Fakultas Biologi


Dekan
Dr. Retno Peni Sancayaningsih, M.Sc.
Wakil Dekan Bidang Akademik:
Drs. Langkah Sembiring, M.Sc., Ph.D.
Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum:
Dra. Mulyati Sarto, M.Si.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Riset:
Dra. Endang Semiarti, M.S., M.Sc., D.Sc.
Ketua Senat Fakultas:
Prof. Drs. Jusup Subagja, M.Sc., Ph.D.

Introduction

Biologi sebagai ilmu dasar berupaya mengungkap fenomena alam dalam memahami dan memanfaatkan keanekaragaman dan kemampuan hayati, serta meningkatkan produktivitasnya dalam upaya memenuhi keperluan dasar manusia dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

Sebagai ilmu dasar, biologi mempunyai struktur dan konsep-konsep dasar yang telah berkembang pesat dan digunakan untuk pengembangan dan berperan dalam menunjang kemajuan ilmu yang terkait dengan sistem hayati. Mengingat peran dan tuntutan kemajuan ilmu-ilmu yang terkait tersebut, serta tujuan pendidikan, Program Studi Biologi untuk Strata- 1 telah melakukan pengembangan kurikulum yang disesuaikan dan diselaraskan dengan kemajuan ilmu, tuntutan kebutuhan masyarakat dan negara. Di era otonomi perguruan tinggi, pengembangan kurikulum baru telah dilakukan berdasarkan pendekatan kompetensi Program Studi Biologi dengan mengaeu Surat Kep Mendiknas No.: 232/U/2001 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar serta Keputusan Mendiknas No.: 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Kurikulum baru tersebut mcrupakan pengembangan Kurikulum 2002 yang telah diberlakukan pada mahasiswa angkatan tahun akademik 2001/2002.

Menjadi fakultas dengan program studi yang unggul, sebagai pusat pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang biologi

Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai institusi pendidikan tinggi bertujuan menghasilkan sarjana biologi yang berkualitas dengan bekal pengetahuan biologi moderen yang sesuai dengan perannya dalam biodiversitas dan bioteknologi, seperti biosistematik dan evolusi, biologi perkembangan, biologi sel dan molecular, biologi mikrobia, dan biologi lingkungan. Fakultas Biologi UGM telah memiliki alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air pada berbagai bidang profesi, baik sebagai pengajar maupun peneliti di berbagai perguruan tinggi maupun lembaga penelitian serta sebagai staf ahli di berbagai instansi pemerintah, dan industri milik pemerintah atau swasta. Hal tersebut membuktikan bahwa ahli Biologi diperlukan dan mempunyai peran dalam pembangunan.

Visi & Misi

Visi
Sebagai unit kerja Universitas Gadjah Mada, Program Studi Biologi UGM mempunyai visi sesuai dengan visi Universitas Gadjah Mada. Visi Program Studi Biologi menjadi fakultas dengan program studi yang unggul, sebagai pusat pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang biologi, khususnya biologi tropika serta menghasilkan lulusan berkualitas dengan moral dan integritas tinggi terhadap kepentingan nasional.

Misi
1. Menghasilkan Sarjana Biologi yang:
* Memiliki landasan kepribadian dengan pandangan luas dan bersikap terbuka terhadap perubahan; memiliki etika kerjal dedikasil dan komitmen yang tinggi.
* Menguasai ilmu dan ketrampilan di bidang biologi dengan melakukan pengamatan, identifikasi dan analisis sederhana, menerapkan, mengembangkan, dan rriensintesiskan ilmu biologi dengan bidang ilmu lain, dan merumuskan permasalahan dengan kritis.
* Memiliki kemampuan berkarya serta sikap dan perilaku berkarya berdasarkan kaidah dan ketrampilan di bidang biologi.
* Memiliki pemahaman tentang kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahliannya.
2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas di bidang biologi.
3. Menyelenggarakan perkuliahan dan praktikum di bidang biologi bagi berbagai program studi di lingkungan Universitas Gadjah Mada.
4. Memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang biologi dan penerapannya.
5. Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain, lembaga pemerintah, swasta, dan industri (baik di dalam negeri maupun luar negeri) untuk mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi.

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan (Sarjana Sains) yang memiliki kompetensi atau kualifikasi kemampuan sebagai berikut:

Secara umum
1. Berjiwa Pancasila, memiliki integritas dan motivasi tinggi, mempunyai pandangan luas dan bersikap terbuka terhadap perubahan, memiliki prakarsa untuk membuka jalan menuju kemajuan ilmu dan teknologi.
2. Memiliki etika kerja, dedikasi, dan komitmen yang tinggi

Secara akademik
1. Menguasai konsep dasar dan metodologi biologi, sehingga mampu melakukan observasi dan analisis fenomena sederhana serta mampu menerapkan ilmu dalam kegiatan produktif dalam pelayanan kepada masyarakat.
2. Mengerti peran dan mengikuti kegiatan perkembangan ilmu melalui penelitian.
3. Mampu mengantisipasi permasalahan dan mencari cara penyelesaian suatu masalah yang berkaitan dengan biologi pada masyarakat di bidang keahliannya.
4. Mampu mengembangkan ilmu biologi da-n mensintesiskan dengan bidang ilmu terkait.
5. Mampu mengabdikan ilmunya bagi pembangunan bangsa, dengan mengembangkan dan mengarahkan pemanfaatan sumber daya alam hayati Indonesia yang berdayaguna dan berhasilguna dengan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

Jurusan/Program Studi & Gelar Kesarjanaan

Program Studi: Biologi
Gelar kesarjanaan: Sarjana Sains (S.Si.)

Fasilitas

Fakultas Biologi Universitas Cadjah Mada dilengkapi berbagai fasilitas termasuk fasilitas praktis yang dapat membantu mahasiswa dalam praktek, baik di laboratorium maupun di lapangan, schingga memungkinkan mereka mudah menyerap segala proses pembelajaran yang diselenggarakan. Fasilitas penting yang ada meliputi Gedung Administrasi yang dilengkapi dengan ruang seminar atau ruang pertemuan; Gedung Perkuliahan termasuk ruang dosen, ruang kuliah, laboratorium untuk pendidikan dan penclitian; perpustakaan, rumah kaca, dan Kebun Percobaan Pengembangan Ulat Sutera yang terletak di Sawitsari, Kebun Biologi serta Museum Biologi yang terletak di jalan Sultan Agung Jogyakarta. Perpustakaan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, terdiri dari beberapa ruang, meliputi ruang baca, ruang untuk koleksi textbook, presiding seminar, laporan penelitian, skripsi, jurnal atau buletin maupun surat kabar. Selain itu, juga dilengkapi dengan mesin fotokopi dan CD-ROM.

Kerjasama

Fakultas Biologi UGM telah menjalin kerjasama baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai instansi dan lembaga, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kerjasama dengan lembaga di dalam negeri:
1. Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi, LIPI Bogor
2. Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Padi (BALITPA), Sukamandi
3. Badan Pengembangan Penelitian dan Teknologi (BPPT), Jakarta
4. Berbagai lembaga penelitian milik pemerintah, antara lain Balai Penclitian Perikanan Laut
* Condol Bali; Taman Nasional Bali Barat; Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
* Cipanas; Badan Penelitian Bioteknologi Tanaman Pangan Bogor untuk kerja praktek dan penelitian skripsi.
5. Berbagai lembaga swasta dan industri untuk kerja praktek dan penelitian skripsi.

Kerjasama dengan Lembaga di luar negeri, antara lain:
1. International Association for Wildsilkmoths and Silk, Hieraki, Tokyo Japan.
2. Division of Wildlife and Ecology, CSIRO Australia.
3. Department of Ecology and Behavioral Biology, College of Biological Sciences, University of Minnesota USA.
4. Division of Biological Science, Graduate School of Science, Laboratory of Plant molecular Science, Nagoya University, japan

Kurikulum

Program Studi : Biologi
Jumlah sks yang ditempuh: 144 sks (minimal)
Lama waktu studi: Delapan semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari delapan semester, selama-lamanya 14 (empatbelas)semester
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK') : 2,00 (minimal)

Kompetensi Pendidikan

Menghasilkan lulusan (Sarjana sains) yang memiliki kompetensi dengan:
1. Landasan kepribadian: mempunyai pandangan luas dan bersikap terbuka terhadap perubahan serta memiliki etika kerja, dedikasi, dan komitmen yang tinggi
2. Penguasaan ilmu dan ketrampilan: mainpu melakukan observasi, mengidentifikasi dan analisis sederhana, mampu menerapkan, mengembangkan konsep biologi, dan mensintesiskannya dengan bidang ilmu terkait serta merumuskan permasalahan dengan kritis.
3. Kemampuan berkarya: mampu menjalankan tugas yang terkait dengan biologi, mengerti peran dan mengikuti kegiatan perkembangan ilmu melalui penelitian pada kegiatan produktif dalam pelayanan masyarakat, mampu menyiapkan, memproses, dan menginterpretasikan hasil kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan konsep biologi menggunakan teknik yang tepat.
4. Sikap dan perilaku dalam berkarya berdasarkan ilmu biologi dan ketrampilan yang dimiliki: mampu mengantisipasi permasalahan dan mencari cara penyelesaian suatu masalah yang berkaitan dengan biologi pada masyarakat di bidang keahliannya.
5. Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya: mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada, memperhatikan dan dapat menghargai pandangan dan pendapat suatu anggota tim.

Alamat: Jl. Teknika Selatan, Jogjakarta 55281
Telepon: (0274) 902350, 902351, 902354, 580839
Fax.: (0274) 580589, Email: biologi-ugm@ugm.ac.id