruam-ruam, nyeri otak (819 kb)
Text Document Mantan Anggota Gafatar Perlu Diberdayakan
Bernas Jogja 02-02-2016 hal 11. Pengamat Sosial UGM Prof. Dr. Susetiawan,S.U., menyebutkan para anggota kelompok gafatar perlu diberikan pembekalan dan pembinaan sebelum dikembalikan ke masyarakat. tidak hanya ditanamkan tentang ideologi ke indonesiaan saja, tetapi juga dipersiapkan agar bisa kembali bergaul di masyarakat (247 kb)
Text Document "Din" Alami Perkembangan Makna
Bernas Jogja 02-02-2016 hal 5. Dalm ujian terbuka program doktor di Pascasarjana UGM, Rofiq Nirhadi MAg menunjukkan kata "din, millah", dan "syariah" mengalami perkembangan makna sejak kata ini digunakan oleh orang arab sebelum diturunkannya al quran. (364 kb)
Text Document Idenya Berawal dari Kegiatan Menemani Pasien Terapi
Bernas Jogja 02-02-2016 hal 11. Empat mahasiswa UGM menciptakan aplikasi "Pasienia" yang bermanfaat bagi pasien. melalui aplikasi ini, pasien dapat terhubung dengan pasien ataupun keluarga pasien lainnya dan berbagi pengetahuan maupun informasi tentang penyakit yang tengah diderita (967 kb)
Text Document Pasiena, Program Bikinan Mahasiswa UGM untuk Media Interaksi Pasien
Harian Jogja 02-02-2016 hal 19. Empat mahasiswa UGM menciptakan sebuah aplikasi bernama Pasienia. melalui aplikasi ini pasien dapat terhubung dengan pasien ataupun keluarga pasien lainnya untuk berbagi pengetahuan dan informasi tentang penyakit yang tengah diderita (462 kb)
Text Document Fungsi Sosial Tanah
Kedaulatan Rakyat 02-02-2016 hal 10. kasus pembongkaran pagar perumahan yang membatasi akses jalan menunjukkan kepada kita semua dan pemerintah kabupaten/kota tentang pentingnya fungsi sosial atas tanah. selain perlunya penertiban terhadap prasarana, sarana dan utilitas umum yang dibangun oleh pengembang yang belum diserahkan kepada pemerintah kabupaten/kota (823 kb)
Text Document "Pasienia" Sosmed Pertama bagi Pasien
Kedaulatan Rakyat 02-02-2016 hal 10. Lima mahasiswa UGM menciptakan sebuah aplikasi yang dapat menghubungkan pasien atau keluarga pasien lainnya untuk berbagi pengetahuan dan informasi tentang penyakit yang tengah diderita. aplikasi itu bernama "pasienia" (368 kb)
Text Document Draf Revisi Dinilai Kebiri KPK
Koran Tempo 02-02-2016 hal 6. Peneliti dari Pusat Kajian Anti-Korupsi UGM, Hifdzil Alim menilai draf revisi UU KPK berlawanan dengan semangat antikorupsi. Pemilihan dan pengangkatan dewan Pengawas oleh Presiden tak mengurangi kekhawatirannya bahwa struktur baru tersebut akan dipakai untuk menyetir KPK (274 kb)
Text Document Kampus Lain Bisa Tiru Cara FK Unpad
Media Indonesia 02-02-2016 hal 6. Kemenristek Dikti mengapresiasi rencana Universitas Padjadjaran yang menggratiskan mahasiswa baru fakultas kedokteran melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. (206 kb)
Text Document Lupakan Lara, Sesama Pasien Bisa Saling Curhat
Suara Merdeka 02-02-2016 hal 1. Mahasiswa UGM membuat aplikasi berbasis android yang dinamakan Pasienia. untuk sementara waktu aplikasi ini baru menyediakan pilihan menu untuk ngobrol dengan sesama pasien dalam lima kelompok penyakit yaitu kanker, diabetes, jantung, rubella dan lupus (425 kb)
Text Document 373 Siswa Ikuti Try Out SBMPTN
Suara Merdeka 02-02-2016 hal 14. Sebanyak 373 siswa SMA,SMK, dan MA di Temanggung mengikuti try out atau uji coba tes SBMPTN di kampus SMK Swadaya Temanggung. kegiatan bertajuk "Gadjah Mada Extraordinary Try Out" ini digelar oleh Ikatan Mahasiswa Temanggung UGM (667 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Koas di GL Zoo
Suara Merdeka 02-02-2016 hal 15. Sembilan mahasiswa fakultas kedokteran hewan UGM menjalani Koas di Gembira Loka Zoo. selama sepekan mereka bisa berinteraksi langsung dengan satwa koleksi GL Zoo,juga belajar bagaimana cara memberi pakan serta mengatasi penyakit hewan dan lain sebagainya (569 kb)
Text Document Mantan Pengikut Gafatar Perlu Diberi Bekal
Suara Merdeka 02-02-2016 hal 24. Pengamat Sosial UGM, PRof Dr Susetiawan SU menyebutkan anggota kelompok Gafatar perlu diberikan pembekalan dan pembinaan sebelum dikembalikan ke masyarakat. tidak hanya ditanamkan tentang ideologi keindonesiaan tetapi juga dipersiapkan agar bisa kembali bergaul di masyarakat (223 kb)
Text Document Atur Pola Konsumsi
Tribun Jogja 02-02-2016 hal 1. Pakar pangan UGM Prof Endang Sutriswati Rahayu mengatakan masyarakat perlu mengonsumsi makanan yang bervariasi. terlepas dari kandungan bahan dalam mi, makan mi boleh-boleh saja, namun jangan mengonsumsi mi instan karena tidak cukup memenuhi kebutuhan tubuh. makan mi saja itu ibarat makan nasi saja tanpa ditambahkan lauk maupun sayur (211 kb)
Text Document Layanan Psikologi Tak Selalu Mahal
Tribun Jogja 02-02-2016 hal 13. 10 mahasiswa Psikologi dan Teknik UGM mencari solusi dengan membuat website pijarpsikologi.org sebagai layanan konsultasi psikologi online yang dapat dimanfaatkan secara gratis. laman ini sekaligus media edukasi bagi masyarakat agar mereka aware terhadap apa yang mereka rasakan atau apa yang mereka alami (352 kb)
Text Document Pasien Cepat Sembuh Ketika Bebas Curhat
Tribun Jogja 02-02-2016 hal 1. Penderita penyakit kronis seperti kanker dan HIV memerlukan dukungan baik dari dalam diri mereka sendiri maupun dari orang lain. selain itu mereka juga butuh ruang untuk menyalurkan kegelisahan maupun perasaan mereka kepada orang lain yang mereka anggap dapat memberikan solusi. Mahasiswa UGM membuat aplikasi yang bernama Pasienia dengan tujuan agar pasien bisa berkeluh kesah kepada orang lain tentang apa yang tengah dihadapi. (863 kb)
Text Document Barongsai Tak Sekedar Tradisi Etnik
Bernas Jogja 01-02-2016 hal 5. Pada promosi doktor program studi kajian budaya dan media di sekolah pascasarjana UGM, Moch Choirul Arif mengatakan pasca reformasi 1998 merupakan momentum kebangkitan dan berkembangnya barongsai di Indonesia. belum lagi order tampil di momen Imlek, dan kota surabaya menjadi daya ungkit berkembangnya barongsai (400 kb)
Text Document Keluarga Mulai Jenguk Eks Gafatar
Kedaulatan Rakyat 01-02-2016 hal 6. Sejak kedatangan eks anggota Gafatar asal DIY di Youth Center Mlate Sleman, mereka langsung diberi pembinaan dari Dinsos DIY. Namun dari ratusan orang yang ditampung, baru seorang yang mau menunaikan ibadah salat. bahkan dari pemeluk agama lain juga belum ada tanda-tanda berdoa sesuai agamanya (296 kb)
Text Document Tak Bisa Dipakai dalam SNMPTN
Kedaulatan Rakyat 01-02-2016 hal 10. Hasil Ujian Nasional perbaikan tidak bisa dipakai untuk mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. karena untuk jalur SNMPTN menggunakan rapor hasil siswa kelas 10 awal sampai kelas 12 semester 1 di tahun sedang berlangsung. (263 kb)
Text Document UGM Terbaik Ketiga
Seputar Indonesia 01-02-2016 hal 13. Universitas Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama perguruan tinggi dengan website terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016. Sedangkan UGM menduduki terbaik ketiga (560 kb)
Text Document Perguruan Tinggi Harus Perluas Pengaruh
Harian Jogja 31-01-2016 hal 1. Perguruan tinggi harus meningkatkan kualitas agar bisa bersaing dalam kompetisi yang makin ketat yaitu dengan cara higher education training dan innovation. tolak ukur sebuah PT dianggap baik apabila bermanfaat bagi dunia usaha dan masyarakat di sekitarnya (579 kb)
Text Document Papan Partikel Berbahan Batang Singkong
Kedaulatan Rakyat 31-01-2016 hal 10. sekelompok mahasiswa UGM melakukan penelitian dengan berbahan dasar batang singkong, batang singkong ini diolah menjadi papan partikel dengan kualitas yang tidak kalah dengan papan partikel pabrikan. dan mereka berhasil meraih penghargaan silver medals dalam asian young inventors exhibition (AYIE) 2015 di Malyasia (487 kb)
Text Document Koperasi Harus Berjiwa Korporasi
Kedaulatan Rakyat 31-01-2016 hal 10. Koordinator Dashboard Ekonomika Kerakyatan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Prof Dr Gunawan Sumodiningrat mengatakan untuk mewujudkan satu desa satu koperasi yang berjiwa korporasi diawali dengan revolusi moral individu dalam satu keluarga. terutama untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan menghasilkan produk yang mendatangkan keuntungan (523 kb)
Text Document Waspada pada Virus Zika
Tribun Jogja 31-01-2016 hal 13. Virus zika adalah jenis Flavivirus kelompok arbovirus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes. penularannya virus ini mirip dengan virus demam berdarah yaitu oleh gigitan nyamuk aedes aegypti yang menjadi pembawa virus demam berdarah. orang yang tejangkit penyakit zika akan mengalami demam, ruam kulit dan konjungtivitas, nyeri otot, dan kaku pada persendian dalam kurun waktu 2-7 hari (1442 kb)
Text Document Eks Gafatar Perlu Diterima
Bernas Jogja 30-01-2016 hal 5. Pengamat Sosial UGM, Prof Dr Susetiawan SU mengatakan para anggota kelompok gafatar perlu diberikan pembekalan dan pembinaan sebelum dikembalikan ke masyarakat. hal tersebut dibutuhkan agar dapat kembali ke jalan yang benar. pembekalan tidak hanya tentang ideologi ke Indonesia-an saja tetapi juga dipersiapkan agar bisa kembali bergaul di masyarakat (297 kb)
Text Document Pengulangan Bahasa Jadi Keharusan
Bernas Jogja 30-01-2016 hal 5. Dalam ujian terbuka program doktor prodi ilmu agama dan lintas budaya sekolah pascasarjana UGM, Nur Faizin mengatakan dari analisis terhadap keintian bentuk-bentuk pengulangan tersebut dalam struktur atau sistem bahasa, ditemukan pengulangan bersifat sistemik atau berfungsi sistemik. selain itu terdapat pengulangan yang bersifat gaya bahasa atau berfungsi sebagai gaya bahasa (390 kb)
Text Document UGM Ingin Jadi Menara Air
Harian Jogja 30-01-2016 hal 19. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol UGM, Iva Ariani mengatakan kampus biru berharap banyak riset-riset yang dilakukan dosen di UGM bisa tersampaikan ke masyarakat luas melalui medium media massa. hal ini sesuai dengan cita-cita UGM yang tidak ingin menjadi menara gading namun menjadi menara air (477 kb)
Text Document Pencemaran Sungai Winongo Tinggi
Seputar Indonesia 30-01-2016 hal 9. Pencemaran Sungai Winongo sudah sangat berbahaya. hal itu didasarkan hasil penelitian tiga siswa SMAN 10 Yogyakarta. bahkan hasil penelitian mereka menjadi finalis lomba Geopasial Inovatif Nasional pada 27-29 November 2015 lalu, yang digelar Kemenristek Dikti dan fakultas Teknik UGM (511 kb)
Text Document Pengulangan Bahasa Bukan Kekurangan Alquran
Seputar Indonesia 30-01-2016 hal 13. Dalam ujian terbuka doktor program studi ilmu agama dan lintas budaya UGM, Faizin menegaskan jika bentuk pengulangan bisa ditemukan dalam semua satuan kebahasaan, mulai dari fonem, morfem, kata, frase, klausa, kalimat, topik surat, dalam tataran atau level-level yang beragam (266 kb)
Text Document Danang Doktor Pertama di Pemkab Temanggung
Suara Merdeka 30-01-2016 hal 24. Dalam ujian terbuka program doktor sosiologi politik UGM, Danang Purwanto mengungkapkan preferensi atau pilihan politik kaun abangan di kampung sangkrah cenderung kontinyu atau berkelanjutan. hal itu dibuktikan dengan selalu diraihnya suara terbanyak oleh partai-partai nasionalis sejak pemilu 1955 hingga 2014 (640 kb)
Text Document Jutaan Anak Indonesia Alami Tubuh Pendek
Suara Merdeka 30-01-2016 hal 27. Sekitas 8,8 juta anak Indonesia menderita stunting atau tubuh pendek karena kurang gizi. Data Riset Kesehatan Dasar 2013 mencatat angka kejadian stunting nasional mencapai 37,2 persen. angka ini meningkat sebesar 35,6 persen dari tahun 2010. ahli gizi UGM, Prof dr Haman Hadi MS Sc Sp GK mengatakan secara rinci, satu dari tiga anak di Indonesia mengalami stunting, bahkan jumlahnya terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun (222 kb)
Text Document Radio Komunitas Refleksikan Stereotip Gender
Bernas Jogja 29-01-2016 hal 5. Dalam ujian terbuka promosi doktor di sekolah pascasarjana UGM, Emilia Bassar berpendapat, sesuai dengan kebijakan Gender untuk radio komunitas yang disusun women international world association community radio, pengelolaan radio komunitas harus memperhatikan enam aspek penting. yakni akses perempuan ke frekuensi, keterwakilan perempuan di udara, kebutuhan khusus untuk perempuan minoritas dan representasi perempuan di seluruh level manajemen radio (719 kb)
Text Document Partikel Batang Singkong Tak Kalah dengan Produk Pabrik
Bernas Jogja 29-01-2016 hal 11. Mahasiswa UGM memanfaatkan tanaman singkong. batang singkong diolah menjadi papan partikel dengan kualitas yang tidak kalah dengan papan partikel pabrikan. papan partikel berbahan batang singkong ini juga berhasil menghantarkan mereka meraih penghargaan Silver Medals dalalm Asian Young Inventors Exhibition (AYIE) 2015 di Malaysia (1042 kb)
Text Document Dosen Unila Raih Doktor di UGM
Bernas Jogja 29-01-2016 hal 11. Dalam ujian terbuka program doktor di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Arivina Ratih mengatakan sumatera utara, riau dan sumatera selatan menjadi tiga provinsi yang memiliki distribusi prosentase produk domestik regional bruto (PDRB) tertinggi di Sumatera dibandingkan provinsi lainnya di Pulau sumatera. (210 kb)
Text Document UGM Lepas Nyamuk Ber-Wolbachia
Bernas Jogja 29-01-2016 hal 5. Tim Peneliti UGM yang tergabung dalam elimante dengue projek (EDP) berencana akan memperluas cakupan penelitiannya dengan menyebarkan nyamuk ber-wolbachia di wilayah kota jogja pada pertengahan tahun ini. kegiatan ini dimaksudkan mengurangi ancaman deman berdarah dengue di kota yogyakarta. (319 kb)
Text Document Foto : Identifikasi jenis nyamuk
Harian Jogja 29-01-2016 hal 19. Asisten peneliti melakukan identifikasi jenis nyamuk di pusat penelitian Eliminate dengue Project UGM. pelepasan ribuan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di beberapa daerah dimaksudkan untuk menekan penyakit DBD, telah berhasil berkembang biak di wilayah penelitian sleman dan bantul (637 kb)
Text Document Cilik-Cilik Pembasmi Jentik
Harian Jogja 29-01-2016 hal 19. Mahasiswa UGM yang sedang kuliah kerja nyata di daerah kecamatan Pengasih memberikan pelatihan dasar pencegahan demam berdarah yang diberikan pada anak-anak. diberikan pengetahuan pelaksanaan mengubur, menutup dan membuang serta pola hidup sehat dan bersih (318 kb)
Text Document Akuntabilitas Kementerian
Kompas 29-01-2016 hal 6. Tugas dan Tanggung jawab kementerian PAN dan RB ini sekarang tekanannya untuk memberdayakan kinerja aparatur negara dan melakukan reformasi birokrasi pemerintah. (781 kb)
Text Document Tekan Demam Berdarah, UGM Sebar Nyamuk Anti-Dengue
Koran Tempo 29-01-2016 hal 22. Koordinator Riset Eliminate Dengue Project (EDP) Fakultas Kedokteran UGM, Adi Utarini mengatakan akan menyebarkan nyamuk Aedes Aegypti pengandung bakteri wolbachia ke 40 persen wilayah di kota yogyakarta untuk menekan demam berdarah. (266 kb)
Text Document Nyamuk Antidengue untuk Tekan Penyakit DBD
Media Indonesia 29-01-2016 hal 6. UGM melalui Eliminate Dengue Project berhasil mengembangbiakkan nyamuk Aede Aegypti ber wolbachia untuk menekan penyebaran penyakit DBD. Pelepasan nyamuk aedes aegypti yang sudah ditanami bakteri wolbachia di kabupaten sleman dan bantul pada kurun 2014-2015 terbukti berhasil menekan penyebaran virus DBD (402 kb)
Text Document Masyarakat Tak Terbiasa Memahami
Minggu Pagi 29-01-2016 hal 2. Beragam tindak kekerasan seolah tidak ada habisnya mewarnai dinamika kehidupan masyarakat. masalah agama, sosial, ekonomi, politik dan budaya seringkali menjadi penyebab gesekan itu terjadi. namun kekerasan itu tak jarang memang disengaja, tujuannya agar terjadi pembaruan (339 kb)
Text Document Tekan Kasus DBD dengan Nyamuk Wolbachia
Radar Jogja 29-01-2016 hal 1. Peneliti Utama Eliminate Dengue Project Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran UGM Adi Utarini menjelaskan, wolbachia merupakan bakteri alamiah dari 60 hingga 70 persen serangga liar. seperti juga lalat buah, capung, dan jenis serangga lain. dari penelitian yang sudah dilakukan, nyamuk aedes aegypti ber-wolbachia dinilai sudah aman bagi manusia dan lingkungan (540 kb)
Text Document Persoalan Pemenuhan Gizi Masih Terus Bermasalah
Seputar Indonesia 29-01-2016 hal 9. Ahli Gizi UGM, Prof Hamam Hadi mengatakan stunting atau tubuh pendek merupakan salah satu gangguan pertumbuhan akibat dari gangguan gizi secara kronis. stunting lazim terjadi jika asupan gizi kepada anak tidak terpenuhi dalam jangka waktu lama. satu dari tiga anak di indonesia mengalami stunting. (328 kb)
Text Document Keterlibatan Perempuan di Radio Komunitas Belum Maksimal
Seputar Indonesia 29-01-2016 hal 13. Pada ujian terbuka promosi doktor di pascasarjana UGM, Emilia Bassar mengemukakan keterlibatan perempuan pada program siaran di dua radio komuntas yang menjadi objek penelitainnya menunjukkan perempuan bisa menjadi penyiar, produser, maupun operator radio (314 kb)
Text Document Wolbachia Berhasil Kurangi DBD
Tribun Jogja 29-01-2016 hal 15. Wolbachia merupakan bakteri alami yang terdapat dalam sel tubuh serangga misalnya lalat buah, capung, kumbang dan nyamuk namun tak terdapat pada nyamuk aedes aegypti. EDP (Eliminate Dengue Projek Fakultas Kedokteran UGM melakukan penelitian dan menemukan bahwa wolbachia mampu menghambat perkembangbiakan virus dengue pada aedes aegypti (1028 kb)
Text Document Sepertiga Anak di Indonesia Alami Tumbuh Pendek
Harian Jogja 28-01-2016 hal 19. Ahli Gizi dari UGM Prof. Hamam Hadi mengatakan menurut data riset kesehatan dasar, 2013 tercatat angka kejadian stunting nasional mencapai 37,2 persen. angka ini meningkat dari 2010 sebesar 35,6 persen. data ini menunjukkan jika satu dari tiga anak di indonesia mengalami stunting atau tubuh pendek (247 kb)
Text Document Kedaulatan Pangan Syarat Mutlak Jadi Negara Kuat
Koran Jakarta 28-01-2016 hal 1. Guru Besar Fakultas Pertanian UGM, Masyhuri meminta pemerintah presiden joko widodo tidak mempertahankan menteri terkait pangan bermental pedagang yang cenderung memilih cara gampang mengimpor pangan dengan alasan lebih murah ketimbang membangun kekuatan pangan nasional (868 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Belajar Nuklir dari Pakar
Kedaulatan Rakyat 28-01-2016 hal 10. Lima mahasiswa UGM mengikuti 2nd ASEAN School On Plasma And Nuclear Fusion (ASPNF) di Chulalongkorn University. kegiatan ASPNF 2016 yang mereka ikuti berupa kuliah singkat intensif terkait fusi nuklir selama satu minggu. para peserta mendapatkan materi perkuliahan dari sejumlah ahli fusi nuklir dari thailand, perancis, dan jepang (224 kb)
Text Document SNMPTN Metode Terbaik Penjaringan Maba
Kedaulatan Rakyat 28-01-2016 hal 10. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diyakini merupakan salah satu metode terbaik dalam penjaringan dan perekrutan mahasiswa baru (maba). justru pengurangan kuota dari daya tampung PTN di SNMPTN ini menjadikan selektivitas dan kejujuran sekolah maupun siswa diuji (502 kb)
Text Document Riset: Manajemen Tambang Terburuk di Tanah Bumbu
Koran Tempo 28-01-2016 hal 11. hasil riset yang dilakukan PolGov UGM bahwa, kabupaten tanah bumbu, kalimantan selatan dinilai memiliki tata kelola pertambangan yang buruk. Direktur Program PolGov UGM Purwo Santoso, mengatakan sumber mineral di tanah bumbu melimpah namun hanya dikuasai segelintir orang. (211 kb)
Text Document Ubah Perilaku demi Kemajuan Bangsa
Media Indonesia 28-01-2016 hal 10. sosiolog UGM Arie Sujito mengatakan ada dua pendekatan mendasar yang harus dilakukan untuk realisasi program revolusi mental. pertama pendekatan struktural, pemerintah harus bisa mendisiplinkan jajaran birokrasi dan menekankan bahwa tugas mereka memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat. kedua pendekatan kultural, pendekatan ini merupakan upaya untuk membudayakan disiplin di masyarakat (1483 kb)
Text Document Kementerian PU-Pera Luncurkan Cinop-SDA di UGM
Media Indonesia 28-01-2016 hal 26. Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat mengajak masyarakat dan lembaga pendidikan tinggi mendukung gerakan cinta operasi dan pemeliharaan sumber daya air. gerakan itu bertujuan mempercepat pemenuhan sumber daya manusia dan sumber daya air yang berkelanjutan (468 kb)
Text Document Sabo Dam Efektif Menahan Laju Material
Suara Merdeka 28-01-2016 hal 21. Kepala Pusat Studi Bencana UGM, Dr Djati Mardiatno SSi MSi mengatakan material merapi sudah jauh berkurang dibandingkan dulu. aktivitas penambangan membuat alur sungai yang menjadi tempat material semakin dalam. bahkan sejumlah lokasi sudah terlihat normal seperti ketika merapi belum erupsi (268 kb)
Text Document Sekolah Diimbau Segera Isi PDSS
Suara Merdeka 28-01-2016 hal 23. Koordinator Pokja Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Bamabang Hermanto mengimbau agar sekolah segera mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS). data itu diperlukan agar tahap verifikasi dapat segera dilakukan. seperti diketahui masa pengisian dan verifikasi PDSS berlangsung mulai 18 januari hingga 20 Februari 2016. (222 kb)
Text Document Menristek Cabut Pernyataan Pernyataan Soal LGBT
Harian Jogja 27-01-2016 hal 19. PPSKK UGM, Sri Purwatiningsih mengatakan ada beberapa responden yang menyampaikan tidak nyaman dengan keberadaan LGBT di sekitar mereka. Banyak pula yang beranggapan bahwa kelompok LGBT memerlukan kegiatan ceramah atau siraman rohani sehingga bisa sembuh atau kembali ke jalan yang benar. (396 kb)
Text Document Foto : SPAM
Harian Jogja 27-01-2016 hal 19. Botol dengan air siap minum dari sarana Water Fountain - Sistem Penyediaan Air Minum Kampus (SPAM) yang dipasang di gedung Grha Sabha Pramana, UGM. SPAM ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih bagi warga UGM. (555 kb)
Text Document Pusat Studi HKI UII Targetkan 100 Paten
Harian Jogja 27-01-2016 hal 19. Pusat studi hak kekayaan intelektual Universitas Islam Indonesia (HKI UII) menargetkan 100 hak paten pada 2016 ini. hingga kini pusat studi HKI UII ini baru menerima 17 berkas untuk dipatenkan (271 kb)
Text Document RI Mesti Dukung Petani Sendiri, Bukan Untungkan Petani Asing
Koran Jakarta 27-01-2016 hal 1. Guru Besar Fakultas Pertanian UGM, Masyhuri berpendapat jika pemerintah terus memelihara pejabat bermental pedagang impor pangan maka bukan tidak mustahil kurs rupiah akan bisa terus terdepresiasi seperti di mata uang zimbabwe. Di negara afrika itu 1 miliar dollar zimbabwe sama dengan harga satu butir telur. (936 kb)
Text Document Akreditasi Tentukan Kuota
Kompas 27-01-2016 hal 11. Sistem seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang menggunakan kuota berdasarkan akreditasi sekolah disambut baik oleh sekolah. hal ini memberikan kesempatan lebih besar bagi para siswa untuk diterima melalui jalur undangan (796 kb)
Text Document Strategi Revitalisasi KB Perlu Dirumuskan
Kompas 27-01-2016 hal 14. Prof Siswanto Agus Wilopo dari FK UGM mengatakan pemerintah perlu segera menentukan strategi memperkuat komitmen revitalisasi program keluarga berencana dan kependudukan. ini karena strategi tepat disertai anggaran memadai, kelembagaan kuat, dan sumber daya manusia kompeten menunjang kesuksesan program itu (239 kb)
Text Document Pembatasan Penggunaan Internet, Berbahaya
Kedaulatan Rakyat 27-01-2016 hal 9. Pengajar Ilmu Komunikasi Fisipol UGM, Wisnu Martha Adiputra berpendapat semestinya mendorong pemanfaatan internet untuk kreasi dan dilindungi. bukan malah sebaliknya. karena itu jelas menyedihkan di era kemerdekaan berpendapat berekspresi serta memperoleh hak informasi yang dilindungi UUD, tapi justru tidak terwujud malah ada kecenderungan makin dikurangi dengan regulasi-regulasi yang kurang tepat (661 kb)
Text Document Pelemahan KPK Tidak Tebendung
Koran Tempo 27-01-2016 hal 1. Menurut pengamat hukum tata negara, refly harun, poin membatasi penyadapan berpotensi kontraproduktif. KPK katanya selama ini justru berhasil mengungkapkan bahkan menangkap koruptor berkat kewenangan tesebut. begitu pula poin memberi wewenang kepada KPK untuk menghentikan penyidikan, juga akan membuka celah negosiasi kasus (633 kb)
Text Document Tambang Emas Banyuwangi Berisiko Tinggi
Koran Tempo 27-01-2016 hal 10. Riset Pusat Penelitian Politik dan Pemerintah UGM, Menunjukkan bahwa pertambangan emas di Banyuwangi, jawa timur, berisiko tinggi bagi masyarakat. pemerintah banyuwangi dianggap mengabaikan pengetahuan lokal masyarakat terhadap gunung tumpang pitu (498 kb)
Text Document Pare Berpotensi Obati Cacingan
Media Indonesia 27-01-2016 hal 13. Mahasiswa UGM meneliti buah pare untuk mengobati cacingan, dijelaskan bahwa buah, biji, dan daun pare telah diketahui mengandung daya antihelmintik. dalam penelitiannya, dibuat ekstrak pare dan mengujinya pada cacing gelang yang ada di ayam. (217 kb)
Text Document Dua Universitas Kerja Sama Bidang Akademik
Radar Jogja 27-01-2016 hal 2. Saitama University melakukan kerja sama dengan Fakultas Biologi UGM. mulai kerja sama penelitian, staff/student exchange, hingga program double degree. untuk double degree perlu ada pembicaraan lebih lanjut secara khusus. ini menyangkut regulasi pendidikan tinggi di kedua negara dan perlu memperjelas sistem transfer kredit perkuliahan (1059 kb)
Text Document Pemerintah dan DPR RI Lamban Merevisi
Radar Jogja 27-01-2016 hal 2. Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM Wisnu Martha Adiputra menilai pemerintah dan DPR RI dinilai lamban dalam proses revisi UU ITE. padahal, draft revisi UU tersebut sudah selesai dan diserahkan di DPR pada 2015. akibat belum adanya revisi UU tersebut, aktivitas bersosial media, termasuk memberikan kritikan berupa tulisan, gambar, dan gambar bergerak masih terancam kriminalisasi (486 kb)