Halaman Depan


Pencarian Berita


Berita Terbaru

         Nama Dokumen
Text Document Politisi Harus Berikan Pendidikan Politik
Bernas Jogja 27-05-2016 hal 5. Dosen ilmu pemerintahan dab politik UGM, Dr Cornelis Lay mengatakan kita tidak pernah bisa menghindar dari ketiganya (partai politik, parlemen, dan pemilu), meskipun bisa saja kita memusuhi, mencurigai, namun itu tidak mengubah apa-apa, demokrasi membutuhkan ketiganya (552 kb)
Text Document UGM Segera Bangun Lingkar Timur
Bernas Jogja 27-05-2016 hal 11. UGM akan memulai pembangunan jalur lingkar timur dalam waktu dekat sebagai salah satu upaya untuk menyediakan fasilitas yang lebih baik bagi civitas akademika serta masyarakat sekitar kampus (566 kb)
Text Document Berita Duka
Kedaulatan Rakyat 27-05-2016 hal 2. Segenap civitas Akademika Fakultas Pertanian UGM turut berduka cita atas wafatnya : Guru besar emeritus fakultas pertanian UGM, Prof. Dr. Ir. Haryono Semangun pada tanggal 27 mei 2016 di usia 86 tahun. semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan ketabahan (203 kb)
Text Document Kongres Pancasila
Kedaulatan Rakyat 27-05-2016 hal 12. Pusat studi pancasila UGM kembali akan menyelenggarakan kongres pancasila. kongres ke 8 pada 30 mei - 1 juni 2016 tersebut mengambil tema "reaktualisasi trisakti, untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa indonesia berdasarkan nilai-nilai pancasila" (743 kb)
Text Document Berita Duka
Kedaulatan Rakyat 27-05-2016 hal 2. Rektor beserta seluruh keluarga besar UGM turut berduka cita atas wafatnya : Guru besar emeritus fakultas pertanian UGM, Prof. Dr. Ir. Haryono Semangun pada tanggal 27 mei 2016 di usia 86 tahun. semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan ketabahan (154 kb)
Text Document Malioboro Banyak Dikeluhkan Wisatawan Justru Meningkat
Kedaulatan Rakyat 27-05-2016 hal 2. Tim dari Pusat studi pariwisata UGM dan dinas pariwisata dan kebudayan kota yogya pada acara mengukur kepuasan wisatawan kota yogya di tahun 2016 menilai hasil indeks kepuasa wisatawan menunjukkan angka rata-rata mencapai 72.58 tahun 2012, 76.52 pada tahun 2013, 76.77 tahun 2014 dan 79.65 pada tahun 2015 (190 kb)
Text Document Rumah Tradisional Yogya Kurangi Risiko Gempa
Koran Tempo 27-05-2016 hal 23. Kepala pusat studi bencana UGM, Djati Mardiatno berpendapat arsitektur rumah menentukan pengurangan risiko bencana karena korban jiwa mudah terjadi akibat bangunan yang rapuh. saat gempa bumi 2006, mayoritas korban di kawasan bantul meninggal dunia akibat terkena reruntuhan bangunan (405 kb)
Text Document Kampus Perlu Beri Pendidikan Politik
Suara Merdeka 27-05-2016 hal 23. Pakar pemerintahan UGM, Dr Cornelis Lay mengatakan proses demokrasi bisa berjalan baik apabila didukung keberadaan tiga institusi penting yakni partai politik, parlemen, dan pemilu. untuk menjadikan ketiga institusi tersebut lebih baik perlu proses pendidikan politik yang baik bagi aktivis partai. begitu pula pendidikan politik bagi pemilih dan calon pemilih (228 kb)
Text Document Memilih Beasiswa Jangan Sekadar Tergiur Uang
Harian Jogja 27-05-2016 hal 19. Alumnus jurusan akuntansi FEB UGM, jumadi musfa berpendapat mahasiswa perlu mencari terlebih dahulu kriteria beasiswa yang ditawarkan, kemudian pilih beasiswa yang memberikan nilai tambah laik kepada mahasiswa misalnya materi softskill dan jejaring pertemnan (257 kb)
Text Document Sibomat Mengubah Matematika Jadi Gampang dan Menyenangkan
Harian Jogja 26-05-2016 hal 1. dua mahasiswa UGM membuat alat peraga matematika yang disebut Sibomat. tujuannya membangun minat anak untuk belajar matematika secara lebih mudan dan menyenangkan. Sibomat merupakan boneka yang dibuat menyerupai bangun ruang dan bangun datar serta dilengkapi dengan rumus hitungan matematika (701 kb)
Text Document Budaya Jawa Percepat Rekonstruksi Bencana
Harian Jogja 26-05-2016 hal 19. Aris Sustiyono, koordinator risiko bencana DIY di Pusat Studi Bencana Alam UGM mengatakan prinsip pembangunan yang dianut tidak serta merta menghapus kearifan lokal yang sudah ada sebelumnya. peranan budaya jawa ini ada pada falsafah hidup yang dicetuskan sri sultan hamengku buwono 1 (235 kb)
Text Document Dishub Kota Jogja Kampanye Bung Slamat
Harian Jogja 26-05-2016 hal 19. Peneliti Pustral UGM, Lilik Wachid Budi Susilo mengatakan upaya meningkatkan animo masyarakat umum dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa hambatan penggunaan kendaraan pribadi, misalnya dengan menerapkan pemungutan biaya kemacetan bagi penggunan kendaraan pribadi saat memasuki kawasan kota (201 kb)
Text Document Perbaikan dari Hulu ke Hilir
Kompas 26-05-2016 hal 2. Pengajar Fakultas Hukum UGM, Eddy OS Hiarie menilai hakim harus menjadi penjabat negara bukan PNS agar dapat dikontrol perilakunya karena sebagai pejabat dia harus melaporkan harta kekayaan (493 kb)
Text Document Cetak Mahasiswa Kader Penyuluh Antinarkoba
Kedaulatan Rakyat 26-05-2016 hal 4. Direktur Kemahasiswaan UGM Dr Senawi mengatakan dalam memerangi bahaya narkoba di kampus, dibutuhkan koordinasi antarlembaga pendidikan guna mengefektifkan gerak. di yogyakarta telah terbentuk jaringan mahasiswa antarkampus terkait pencegahan bahaya narkoba bernama virus biru dan lembaga penyuluhan anti narkoba (LPAN) (323 kb)
Text Document Pemda DIY Usulkan Pencabutan 93 Perda
Kedaulatan Rakyat 26-05-2016 hal 7. Pakar hukum pemerintahan fakultas hukum UGM Oce Madril mengingatkan, eksekutif dan legislatif harus berhati-hati mencermati perda yang akan dicabut. sebab jika sudah dicabut, perda itu tidak punya kekuatan hukum lagi dan tidak mungkin pencabutan itu dianulir jika kemudian terdapat masalah baru (502 kb)
Text Document Sibomat, Belajar Matematika Menggunakan Boneka
Suara Merdeka 26-05-2016 hal 23. Mahasiswa UGM mengembangkan inovasi boneka edukasi yakni aksi boneka matematika atau disebut Sibomat. boneka yang didesain berbentuk hewan atau lainnya sesuai materi pembelajaran matematika siswa SD dengan memadukan unsur teknologi didalamnya. materi yang dimasukkan dalam boneka terkait bangun ruang, bangun datar dan satuan panjang seperti balok, tabung limas, prisma dan satuan panjang berbentuk dinosaurus (585 kb)
Text Document Harus Dilakukan Pemotongan Generasi
Republika 26-05-2016 hal 8. Eddy OS Hiariej Pakar hukum UGM mengatakan untuk melakukan reformasi bidang peradilan bukanlah perkara mudah. hal ini karena memang kondisi peradilan kita yang memprihantinkan. dalam penelitiannya tentang sistem rekrutmen dan karier dalam bidang peradilan, tidak hanya hakim, tapi juga polisi dan jaksa. hasilnya jika ingin jadi hakim, polisi, jaksa memang harus melalui tiga jalur yakni murni, titipan, dan bayar (644 kb)
Text Document Lembaga Penegak Hukum di Indonesia Bermasalah
Seputar Indonesia 26-05-2016 hal 1. adanya rentetan penangkapan hakim yang dilakukan KPK telah menegaskan bahwa kondisi lembaga penegak hukum di indoensia bermasalah. pakar hukum UGM, Eddy OS Hiariej berpendapat sistem potong generasi hakim cukup efektif untuk mengembalikan marwah peradilan yang terus terpuruk di mata masyarakat. (534 kb)
Text Document Sibomat Bikin Matematika Jadi Lebih Menyenangkan
Tribun Jogja 26-05-2016 hal 13. sejumlah mahasiswa UGM mengembangkan inovasi dengan membuat peraga untuk memahami matematika yang dinamakan Sibomat. sibomat adalah suatu produk boneka yang edukatif dan kreatif dan dilengkapi dengan rumus matematika seperti bangun ruang, bangun datar, dan satuan panjang. (539 kb)
Text Document Kebudayaan Jadi Modal Warga Yogya Bangkit
Tribun Jogja 26-05-2016 hal 14. PSBA UGM, Dr.Rer.Nat Djati Mardiatno, M.Si, mengatakan bahwa sebenarnya masyarakat yogya memiliki modal yang cukup kuat yaitu kebudayaan. warga yogyakarta harus kembali ke budaya jawa yang adiluhung. misalnya falsafah hidup hamemayu hayuning bawana sebagai bentuk hubungan yang harmonis (393 kb)
Text Document Pemimpin Perempuan Harus Visioner dan Inovatif
Bernas Jogja 25-05-2016 hal 11. Dalam seminar nasional kepemimpinan perempuan, guru besar UGM, Prof Dr Eni Harmayani mengatakan perempuan saat ini memiliki kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki untuk menjadi calon pemimpin. hal itu sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh RA Kartini ketika dahulu memperjuangkan emansipasi wanita indonesia (234 kb)
Text Document SDM Unggul, Perekonomian Pasti Maju
Harian Jogja 25-05-2016 hal 19. Guru besar ekonomi UGM, Prof Sri Adiningsih mengatakan meskipun jumlah pengangguran di indonesia sudah menurun, namun belum banyak andil memajukan sektor ekonomu di indonesia. faktor yang berperan memajukan sektor ekonomi yakni memajukan kualitas SDM, daya saing internasional, dan produktivitas nasional (263 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Bikin Aplikasi Pemetaan Krisis Pascagempa
Harian Jogja 25-05-2016 hal 19. Lima mahasiswa UGM mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android seismo sense melalui PKM-KC yang membantu mempermudah penanganan tanggap bencana gempa bumi. (894 kb)
Text Document Aplikasi Pemetaan Krisis Pascagempa
Kedaulatan Rakyat 25-05-2016 hal 9. lima mahasiswa fakultas teknik UGM mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android untuk mempermudah penanganan tanggap bencana yang diberi nama "seismo sense". aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk melaporkan informasi tentang jumlah korban, pengungsi dan kerusakan yang terjadi akibat gempa (538 kb)
Text Document Bakti Mahasiswa UGM
Kedaulatan Rakyat 25-05-2016 hal 10. Sejumlah mahasiswa fakultas farmasi UGM menggelar aneka bakti sosial di kawasan alun-alun selatan yogyakarta. kegiatan ini bertujuan memberi pencerahan kepada masyarakat luas terkait obat-obatan yang aman dan sehat. selain itu mahasiswa juga melayani konsultasi dan pemeriksaan kesehatan warga (418 kb)
Text Document Yogyakarta dan Indeks Kota Islami
Kedaulatan Rakyat 25-05-2016 hal 12. Agung SS Widodo, peneliti sosial-politik pusat studi pancasila UGM berpendapat untuk mempertahankan yogyakarta sebagai kota toleransi dan kota islami maka setidaknya hal yang harus dilakukan yakni menyosialisasikan kembali nilai-nilai agama-budaya sebagai indikator kearifan lokal sehingga mencegah munculnya tindakan radikal dan intoleran (852 kb)
Text Document Pancasila Sumber Tertib Ormas
Kedaulatan Rakyat 25-05-2016 hal 12. Syahrul Kirom Mphil, peneliti dan pascasarjana ilmu filsafat UGM berpendapat setiap kegiatan dari ormas harus memancarkan nilai-nilai pancasila. pancasila harus dijadikan pijakan dalam proses berorganisasi sebagai upaya benteng pertahanan untuk mencegah kekerasan sosial-politik (698 kb)
Text Document Presentasi di Sekolah Vokasi UGM
Koran Tempo 25-05-2016 hal 21. Di ulang tahun ke-13 MGM memiliki program "horizon Goes to School" yang digelar di Sekolah Vokasi UGM. tujuannya untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman secara langsung bagi pelajar di sekolah agar mereka mengerti dunia perhotelan (231 kb)
Text Document UGM Buat Aplikasi Pascabencana
Republika 25-05-2016 hal 5. Lima mahasiswa Fakultas Teknik UGM mengembangkan aplikasi berbasis android untuk mempermudah penanganan bencanan yang diberi nama Seismo Sense. aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat untuk melaporkan informasi tentang jumlah korban, pengungsi, dan kerusakan yang terjadi akibat gempa (232 kb)
Text Document Sarjana Harus Miliki Nilai Kebangsaan
Bernas Jogja 24-05-2016 hal 5. Seorang sarjana tidak hanya kompeten dalam bidang ilmunya. mereka juga harus memiliki nilai kebangsaan. Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof Ir Panut Mulyono mengatakan visi kami adalah melahirkan sarjana yang kompeten, berkarakter dan memiliki nilai kebangsaan yang tinggi (285 kb)
Text Document UGM Kirimkan 25 Wakil Pada ON-MIPA
Bernas Jogja 24-05-2016 hal 11. Sebanyak 25 mahasiswa UGM akan bertanding pada Olimpiade Nasional di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (ON-MIPA) yang berlangsung di jakarta pada 23-27 mei 2016. pada kompetisi ini para mahasiswa UGM membawa misi untuk mendulang perolehan medali yang lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya (187 kb)
Text Document Pemberitaan Media Mengkonstruksi Konflik
Bernas Jogja 24-05-2016 hal 5. dalam ujian promosi doktor program studi kajian budaya dan media, sekolah pascasarjana UGM, Afdal mengatakan pemberitaan konflik kepengurusan dalam tubuh pesepakbolaan indonesia ditengarai media massa mengkonstruksi konflik tersebut sebagai komoditas. media seolah-olah menciptakan dua kelompok yang saling berhadap-hadapan (293 kb)
Text Document Digelar Pelatihan Pendamping Desa
Bernas Jogja 24-05-2016 hal 11. Prof. Dr Gunawan Sumodiningrat, dewan pembina dashboard ekonomika kerakyatan mengatakan dashboard ekonomika kerakyatan mempunyai cita-cita menentukan kemanakah kita akan membangun desa yang kita tinggali. ekonomi mempunyai arti dapat membangun rumah tangga sendiri, masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan harus selalu happy (156 kb)
Text Document Scholars, govt differ on Marxism
Jakarta Post 24-05-2016 hal 2. Mukhtasar Syamsuddin, head of Gadjah Mada University school of philosophy said the government should ensure protection for any kind of event on campus, including events at respectable education centers in west java (619 kb)
Text Document Pemetaan Laut Penting Dilakukan
Kedaulatan Rakyat 24-05-2016 hal 8. survei dan pemetaan wilayah perairan laut penting dilakukan untuk mendukung ketahanan nasional. saat ini TNI angkatan laut terus melakukan updating pemetaan kondisi laut indonesia untuk menggali potensi-potensi wilayah perairan laut (194 kb)
Text Document Jangan Percaya Bocoran Soal dan Jawaban
Kedaulatan Rakyat 24-05-2016 hal 10. Menjelang ujian tulis (utul) SBMPTN 2016, panitia pusat SBMPTN mengingatkan kepada semua peserta ujian agar jangan percaya terhadap bocoran soal dan kunci jawaban dengan mengatasnamakan apapun. ujian tulis SBMPTN 2016 menggunakan 2 metode yakni tes berbasis kertas dan tes berbasis komputer (220 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Kembangkan Bluetooth Speaker Bahan Kayu
Kedaulatan Rakyat 24-05-2016 hal 13. Lima Mahasiswa UGM mengembangkan speaker kayu elegan dan multifungsi yang diberi nama WOOBS. selain mudah dibawa kemana-mana dan desain yang tidak menjemukan, WOOBS mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan. user dapat menggunakan MP3 mode, radio mode atau bahkan mengenbalikannya sebagai speaker biasa (tanpa bluetooth) dengan menggunakan kabel USB (428 kb)
Text Document Lesson Learn Sungai di Yogyakarta
Seputar Indonesia 24-05-2016 hal 1. GRSI di yogyakarta diinisiasi komunitas sungai, akademisi perguruan tinggi, kementerian terkait, dan satuan kerja perangkat daerah. setelah itu muncul gerakan masyarakat yang merencanakan dan melaksanakan aksi kerja bakti bersih sungai, merencanakan restorasi sungai, membuat masterplan pengelolaan sungai, menyelenggarakan pentas budaya sungai dan lainnya (612 kb)
Text Document Speaker Kekinian Berbahan Kayu Elegan
Seputar Indonesia 24-05-2016 hal 9. lima mahasiswa UGM mengembangkan Woody Bluetooth Speaker. WOOBS adalah speaker kayu berdesain elegan yang multifungsi. banyak fitur yang dapat dimanfaatkan misalnya dapat menggunakan MP3 mode, Radio mode, atau speaker biasa tanpa bluetooth dengan menggunakan kabel USB (395 kb)
Text Document Tidak Perlu Takut Diskusi Sejarah Kelam
Tribun Jogja 24-05-2016 hal 14. Ari Sujito dosen fisipol UGM mengatakan digelarnya acara diskusi dan screening film pulau buru tabah air beta adalah bukti mahasiswa berani menunjukkan bahwa apa yang dilakukan mereka adalah upaya untuk memperjuangkan kemerdekaan berpendapat (739 kb)
Text Document Minyak Serai dan Jeruk Purut Bunuh Jamur di Mulut
Tribun Jogja 24-05-2016 hal 15. lima mahasiswi UGM fakultas farmasi UGM membuat formula kombinasi antara minyak serai dan minyak jerut purut untuk mengobati penyakit akibat candida albicans. (504 kb)
Text Document Maritime dispute to be solved soon
Jakarta Post 23-05-2016 hal 2. Indonesia is optimistic that an outstanding maritime tussle with china will be resolved soon amid a prevailing impasse over most maritime disputes in the south china sea (SCS) (328 kb)
Text Document Pelayanan Daring untuk Efisiensi Anggaran
Kompas 23-05-2016 hal 2. Pengajar manajemen dan kebijakan publik UGM, Gabriel Lele mengatakan pemerintah harus siap menjalankan sistem daring. kompetensi dan kualitas SDM yang menjalankan sistem daring juga harus mendapat perhatian serius selain jangkauan jaringan internet nasional (288 kb)
Text Document Tenaga Medis Rawan Gugatan
Kompas 23-05-2016 hal 12. Ari Hernawan, ketua program magister hukum kesehatan UGM dalam seminar "perlindungan Hukum dan Tenaga Kesehatan Hewan dan Manusia" mengatakan karena banyak tudingan malpraktik, perlu perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan. kerja tenaga kesehatan terkait nyawa manusia dan rentan dituding bersalah saat gagal menyelamatkan pasien (642 kb)
Text Document Calon Dokter Pentaskan Cerita Ramayana
Kedaulatan Rakyat 23-05-2016 hal 1. Para mahasiswa yang tergabung dalam asian medical students association (AMSA-UGM) mementaskan cerita ramayana berjudul "Tatjala Bara Cinta Diredam Dendam" di audotorium FK UGM. selain pementasan ada juga sejumlah karya seni mahasiswa antara lain batik, topeng, dan karya fotografi. hasil penjualan tiket akan disumbangkan ke panti asuhan binaan AMSA UGM (316 kb)
Text Document Media dan Kekerasan Kolektif pada Perempuan
Kedaulatan Rakyat 23-05-2016 hal 12. Staf pengajar UGM, Dr Widodo Agus Setianto MSi berpendapat peran media menjadi sangat penting dalam memberi makna baru secara kultural. sehingga tercipta sebuah sistem nilai baru yang lebih ekual dan ramah terhadap perempuan (697 kb)
Text Document Reuni Berbalut Prestasi Olahraga
Kedaulatan Rakyat 23-05-2016 hal 24. Dua hari penyelenggaraan turnamen tenis kagama cup x-2016 menobatkan lima pasangan juara pada kategori berbeda. lima kategori pertandingan meliputi ganda putra prestasi, ganda putri prestasi, ganda putra kelompok umur (KU) 45 tahun, ganda putra KU-55 dan ganda putra KU-65. turnamen diikuti anggota Kagama dari berbagai daerah di Indonesia (1623 kb)
Text Document Teknologi Nano Perkuat Daya Saing Produk Indonesia
Republika 23-05-2016 hal 22. Dosen Kimia UGM, Indriana Kartini mengatakan banyak hal bisa dilakukan dengan teknologi nano. dalam seminar "pemanfaatan Kimia Material Untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia dalam MEA" dikatakan teknologi nano bisa digunakan untuk pembuatan kemasan makanan yang bisa sekaligus mendeteksi kualitas makanan, juga untuk pelapisan kain batik sehingga awet dan bersih tanpa dicuci dalam jangka panjang (531 kb)
Text Document Limbah Cangkang Telur Dibuat Jadi Obat Mag
Suara Merdeka 23-05-2016 hal 27. Mahasiswa UGM memanfaatkan limbah cangkang telur untuk mengobati asam lambung atau mag. dalam cangkang telur terdapat 97 persen kalsium karbonat. kalsium karbonat biasa digunakan sebagai antasida karena kemampuannya dalam menetralisir asam lambung (213 kb)
Text Document Jangan Sepelekan Gangguan Mata Refraktif
Minggu Pagi 22-05-2016 hal 4. Dokter spesialis mata Rumah Sakit UGM, dr Eva Revana mengatakan gangguan refraktif adalah kasus kesehatan mata yang sampai saat ini banyak terjadi pada anak. sehingga tidak mengherankan mereka sudah memakai kacamata meski usia masih kecil (925 kb)
Text Document Ritual Air Putih
Minggu Pagi 22-05-2016 hal 6. Isyana di PKKH UGM mengatakan minum air putih seperti ritual wajib yang harus dilakukan sebelum tampil di atas panggung. selain untuk mengurangi rasa grogi juga untuk menyegarkan tenggorokan sehingga bisa mengeluarkan suara secara maksimal saat bernyanyi (157 kb)
Text Document Orang Akan Jenuh pada Semua yang Serba Bebas
Tribun Jogja 22-05-2016 hal 14. Tepat pada hari buku nasional 17 mei, agus wahyudi memperkenalkan novel yang bertajuk "Fazan" kepada khalayak di Pusat studi kebudayaan UGM. didalamnya berkisah tentang sekelompok pemuda yang masuk ke lingkungan ponpes (pondok pesantren) dari berbagai latar belakang (471 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Bikin WOOBS Speaker Kayu Bluetooth
Harian Jogja 21-05-2016 hal 19. Lima Mahasiswa UGM mengembangkan speaker kayu elegan dan multifungsi yang diberi nama WOOBS. mereka mengembangkan produk ini melalui program kreativitas mahasiswa di bidang kewirausahaan (PKM-K) (276 kb)
Text Document Ujian Tulis SBMPTN Digelar 31 Mei
Kedaulatan Rakyat 21-05-2016 hal 10. Ujian Tulis SBMPTN 2016 akan digelar pada selasa 31 mei 2016 mendatang. sedangkan pendafaran secara online ujian tulis SBMPTN 2016 bakal ditutup 20 mei 2016. kepada siswa peserta agar tidak percaya pada bocoran soal dan jawaban SBMPTN (212 kb)
Text Document Cangkang Telur yang Dijadikan Obat Maag
Republika 21-05-2016 hal 4. lima mahasiswa UGM mengembangkan formula antisida atau penetralisir asam lambung berbahan cangkang telur melalui program krativitas mahasiswa bidang penelitian (PKM-P) UGM. dalam cangkang telur mengandung kalsium karbonat dalam jumlah besar yaitu sebanyak 97 persen (489 kb)
Text Document Pelestarian Shipwreck Boelongan Libatkan PT
Bernas Jogja 20-05-2016 hal 5. Dwi kurnia Sandy, Mahasiswa Departemen Arkeologi FIB UGM mengatakan shipwreck boeleongan yang berada di kawasan wisata bahari terpadu teluk mandeh memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata selam unggulan dunia (307 kb)
Text Document UGM-BNPB Pasang EWS di 14 Daerah
Bernas Jogja 20-05-2016 hal 11. UGM dan BNPB kembali melakukan kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana tanah longsor. kerja sama itu diwujudkan dengan pemasangan alat deteksi dini bencana longsor EWS di 14 daerah rawan longsor di Indonesia (185 kb)
Text Document Tim EDP Belajar Proses Produksi Koran
Harian Jogja 20-05-2016 hal 19. Sejumlah tim peneliti serta tim media komunikasi EDP pusat kedokteran tropis UGM mengunjungi Griya Harian Jogja. kedatangan tim EDP untuk mengetahui proses peliputan, editing hingga tata letak koran harian jogja (296 kb)
Text Document UGM-BNPB Pasang EWS Longsor di 14 Daerah
Harian Jogja 20-05-2016 hal 19. UGM dan BNPB kembali melakukan kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana tanah longsor dalam bentuk pemasangan alat deteksi dini bencana longsor di 14 daerah rawan longsor di Indonesia (225 kb)
Text Document Peserta SBMPTN Capai 620.000
Harian Jogja 20-05-2016 hal 19. menjelang hari terakhir pendaftaran SBMPTN 2016, peserta yang telah mendaftar mencapai 620.000 orang. ketua umum SBMPTN 2016 masih terus menunggu peserta untuk mendaftarkan diri mereka. (208 kb)
Text Document Diluncurkan Laboratorium Riset Terpadu
Kedaulatan Rakyat 20-05-2016 hal 9. Untuk mendukung kualitas penelitian dosen dan mahasiswa, FK UGM meluncurkan laboratorium riset terpadu. laboratorium ini menyediakan fasilitas riset yang standar internasional dengan sistem terintegrasi (268 kb)
Text Document Lebih Separuh Penduduk Dunia Tinggal di Perkotaan
Suara Merdeka 20-05-2016 hal 22. Guru Besar Sosiologi, Prof Dr Sunyoto Usman menegaskan, pengembangan kota inklusif membutuhkan kapasitas warga dan jejaring sama. warga harus memperoleh pengetahuan yang cukup dan kesadaran yang tinggi tentang manfaat dan peran infrastruktur permukiman, sarana trasportasi, energi, air bersih, sanitasi lingkungan dan telekomunikasi (303 kb)
Text Document EWS Dipasang di 14 Daerah
Suara Merdeka 20-05-2016 hal 27. sejumlah daerah rawan longsor mendapat bantuan alat EWS. alat itu hasil kerja sama UGM dan BNPB. alat dipasang di 14 daerah rawan longsor Indonesia. Wakil rektor bidang kerja sama dan alumni UGM, Dr Paripurna P, mengatakan kerja sama tidak hanya untuk melakukan pemasangan sistem peringatan dini di lokasi rentan gerakan tanah saja, hal lain yakni upaya peningkatan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat di daerah rawan gerakan tanah untuk mewujudkan desa tangguh bencana (153 kb)
Text Document Gadjah Mada Tourism Fair ke-4
Tribun Jogja 20-05-2016 hal 9. FIB UGM menggelar GMTF ke -4 tahun 2016. acara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 20-22 mei di plaza pasar ngasem, tamansari, yogyakarta. kegiatan ini dapat diikuti siapa saja dan tidak dipungut tiket masuk (126 kb)
Text Document UGM-BNPB Pasang EWS di 14 Daerah Rawan Longsor
Tribun Jogja 20-05-2016 hal 14. Untuk mengurangi indeks risiko bencana, UGM dan BNPB kembali melakukan kerja sama penanggulangan bencana tanah longsor. hal itu dilakukan dengan pemasangan alat deteksi dini bencana longsor di 14 daerah rawan longsor di Indonesia (376 kb)
Text Document Rektorat - Mahasiswa Bahas SK Penyesuaian UKT
Bernas Jogja 19-05-2016 hal 11. Pimpinan universitas mengadakan dialog bersama mahasiswa untuk membahas dua rancangan SK Rektor terkait penyesuaian UKT di University Club UGM. hal-hal yang dibicarakan dalam pertemuan ini diantaranya mengenai tenggat waktu pengajuan penurunan UKT, penjelasan mengenai RKAT, serta rasionalisasi besaran kenaikan UKT (249 kb)
Text Document UGM Wisuda 1.781 Lulusan
Bernas Jogja 19-05-2016 hal 11. UGM mewisuda 1.781 orang lulusan program sarjana dan diploma, terdiri dari 1.455 sarjana dan 326 diploma. masa studi rata-rata untuk lulusan program sarjana adalah 4 tahun 5 bulan, sedangkan untuk jenjang diploma 3 tahun 0 bulan (185 kb)
Text Document Bad loans haunt Indonesian banks
Jakarta Post 19-05-2016 hal 13. Gadjah Mada University economist Tony Prasetiono, saying that the banking industry could pin its hopes on the country"s gradual economic improvement if the government could maintain stable macroeconomic indicators, especially exchange rates (709 kb)
Text Document Tidak Ada Ruang Kritis
Kedaulatan Rakyat 19-05-2016 hal 1. Sosiolog UGM Prof Dr Sunyoto Usman mengatakan ada tidaknya partai golkar dalam koalisi merah putih tidak mempengaruhi kekuatan KMP, karena memang sejak awal KMP sudah tidak bertaji. Dengan popularitas jokowi yang stabil, praktis tidak ada celah yang bisa dikritisi oleh oposisi (185 kb)
Text Document Pengembangan Objek Perlu Akomodir Kebutuhan
Kedaulatan Rakyat 19-05-2016 hal 9. Dalam ujian terbuka promosi doktor di sekolah pascasarjana UGM, Rahmat ingkadijaya mengatakan jenis aktivitas wisata yang paling banyak dipilih keluarga meliputi aktivitas wisata alam, wisata budaya dan wisata khusus. maka dari itu pengembangan objek wisata perlu mengakomodir kebutuhan keluarga (212 kb)
Text Document Lulusan UGM Harus Membangun Peradaban
Kedaulatan Rakyat 19-05-2016 hal 10. UGM mewisuda 1.781 lulusan terdiri dari 1.455 sarjana dan 326 Diploma. IPK rata-rata lulusan sarjana dalam wisuda kali ini 3.37 dan untuk jenjang diploma III 3.38. rektor UGM mengatakan para wisudawan merupakan putra-putri terbaik bangsa. kelulusan ini awal dari perjalanan panjang, baik dalam studi lanjut maupun di dunia kerja (160 kb)
Text Document Ponsel Android pun Berbahasa Jawa
Kedaulatan Rakyat 19-05-2016 hal 13. Google mengumumkan bahwa project unison akan bekerja sama dengan FIB UGM dalam mengumpulkan rekaman tuturan bahasa jawa. proyek ini untuk membuat model bahasa yang lebih baik bagi orang indonesia yang menggunakan produk-produk google (174 kb)
Text Document Tersinggung, Juru Parkir Usir Bus Pariwisata
Radar Jogja 19-05-2016 hal 1. Dosen sosiologi UGM mengatakan jogjakarta masih sangat berorientasi dengan budaya keraton dan ini bagus. idealisme budaya inilah yang perlu dijaga dan dikuatkan. meski tak memungkiri sekarang mulai terkikis dengan masuknya budaya luar (341 kb)
Text Document Pencarian Sosial Motif Wisata Keluarga
Bernas Jogja 19-05-2016 hal 5. Dalam ujian terbuka promosi doktor di sekolah pascasarjana UGM, Rahmat Ingkadijaya mengatakan sekitar 46 persen responden mengatakan pelarian sebagai motif bagi keluarga untuk berwisata. sedangkan 36 persen mengatakan motif pencarian sosial sebagai alasan mereka melakukan kegiatan wisata (401 kb)
Text Document UGM Juara 2 Kompetisi Kasus Strategi Bisnis
Bernas Jogja 19-05-2016 hal 11. Mahasiswa FEB UGM yang tergabung dalam tim Doa Mama berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi 5th NSCC 2016. NSCC diadakan oleh organisasi StudentxCEO Chapter Jakarta bekerja sama dengan salah satu perusahaan konsultasi bisnis indonesia yaitu SKHA Consulting. kompetisi ini diikuti sebanyak 180 tim mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia (492 kb)
Text Document Pendaftar PBT SBMPTN 26.301
Bernas Jogja 19-05-2016 hal 5. jumlah pendaftar SBMPTN 2016 untuk Panlok 46 dengan metode PBT hingga selasa pukul 06.00 telah mencapai 26.301 orang calon mahasiswa. jumlah tersebut dengan perincian untuk saintek (UGM) berjumlah 11.151 orang, soshum (UPN dan UNY) mencapai 12.692 dan campuran (UIN) sejumlah 2.458. (160 kb)
Text Document FK Dorong Kegiatan Penelitian
Bernas Jogja 18-05-2016 hal 11. FK UGM mengadakan selebrasi kegiatan penelitian ilmiah berupa "Health Research Expo (HRE) I" yang akan berlangsung selama 1 bulan penuh pada 17 mei - 17 juni 2016. Dalam pameran ini akan ditampilkan seluruh proyek penelitian yang dilakukan dalam waktu 1 tahun terakhir, melalui buku abstrak, poster expo, serta seminar ilmiah (174 kb)
Text Document UGM Terima Tim Visitasi JICA
Bernas Jogja 18-05-2016 hal 11. Badan kerja sama internasional jepang yaitu japan international cooperation agency (JICA) melakukan visitasi ke UGM. kunjungan tersebut dilakukan tim JICA untuk mengklarifikasi dan memverifikasi substansi rencana pengembangan infrastruktur UGM yang tertuang dalam Gereen Book UGM 2016 (152 kb)
Text Document Mahasiswa UGM Bentuk Kader Peduli Torch
Bernas Jogja 18-05-2016 hal 11. Beberapa mahasiswa UGM membentuk dan melatih kader yang akan mensosialisasikan berbagai hal mengenai TORCH kepada masyarakat, khususnya terkait langkah-langkah pencegahan infeksi TORCH. sehingga masyarakat paham dan mampu mencegah terjadinya infeksi TORCH pada ibu hamil sehingga kesehatan ibu dan anak akan meningkat (172 kb)
Text Document Relokasi Pedagang Bonbin Hanya Sementara
Harian Jogja 18-05-2016 hal 19. Kepala Humas dan Protokol UGM Iva Ariani mengatakan, pemindahan atau relokasi pedagang kantin ke Pusat Jajanan Lembah hanya berlangsung sementara dan tidak permanen (113 kb)
Text Document Kabinet Presidensial
Kompas 18-05-2016 hal 7. Miftah Thoha, Guru Besar Ilmu Administrasi Publik UGM berpendapat, dalam pemerintahan demokrasi, kehidupan partai politik merupakan ciri tersendiri dari suatu pemerintahan. Di indonesia kabinet presidensial yang dibentuk untuk melaksanakan suatu pemerintahan yang demokratis menghadapi suatu kenyataan terhadap tumbuh suburnya banyak partai politik. keadaan ini membawa konsekuensi kabinet presidensial murni tidak lagi murni (619 kb)
Text Document UII vs UGM Awali LPI DIY
Kedaulatan Rakyat 18-05-2016 hal 2. Tim UII dan UGM tampil mengawali kompetisi liga pendidikan indonesia (LPI) 2016 DIY untuk kategori mahasiswa di stadion UNY. pertandingan digelar menggunakan sistem gugur (205 kb)
Text Document Pendaftaran SBMPTN Ditutup Jumat Ini
Kedaulatan Rakyat 18-05-2016 hal 10. Masa pendaftaran secara online ujian tulis SBMPTN 2016 berakhir atau ditutup jumat ini. panitia mengingatkan seluruh siswa yang hendak mendaftar sebagai peserta ujian tulis SBMPTN agar segera mendaftar dan mencetak kartu tanda pesertanya (192 kb)
Text Document Kebijakan UKT Harus Dievaluasi
Kedaulatan Rakyat 18-05-2016 hal 18. Pemerintah diminta segera melakukan evaluasi terhadap kebijakan UKT yang akhir-akhir ini mendapat reaksi keras dari kalangan mahasiswa dan dosen. dikhawatirkan jika tidak ada evaluasi dan tidak ada penjelasan yang transparan akan berdampak terhadap proses belajar mengajar di kampus (781 kb)
Text Document Desa Kewalahan Pertahankan Jalur Hijau
Kedaulatan Rakyat 18-05-2016 hal 10. Dosen Departemen Arsitektur dan Perencanaan UGM, Ir Ikaputra MEng PhD, berpendapat sebagai kawasan penyangga bagi kota yogya dan bantul maka ruang terbuka hijau sebagai area resapan air di kabupaten sleman harus diperbanyak. setiap bangunan tinggi yang akan didirikan harus menyediakan minimal 50 persen ruang terbuka hijau (422 kb)
Text Document Gandeng Peneliti UGM Setelah Temukan Bebatuan
Radar Jogja 18-05-2016 hal 2. Pemkab Magelang menggandeng peneliti dari UGM. kerja sama ini menyikapi temuan bebatuan yang diduga merupakan situs peninggalan nenek moyang. warga menemukan bebatuan kuno di dusun gendungan, kalibening, dukun. benda-benda yang ditemukan berupa sisa-sisa bangunan candi, pemukiman dan kandang kuda (286 kb)
Text Document FIB UGM Gelar Gadjah Mada Tourism Fair ke-4
Tribun Jogja 18-05-2016 hal 9. Himpunan mahasiswa pariwisata S1 FIB UGM, menggelar GMTF ke-4 tahun 2016. tema nya "crafootik atau craft and food in batik, kegiatan ini dapat diikuti siapa saja dan tidak dipungut biaya. nantinya akan dimeriahkan oleh 30 kerajian tangan dan makanan yang berbeda-beda, band lokal jogja, penampilan catwalk, pameran fotografi, dan workshop membatik (131 kb)
Text Document FK UGM Gelar Selebrasi Penelitian Ilmiah
Tribun Jogja 18-05-2016 hal 9. FK UGM menggelar selebrasi kegiatan penelitian ilmiah bertajuk " Health Research Expo (HRE) I ", yang bertepatan dengan peringatan hari buku nasional. kegiatan ini akan menampilkan seluruh proyek penelitian yang dilakukan dalam waktu 1 tahun terakhir, melalui buku abstrak, poster expo, serta seminar ilmiah (940 kb)
Text Document Pendidikan Seksual Jangan Dianggap Tabu
Bernas Jogja 17-05-2016 hal 9. Suprapto, Kriminolog UGM mengatakan lembaga pendidikan atau orang tua jangan menganggap tabu pemberian pendidikan seksual bagi anak mengingat munculnya kasus kekerasan seksual yang dilakukan anak di bawah umur (199 kb)
Text Document Digelar Bedah Buku Ekowisata Tri Ning Tri
Bernas Jogja 17-05-2016 hal 11. Dalam Bedah buku yang berjudul Dinamika Ekowisata Tri Ning Tri di Puspar UGM, dijelaskan ekowisata di bali yang menunjukkan kecenderungan berpola tiga ini tak lepas dari kegemaran masyarakat bali dalam mengkonseptualisasikan gagasan dan kearifan lokalnya dengan rumusan berpola tiga (149 kb)
Text Document Ulang Tahun Generasi Muda Penjaga Tradisi Luhur Bangsa
Bernas Jogja 17-05-2016 hal 9. Pementasan fragmen "Sinta Obong, Mengarungi Waktu Menjaga Kemurnian" yang digelar minggu malam, di gelanggang mahasiswa UGM. Ratusan mahasiswa dan pecinta seni tradisi memadati hall gelanggang saat pertunjukan tari tradisional dan fragmen dalam rangka hari jadi unit kegiatan mahasiswa swagayugama yang ke-48 (478 kb)
Text Document Alih Fungsi Lahan Capai 27 Persen
Bernas Jogja 17-05-2016 hal 11. Dosen Fakultas Geografi UGM, Bowo Susilo saat ujian promosi doktor mengatakan dinamika penggunaan lahan merupakan kajian penting karena berkaitan dengan beragam aspek mendasar dalam kehidupan manusia. kajian pun dilakukan dengan beragam cara dan dengan sudut pandang dan fokus yang berbeda (391 kb)
Text Document UGM Jamin Uang Kuliah Tak Naik
Harian Jogja 17-05-2016 hal 19. Rektor UGM Prof Dwikorita Karnawati memastikan tidak akan ada kenaikan biaya UKT bagi mahasiswa baru angkatan 2016/2017. jumlah besaran UKT di UGM bahkan sudah dapat diketahui oleh calon mahasiswa baru UGM sebelum pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2016 (255 kb)
Text Document Mobilitas Antaruniversitas
Kompas 17-05-2016 hal 7. Fuad Rakhman dosen fakultas ekonomi dan bisnis UGM berpendapat pemerintah perlu menciptakan kebijakan agar dosen bisa dengan mudah berpindah dari universitas satu ke universitas lainnya. secara teori keahlian dosen bisa terdistribusi lebih optimal dan dinamis bila institusi diberi ruang untuk merekrut dosen dari universitas lain (446 kb)
Text Document Seleksi Diperketat, Perguruan Tinggi Dilibatkan
Kompas 17-05-2016 hal 18. pengajar dari UGM, Arie Sudjito berpandangan, pendaftaran daring dan perlibatan perguruan tinggi akan mengurangi distorsi yang mungkin terjadi. sebab proses rekrutmen sebelumnya dianggap tidak transparan. agar lebih transparan nilai setiap pendaftar perlu dibuka kepada publik (454 kb)
Text Document Edukasi Kesehatan Balita
Kedaulatan Rakyat 17-05-2016 hal 10. menyambut datangnya bulan ramadan 1437H, dompet dhuafa jogja mengadakan seminar kesehatan bertajuk "anak gemuk menggemaskan atau mencemaskan?". seminar ini akan menghadirkan dr endy paryanto dari divisi nutrisi dan penyakit metabolik depatemen anak fakultas kedokteran UGM RSUP Dr Sardjito dan Dr Indria Laksmi Gamayanti, psikolog bagian ilmu kesehatan anak RSUP Dr Sardjito fakultas kedokteran UGM (176 kb)
Text Document UKT UGM Diumumkan Lebih Awal
Kedaulatan Rakyat 17-05-2016 hal 12. UGM mengumumkan besaran uang kuliah tunggal lebih awal, sebelum pengumuman SNMPTN. hal ini untuk memberi gambaran lebih awal bagi calon mahasiswa yang diterima di UGM perihal besaran UKT (184 kb)
Text Document UGM Inisiatif Langsung Tetapkan UKT
Seputar Indonesia 17-05-2016 hal 13. UGM telah berinisiatif menetapkan uang kuliah tunggal (UKT) sejak awal, meskipun kemenristekdikti belum menetapkan biaya kuliah tunggal (BKT). hal tersebut dilakukan dalam memberi rasa adil bagi para calon mahasiswa UGM (369 kb)
Text Document Uang Kuliah Tunggal Sesuai Kemampuan Orang Tua
Suara Merdeka 17-05-2016 hal 27. UKT yang berlaku di UGM menyesuaikan kemampuan orang tua masing-masing mahasiswa. bahkan ada yang UKT nol rupiah karena orang tua mahasiswa benar-benar tidak mampu. di atas nol rupiah, ada pula yang hanya 500 ribu - 1 juta setiap semester (715 kb)
Text Document Rektor UGM Sampaikan 7 Poin soal UKT
Tribun Jogja 17-05-2016 hal 14. Rektor UGM sampaikan 7 poin mengenai UKT, yakni pertama UKT tahun ini tidak naik, kedua penetapan UKT berdasarkan ekonomi keluarga, ketiga besar UKT setalah semester 8 adalah 50 persen, keempat penyesuaian UKT baik penurunan maupun kenaikan bersifat sementara maupun permanen, kelima terkait biaya pendidikan profesi saat ini masih dalam pembahasan, keenam untuk UKT 3 S1 biologi sekitar 4,5 juta dan D4 kebidanan sekitar 8,5 juta, ketujuh terkait beasiswa PPA dan BBP-PPA sedang diupayakan ada mulai semester 1 tahun akademik 2016/2017 dalam jumlah terbatas sesuai kemampuan finansial universitas (341 kb)