Program Sarjana Matematika di Universitas Gadjah Mada (singkatnya: UP-Math) secara resmi didirikan berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 53759 / Kab, 19 September 1955, sebagai program pertama di The Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (singkatnya: FMNS). UP-Math berada dalam koordinasi Departemen Matematika.

Dalam menjalankan program, UP-Math telah merumuskan tujuan program, Hasil Belajar yang Diharapkan (ELO), kurikulum, dan metode penilaian untuk mengevaluasi pencapaian ELO. Formulasi tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no. 44/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, rekomendasi oleh CUPM, IndoMS, Laporan SIAM tentang Matematika dalam Industri 2012, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232 / U / 2000 dan 045 / U / 2002, saran yang diberikan oleh alumni dan pemangku kepentingan, hasil pembandingan dari beberapa program sarjana di universitas matematika di luar negeri dan beberapa program sarjana di universitas Indonesia, dokumen akreditasi nasional pendidikan tinggi (BAN PT), dokumen AUN, dan dokumen ASIIN (Badan Akreditasi di Eropa).

Keunggulan

Program Studi Matematika dan Ilmu Komputer menghasilkan lulusan Sarjana Matematika yang unggul di bidang matematika teori dan mampu menerapkan pada beberapa permasalahan terkait persamaan diferensial dan optimisasi. Selain itu para lulusan juga dididik untuk adaptif serta mampu melanjutkan studi pada bidang matematika maupun bidang lain yang terkait dan mampu mengikuti perkembangan IPTEK, literate dalam TI, terampil dalam komputasi matematika, serta memiliki rasa tanggung-jawab, kepercayaan diri, kematangan emosi, etika dan kepribadian sebagai pembelajar sepanjang hayat (lifelong learner).

Lulusan Program Studi Matematika memiliki kemampuan logical thinking yang kuat dan mempunyai kemampuan adaptif yang kuat. Kemampuan matematika dilengkapi dengan kemampuan pemodelan matematika dan dasar Teknologi Informasi.

Mahasiswa Program Studi Matematika mempelajari pembelajaran dasar etika dan kewarganegaraan serta fondasi pengetahuan untuk pengembangan matematika maupun dasar aplikasi pada bidang lain dan permasalahan nyata yang dilengkapi dengan ketrampilan di bidang teknologi informasi.

Prospek Karir

Mengingat ilmu matematika yang sifatnya universal, maka profesi/lapangan kerja lulusan cukup beragam. Berdasarkan hasil penelusuran alumni diperoleh data, alumni di antaranya bekerja di bidang pendidikan (guru dan dosen), penelitian (peneliti), lembaga pemerintah (kementerian), perbankan (BNI, BRI, Mandiri, dll), Aktuaria, Teknologi Informasi (Packet System, IBM, Jati Solution, Gameloft, dll), perusahaan (ASTRA, ELNUSA, IPCO-Internasional bergerak di bidang pertambangan batubara, dll), BMKG, BPPS, serta beberapa perusahaan di luar negeri.

Capaian

1. SIKAP

  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki kesadaran akan kepentingan bangsa.
  2. Memiliki tanggung-jawab, kepercayaan diri, kematangan emosional, etika, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat.

2. PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Mampu mengembangkan cara berpikir matematis dan logis dan mampu membuat dugaan-dugaan serta penyelidikan benar tidaknya beberapa dugaan (conjecture).
  2. Memiliki pengetahuan yang “cukup” dalam bidang teknologi informasi dan terampil menggunakannya untuk mendukung pembelajaran dan penelitian matematika.
  3. Mampu mengkomunikasikan bahasa matematika, baik secara lisan maupun tulisan dengan tepat, jelas dan terorganisasi.
  4. Mampu mengaplikasikan pengetahuan matematis dalam karier yang terkait dengan bidang matematika atau untuk melanjutkan studi pada program pasca sarjana.
  5. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya.

3. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan terkait matematika.
  2. Memiliki pengetahuan yang komprehensif di bidang pemodelan matematika serta mampu menyusun model matematika berbagai permasalahan, baik di matematika maupun di bidang lain seperti sains atau kehidupan sehari-hari serta mampu menentukan strategi pemecahannya.
  3. Mampu mengidentifikasi pola-pola dasar dan bentuk-bentuk analogi serta mampu melakukan generalisasi dan abstraksi.

4. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi yang diwujudkan dalam dokumen saintifik dan implementasi bidang keahlian yang berintegritas.
  2. Mampu mengembangkan jaringan kerja, beradaptasi, berkreasi, berkontribusi, mensupervisi, mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat.
Pusat Bantuan Krisis
Skip to content